Sukses

Mau Punya Healthy Face? Intip 5 Cara Memilih Kandungan Serum Sesuai Jenis Kulit

Agar kulit wajah tetap sehat dan glowing, setiap wanita perlu melakukan perawatan kulit dengan cara yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Agar kulit wajah tetap sehat dan glowing, setiap wanita perlu melakukan perawatan kulit dengan cara yang tepat. Salah satu cara yang bisa ditempuh yaitu menggunakan serum wajah.

Serum merupakan produk skincare yang mengandung bahan aktif seperti mineral, vitamin, hingga antioksidan yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah kulit tertentu.

Dalam hal memilih serum, kamu tidak bisa sembarang pilih lho. Sebab setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda.

Berikut 5 cara yang harus kamu perhatikan dalam memilih kandungan serum sesuai kebutuhan kulit wajah kamu! Dilansir dari artikel herbeauty.co.

1. Si Kulit Kering

Kulit kering adalah kondisi yang biasanya terjadi akibat kekurangan cairan, sehingga kulit terasa kering, kasar hingga bersisik. Jenis kulit ini memerlukan produk yang memiliki kandungan pelembab yang tinggi, sehingga dapat ternutrisi hingga lapisan terdalam.

Dalam hal ini, kulit kering membutuhkan serum dengan kandungan Vitamin E dan Hyaluronic acid di dalamnya. Vitamin E yang berfungsi membantu mengembalikan dan menjaga kelembaban kulit, sehingga kulit akan terasa kenyal. Sedangkan Hyaluronic Acid berfungsi dalam mengikat kelembaban serta memperkuat pertahanan kulit dari lapisan terluar, sehingga akan meminimalisir kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

2. Si Kulit Berjerawat

Memiliki masalah kulit berjerawat memang menyebalkan. Jerawat biasanya muncul karena tersumbatnya minyak berlebih sehingga terjadi aktivitas antara bakteri dan minyak. Bila masalah ini muncul, pilihlah serum yang memiliki kandungan bahan bersifat anti-inflamasi agar dapat membantu meredakan peradangan sekaligus memudarkan efek kemerahan yang ditimbulkan jerawat.

Beberapa kandungan skincare untuk kulit berjerawat diantaranya salicylic acid, Retinol, dan Green Tea. Salicylic acid merupakan salah satu jenis BHA yang dikenal memiliki kemampuan mengatasi jerawat. Sementara Retinol dapat meningkatkan kelembapan kulit dan mempermudah pengelupasan sel kulit mati. Di sisi lain, Green Tea sebagai kandungan yang dapat meredakan kemerahan serta membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Si Kulit Berminyak

Bagi kamu yang memiliki kulit wajah berminyak, perlu melakukan rutinitas perawatan khusus bila ingin memiliki wajah yang terlihat lebih sehat dan tidak kusam. Minyak berlebih di wajah dapat memicu munculnya masalah kulit baru, seperti jerawat dan komedo. Untuk mencegahnya, kamu dapat menggunakan serum yang memiliki formula untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebih.

Kandungan serum terbaik untuk jenis kulit ini adalah hyaluronic acid, ceramide, dan marine. Bahan-bahan tersebut memiliki fungsi melembabkan namun ringan di kulit sehingga tidak akan membuat kulit terasa berat dan semakin berminyak.

4. Si Kulit Kombinasi

Merawat kesehatan kulit kombinasi tentu tidak semudah merawat satu jenis kulit. Dimana kulit kombinasi memiliki bagian area kulit yang kering dan berminyak secara bersamaan sehingga memerlukan serum yang mampu menghidrasi namun tidak membuat wajah terasa berat. Oleh karena itu, kandungan serum yang cocok untuk jenis kulit ini adalah hyaluronic acid.

Bahan ini memiliki tekstur yang ringan namun mampu melembabkan kulit dengan optimal. Selain itu, hyaluronic acid juga memiliki senyawa yang menakjubkan dalam merawat dan membantu mencegah penyumbatan minyak penyebab timbulnya jerawat.

3 dari 3 halaman

5. Si Kulit Kusam

 Kondisi kulit kusam terlihat ketika wajah sedang lelah dan tidak cerah, sehingga akan menunjukkan ketidaksempurnaan di wajah. Di sini, kandungan dengan fungsi mencerahkan dan membuat kulit tampak sehat serta glowing pasti akan sangat dibutuhkan. So, pilihlah serum yang memiliki kandungan yang baik seperti Vitamin C atau Vitamin E, dan juga AHA.

Kandungan Vitamin C mampu bekerja dengan cepat memudarkan bintik hitam dan membuat wajah terlihat lebih cerah dari sebelumnya. Untuk Vitamin E, berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menjaga kulit dari kerusakan sinar matahari sekaligus mengatasi kulit wajah kusam. Terakhir, AHA berfungsi untuk melepaskan sel kulit mati dan menggantikannya dengan kulit yang lebih sehat.

Untuk mendapatkan healthy face, kamu bisa melakukan perawatan wajah dari produk skincare yang dipakai sehari-hari salah satunya serum. Sudah banyak lho brand kecantikan lokal dan drugstore yang mengeluarkan produk serum dengan kandungan yang sesuai jenis kulit. Bahkan untuk membeli produknya pun cukup mudah, karena sudah tersebar di berbagai marketplace.

Yuk, cantikkan kulit sehat dengan menggunakan serum yang sesuai dengan jenis kulitmu!

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini