Sukses

Bye Toxic Vibes! Ini 5 Cara Menyembuhkan Rasa Trauma Usai Diselingkuhi

Masalah perselingkuhan menjadi ketakutan atau trauma terbesar bagi sebagian orang yang ingin menjalin hubungan kembali.

Liputan6.com, Jakarta Setiap hubungan pasti menginginkan happy ending seperti layaknya kebanyakan cerita drama atau film. Untuk mencapai itu diperlukan adanya suatu komitmen bersama, saling mengerti, menerima satu sama lain dan juga kesetiaan. Sayangnya, komitmen ini seringkali disepelekan oleh salah satu pihak yang akhirnya menimbulkan toxic vibes seperti perselingkuhan.

Perselingkuhan dapat terjadi pada pasangan manapun, dan alasannya juga beragam. Bentuk toxic vibes ini menimbulkan rasa kecewa, sakit hati, hingga trauma. So, nggak heran jika diselingkuhi menjadi ketakutan atau trauma terbesar bagi sebagian orang yang ingin menjalin hubungan kembali.

Meski tak mudah, kamu harus bisa menghilangkan rasa trauma itu. Berikut 5 cara atasi trauma usai diselingkuhi yang bisa kamu lakukan.

1. Be Chill, Be Fun

Untuk mengatasi trauma dan melupakan fakta bahwa pasanganmu telah berselingkuh, dapat diatasi dengan menyibukkan diri. Cobalah untuk membuat rutinitas baru serta melakukan hal-hal menyenangkan yang belum sempat kamu lakukan sebelumnya.

Selain itu, rutinitas baru juga bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan potensi diri sesuai minat dan bakat. Beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa kamu coba antara lain: travelling, bersepeda, bernyanyi, berkebun, melukis dan lain-lain.

2. Self Love-in Aja Dulu

Trauma setelah perselingkuhan kadang membuat seseorang merasa rendah diri, nggak layak dan selalu menyalahkan diri sendiri. Girls, ingatlah perselingkuhan itu terjadi karena banyak faktor, bukan datang dari kita sendiri tapi juga pasangan. Apalagi bila kita sudah berbuat baik, sementara pasangan malah ingkar dan tidak komitmen.

Terima segala kekurangan diri kamu dan coba memaafkan kesalahan diri dan orang lain. Tingkatkan rasa cinta terhadap diri sendiri, dan cobalah untuk mengerti permasalahan yang telah terjadi dan menjadikannya pelajaran hidup. Mungkin saja, Tuhan telah menolong kamu untuk menjauh dari toxic vibes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Yuk, Self Confident

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi trauma usai perselingkuhan adalah menumbuhkan rasa percaya diri atau self confident. Setelah perselingkuhan kadang kamu merasa tidak puas dan insecure.

Meningkatkan rasa percaya diri dapat dimulai dengan menambah kualitas dalam diri. Seperti melakukan perawatan wajah dan badan, shopping, dan upgrade menjadi pribadi yang lebih baik dan berkelas. So, Wake Up, Make Up, Dress Up and Never Give Up!

4. Cerita ke Orang Terpercaya

Bercerita bisa sangat membantu kamu memulihkan diri dari rasa trauma. Pada hakekatnya, manusia adalah makhluk sosial yang butuh tempat untuk sharing dan bercerita.  Ini bisa kamu lakukan setiap kali kamu merasa butuh.

Jangan pendam masalahmu sendiri, carilah orang yang tepat dan dapat dipercaya untuk berbagi cerita. Hindari juga untuk bercerita di social media karena permasalahan hidup kamu bukan buat konsumsi umum. 

3 dari 3 halaman

5. Cari Pasangan Lagi

Cara lain untuk menghilangkan trauma diselingkuhi adalah menata dan memikirkan kembali masa depan dengan pasangan baru. Saat kamu sudah siap, mulailah berlatih membangun kembali kepercayaan dengan diri sendiri dan orang lain.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan berlatih mendengar, serta mempercayai perasaan dan intuisi kamu tentang orang lain dan situasinya.  Kemudian alihkan fokus untuk membuka, memperbaiki, mengembangkan, atau memperdalam kepercayaan pada orang lain. Dengan itu, kamu bisa membuka lembaran baru dengan pasangan pilihanmu.

So, itulah beberapa cara menyembuhkan rasa trauma usai diselingkuhi. Semoga berhasil, ya. Bye Toxic Vibes, Say Hello to New Chapter!

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini