Sukses

Profil Kim Hye Soo, Bintang Utama Under The Queen's Umbrella yang Sudah Raih 52 Penghargaan

Di usia 52 tahun, Kim Hye Soo sudah berhasil meraih 52 penghargaan dan masih banyak mendapat tawaran bermain drama termasuk di Under The Queen's Umbrella.

Liputan6.com, Jakarta - Drama sejarah Under the Queen's Umbrella sedang naik rating di Korea Selatan. Drama Korea yang tayang mulai 15 Oktober 2022 di tvN ini dibintangi oleh Kim Hye Soo, Kim Hae-sook, Choi Won-young, Kim Eui-sung, Moon Sang-min, Kang Chan-hee, dan Ok Ja-yeon.

Melansir Soompi, Under The Queen's Umbrella menceritakan tentang metode pendidikan untuk menjadikan para pangeran yang nakal menjadi pangeran yang baik di era Joseon. Salah seorang pemeran utamanya adalah Kim Hye Soo yang berperan sebagai Queen Im Hwa-ryeong.

Aktris senior ini sudah pernah akting dalam banyak film dan seri TV seperti The Red Shoes, Eleventh Mom, Hyena, Signal, dan Dr. Romantic. Kim Hye Soo termasuk artis remaja yang terkenal di era 1980 dan 1990-an.

Aktris kelahiran 5 September 1970 tersebut sudah terjun ke dunia hiburan sejak ia masih duduk di bangku sekolah menengah pada 1986.  Film berjudul Ggambo (1986) menjadi debut Kim Hye Soo di film layar lebar. Masih di tahun yang sama, ia juga membintangi My Daughter Saved from the Mire, Part II (1986).

Baru setahun sejak debutnya, ia sudah berhasil masuk dalam ajang Baeksang Arts Awards ke-23 (1987) dan berhasil menang dalam kategori Best New Actress (Film) melalui perannya dalam Ggambo. Tak lama berselang, ia mencoba masuk ke layar kaca dengan memerankan tokoh Sun Shim Yi pada drama yang berjudul sama, Sun Shim Yi (1988).

Peran layar kaca pertamanya ini juga langsung mengantarkannya membawa pulang gelar Best New Actress dalm ajang KBS Drama Awards (1988). Namanya makin melambung pada 2006 saat terlibat dalan film Tazza: The High Rollers (2006) yang sukses besar dan mendapatkan banyak penghargaan.

Kim Hye Soo berhasil membawa pulang 10 piala untuk berbagai kategori dari total 15 nominasi yang diperolehnya di berbagai ajang sepanjang 2006--2007. Salah satunya terpilih sebagai Best Actress di Baeksang Art Awards 2007 dan Blue Dragon Film Awards 2006 yang cukup bergengsi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Pernah Sepi Tawaran Akting

Peran lainnya yang banyak membawakan gelar pemenang pada aktris cantik ini adalah drama Queen of the Office (2013) dan juga film Coin Locker Girl (2015). Di usia yang sudah kepala lima, tawaran bermain drama maupun film tetap menghampiri Kim Hye Soo.

Tak banyak aktris Korea yang bisa melakukannya. Bukan hanya jadi pemeran pendukung, aktris kelahiran Busan ini bahkan masih kerap dipercaya sebagai pemeran utama, termasuk di Under the Queen's Umbrella.

Aktingnya yang total dan berkarakter sepertinya membuat Kim Hye Soo tak pernah sepi mendapat tawaran bermain. Tak heran kalau ia sudah mendapat banyak penghargaan.

Sampai tahun ini, tak kurang sudah 52 penghargaan yang didapatkannya dan masih mungkin akan terus bertambah. Kim Hye Soo juga termasuk dari sedikit aktris Korea yang meraih gelar sarjana di bidang film dan teater. Ia mendapatkan gelar tersebut di Dongguk University di Seouk, Korea Selatan.

Selain akting, Kim Hyee Soo juga pernah menyanyi meski hanya sebatas merilis lagu soundtrack untuk film dan drama yang dibintanginya. Pada 2008 ia merilis lagu Why Don't You Do Right? dan Blue Colors untuk soundtrack film Modern Boy. Pada 2013, Kim Hye Soo melantunkan lagu Love is untuk soundtrack drama The Queen of Office.

3 dari 4 halaman

Cinta Lokasi

Kim Hye Soo juga dikenal sebagai pribadi yang ramah dan tidak segan membimbing mereka yang masih junior di dunia akting. Menurut lawan mainnya di serial Familyhood (2016), Ma Dong Seok, aktris 52 tahun itu digambarkan sebagai sosok yang sangat peduli pada orang lain terutama lawan mainnya.

Bukan itu saja, Kim kerap merekomendasikan bintang-bintang muda yang belum terlalu dikenal tapi dianggap punya bakat bagus tiap kali diminta pendapat oleh sutaradara maupu penulis. Sejumlah aktor dan aktris seperti Son Ye Jin, Han Ji Min, Kim Nam Joo, Yum Jung Ah dan Lee Sang Hee pernah mengucapkan terima kasih secara khusus usai bermain bersama Kim Hye Soo dalam sebuah proyek.

Meski begitu, kehidupan pribadi aktris yang termasuk aktif menjadi donasi dalam berbagai kegiatan kemanusiaan ini agak tertutup. Tak banyak cerita hubungan cintanya dengan seseorang. Ia hanya pernah diberitakan menjalin hubungan khusus dengan aktor Yoo Hae Jin, lawan mainya di film Kick the Moon (2001) dan Tazza: The High Rollers.

Mereka dikabarkan terlibat cinta lokasi saat bermain di Tazza: The High Rollers dan berpacaran sejak 2008, meski sempat dibantah oleh keduanya. Tapi hubungan mereka hanya bertahan selama sekitar tiga tahun setelah diberitakan putus pada 2011 lalu.

4 dari 4 halaman

Bukan Kisah Nyata

Sementara itu, drama Under the Queen's Umbrella mampu meraih rating 9,1 persen untuk episode keduanya yang tayang pada Minggu 16 Oktober 2022. Drama sejarah ini juga populer di kalangan demografi kunci berusia 20 hingga 49 tahun.

Kim Hye Soo berperan sebagai ratu temperamental yang harus mereformasi sikap lima pangeran. Kim Hye Soo berakting bersama para pangeran yang diperankan aktor-aktor generasi Z, seperti Moon Sang Min dan Yoon Sang Hyeon. Premis kisah ini memang menarik, namun bukan kisah nyata.

Mengutip kanal Global Liputan6.com yang melansir dari TheCinemaholic, kisah fiksi ini ditulis oleh Par Ba Ra, dan para karakternya bukan berdasarkan tokoh sejarah asli. Namun, drama ini disebut realistis karena menampilkan bagaimana perempuan diperlakukan pada zaman Dinasti Joseon dulu, serta bagaimana sistem pendidikan menguntungkan anggota elit di kalangan masyarakat.

Dinamika gender di drama tersebut ditampilkan melalui transformasi perilaku Ratu Hwaryeong yang dulunya manis, namun berubah mejadi lebih keras. Seperti biasa, drama ini akan memiliki total 16 episode.

Sebagai ratu, rintangan Hwaryeong tidak hanya dalam mengurus putra-putranya tetapi juga harus melindungi mereka semua dari bahaya lawan politik di sekitar kerajaan tersebut. Banyaknya lawan dalam bersaing menguasai kerajaan ratu harus bisa membaca taktik-taktik berbahaya dari politik kerajaan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.