Sukses

Gaya Rambut Nyentrik Politisi Rusia, Dianggap Kembaran Marge Simpson

Karena gaya rambut nyentriknya, warganet mengolok-olok politisi Rusia itu sebagai penjahat di film Bond.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Valentina Petrenko mengusik perhatian dunia maya. Gaya rambutnya yang nyentrik itu kerap dibanding-bandingkan dengan karakter komik Marge Simpsons dari The Simpsons.

Mantan senator Khakassia di selatan Rusia itu jadi viral di Twitter setelah foto-fotonya tersebar di dunia maya. "Saya sedang menikmati rambut politisi Rusia ini sore ini," cuit pemilik akun Twitter Jimmy Pop seraya mengunggah tiga foto glamor Petrenko.

Warganet lain meyakinkan bahwa Valentina Petrenko adalah sosok asli. Karena rambut keriting tebal menjulang ke atas, warganet mengoloknya bahwa dia tidak akan sadar bila ada hewan bersarang di sana.

Warganet berbeda penasaran bagaimana Petrenko memotong rambutnya dengan bentuk demikian. Yang lain mengejeknya dengan menyebut, "Ini 100 persen penjahat di film Bond."

Banyak pula yang membuat meme menggunakan gambar Petrenko seraya mencandai rambutnya sebagai makhluk hidup. Beragam respons dan komentar tersebut sudah kenyang disantap Petrenko.

"Aku sangat lelah menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam ini," kata politisi kelahiran Kazakhstan kepada radio Echo Moskow pada 2015, menurut laporan Newsweek.

"Aku hanya punya rambut keriting. Aku mengangkatnya ke atas dengan beberapa jepit rambut, itu saja," imbuhnya, dikutip dari Page Six, Jumat (14/10/2022).

Meskipun dikenal luas karena gaya rambutnya, Newsweek mengungkapkan bahwa Petrenko semestinya mendapat kredit lebih. Dia berhasil menegosiasikan pembebasan tiga sandera anak yang aman pada 1993. Ia bahkan menawarkan dirinya kepada para penculik profesional sebagai pengganti para sandera anak tersebut.

Sebelumnya, penculik menyandera anak-anak sekolah dan seorang guru di dalam helikopter yang dilengkapi dengan bahan peledak untuk tebusan 10 juta dolar AS. Tindakan Petrenko berhasil membantu penangkapan penjahat yang kejam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gaya Rambut Ratu Elizabeth II

Tak hanya Petrenko, mendiang Ratu Elizabeth II juga meninggalkan kenangan atas gaya rambutnya yang khas. Dia dikenal dengan potongan rambut bobnya yang dipoles dan dikeriting rapat. Ia juga setia dengan rambut warna cokelatnya sampai transisi ke menjadi putih seiring bertambahnya usia.

Perempuan yang akrab disapa Lilibet ini juga kerap memakai lipstik merah muda atau merah cerah untuk mencocokkan ansambelnya yang sama cerahnya. Ketika sang ratu tidak mengenakan mahkota, dia suka memakai topi dan kadang sangat menyukai aksesori.

Apa yang mungkin tidak diketahui banyak orang adalah bahwa Ratu Elizabeth II juga manikur. Dia selalu mengenakan warna pink-netral yang sama dari brand Essie yang disebut Ballet Slippers seharga 10 dolar atau setara Rp148.000.

Putri pertama Raja George VI ini sangat menyukai warna itu, bahkan dia lebih suka perempuan lain di keluarga kerajaan memakainya juga, itulah sebabnya Middleton dan Markle biasanya juga memakainya. Berikut beberapa momen perubahan gaya rambut mendiang Ratu Elizabeth II dari masa ke masa yang dirangkum Liputan6.com Jumat (9/9/2022).  

3 dari 4 halaman

Setia Sejak Muda

Sebelum naik takhta sebagai Ratu Inggris, Putri Elizabeth tampil dengan gaya rambut bob ikalnya pada 1944. Dalam beberapa potret hitam putih, mengutip dari Pop Sugar, Jumat (9/9/2022) ia juga sempat berpose dalam seragam Sea Rangers-nya pertengahan 1940-an. 

Kala itu ia memulas riasan yang tampak alami dengan lipstik merah dan bob ikal khasnya. Untuk pernikahannya dengan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, pada 1947, sang putri memilih gaya tradisional. Dia mengenakan kerudung di atas rambut bobnya yang ikal, alis yang mengembang alami, dan bibir yang cerah untuk menyempurnakan tampilan pengantinnya. 

Pada 1952, saat tugas kenegaraan, Ratu Elizabeth II mengenakan riasan yang mirip dengan yang ia miliki di hari pernikahannya dengan bibir merah dan riasan mata yang minimal. Pada 1953 saat penobatan dirinya sebagai Ratu Inggris, ia tampak anggun dengan pulasan bibir merah tebal dengan rambut cokelat tua melengkung dan mencuat dari bawah mahkotanya. 

Selama turnya di Australia pada 1954, Ratu Elizabeth II melengkapi potongan rambut keritingnya dengan topi putih, yang serasi dengan sarung tangan dan tasnya. Kemudian selama turnya di Nigeria pada 1956, ibu empat orang anak ini memilih bibir merah yang lebih gelap, menonjol di antara gaun krem pucatnya. 

4 dari 4 halaman

Periode 1960--1980an

Gaya rambut Ratu Elizabeth II cukup berubah banyak. Ia membiarkan gaya bob panjang ikal sejak 1960-an, termasuk saat berfoto dengan Presiden John F. Kennedy dan First Lady Jacqueline Kennedy pada 1961.

Rambutnya yang sedikit lebih panjang dari biasanya dengan lebih banyak volume di bagian akar dan samping ia jepit dengan gaya khasnya. Riasan Ratu saat itu tetap netral dan sesekali memakai lipstik warna merah maupun lebih gelap.

Ketika memasuki kepala empat, ratu sempat terlihat berfoto dengan Pangeran Philips mengenakan scarf bermotif untuk menutupi rambul ikalnya. Ia mengenakannya sesekali saat tak menggunakan aksesori topi, gaya tersebut mulai terlihat saat era 1980-an. 

Rambutnya saat itu juga masih nampak kecokelatan, dengan sedikit uban yang mulai tumbuh saat keempat anak-anaknya mulai besar dan Raja Charles kala itu sudah menikah dengan Putri Diana. Dengan alis lebat Ratu Elizabeth II cukup terkenal pada 1987, ia muncul di ruang hijau di Kastil Windsor dengan gaun polkadot putih. Ikat pinggang biru dan lipstik merahnya adalah satu-satunya warna yang mencolok dalam ansambelnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.