Sukses

6 Fakta Menarik Lebanon, Rumah bagi Salah Satu Kota Tertua di Dunia

Lebanon yang merupakan negara Timur Tengah memiliki Byblos, salah satu kota tertua di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Lebanon adalah sebuah negara bekas pendudukan Prancis yang merdeka pada 22 November 1943. Ibu kotanya berada di Beirut.

Luas wilayah Lebanon yaitu 10.452 kilometer persegi. Salah satu negara di Timur Tengah ini berbatasan dengan Suriah di sebelah utara dan timur, laut tengah atau mediterania di sebelah barat, dan Israel di sebelah selatan.

Lebanon jadi sorotan baru-baru ini setelah krisis keuangan nasional melanda negara itu sejak 2019. Insiden nasabah bersenjata yang meneror bank-bak di Lebanon kian meningkat. Mereka hendak mengambil simpanan mereka sendiri, tetapi tak leluasa karena kebijakan pembatasan penarikan uang. Dikutip dari Aljazeera, dari kanal Global Liputan6.com, para nasabah yang marah, setidaknya dua dari mereka membawa senjatanya dan menyerbu tiga bank komersial di seluruh Lebanon.

Di luar itu, Lebanon memiliki beberapa fakta yang mungkin belum diketahui banyak orang. Berikut enam fakta menarik yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Sistem Pemerintahan

Mengutip Kemlu.go.id, Minggu, 9 Oktober 2022, situasi politik, ekonomi, dan sosial-budaya Lebanon sangat dipengaruhi oleh perkembangan situasi regional Timur Tengah pada umumnya. Sistem politik Lebanon yang masih menganut sistem sektarian yang disebut confessionalism mudah sekali dipengaruhi oleh situasi regional.

Sistem confessionalism membagi kekuatan politik berdasarkan kelompok agama dan sekte. Itu sangat rentan menimbulkan perpecahan sosial-politik mengingat setiap kelompok politik berafiliasi pada kekuatan-kekuatan yang mempengaruhi situasi regional, seperti kelompok pro-Suriah, pro-Iran, maupun pro-Barat (AS dan Uni Eropa).

Lebanon modern adalah republik multipartai kesatuan dengan sistem pemerintahan parlementer. Presiden adalah kepala negara yang dipilih oleh dua pertiga mayoritas Majelis Nasional untuk masa jabatan enam tahun dan memenuhi syarat untuk masa jabatan berturut-turut, seperti yang dilansir dari Britannica.

2. Rumah bagi Salah Satu Kota Tertua di Dunia

Byblos adalah salah satu kota tertua di dunia yang terus dihuni, berjarak sekitar 20 mil (30 km) utara Beirut modern. Mengutip Bigseventravel.com, nama Byblos sebenarnya berasal dari bahasa Yunani. Menariknya, papirus dunia mendapatkan nama Yunaninya – Byblos – ketika diekspor ke Aegean melalui Byblos. Jadi, kata bahasa Inggris Bible sebenarnya berasal dari Byblos, yang berarti 'buku papirus'.

Penggalian baru-baru ini menemukan bahwa Byblos telah diduduki pada awal periode Neolitik, dari 8000 SM hingga 4000 SM. Itu adalah pelabuhan utama untuk mengekspor cedar dan kayu berharga ke Mesir dan dikenal sebagai Kubna di Mesir Kuno. Ini diketahui karena monumen dan prasasti Mesir sangat mirip dengan yang ditemukan di Sungai Nil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Ada Banyak Hari Libur

Lebanon merupakan salah satu negara dengan jumlah hari libur umum tertinggi di dunia. Ada 16 hari libur umum di Lebanon – hanya India dan Kolombia yang mengambil lebih banyak dengan masing-masing 18 hari libur.

Alasannya, seperti pengaturan institusional lainnya, hari libur nasional menjaga keseimbangan antara sekte yang berbeda. Sebagian besar beragama, tetapi Lebanon memiliki 18 sekte resmi dan sistem politik yang didasarkan pada pembagian kekuasaan sektarian.

Jadi, kepekaan agama membantu menjelaskan mengapa ada begitu banyak hari libur umum di Lebanon. Misalnya, negara-negara lain mendapatkan satu hari libur Paskah, tetapi Lebanon mendapat dua hari libur untuk menghormati umat Kristen Ortodoks dan Katolik. Begitu pula dengan Idul Fitri.

4. Rumah bagi Reruntuhan Romawi yang Besar

Kuil Baalbek atau Kuil Bacchus adalah salah satu reruntuhan kuil Romawi yang paling terpelihara dan termegah di dunia yang berada di luar Roma. Terletak di Al-biqā (Lembah Bekaa), kompleks kuil ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1984.

Kaisar Romawi Antoninus Pirus kemungkinan menugaskan pembangunan kuil pada abad kedua Masehi, tetapi tidak ada catatan tentang situs tersebut sampai penaklukan Yunani pada abad ke-4. Pada akhir abad ke-19, ekspedisi Jerman menggali dua kuil besar dan mulai memulihkan situs tersebut.

Pada 1970an, perang saudara Lebanon pecah dan situs tersebut menjadi benteng pertahanan pasukan Palestina dan Suriah. Saat ini, tempat itu dalam zona larangan FCO di perbatasan timur, tetapi ini bisa berubah.

3 dari 4 halaman

5. Tempat Wisata

Lebanon memiliki banyak tempat untuk para wisatawan. Berikut beberapa destinasi wisata terbaik di Lebanon menurut Wefindyougo.com.

Baalbek

Baalbek adalah kota etologis yang terletak di Lembah Beqaa Lebanon dan menjadi rumah bagi paragon harta Lebanon yang tak ternilai. Di antara strukturnya, Kuil Bacchus adalah kuil kuno yang paling terpelihara dengan menara megah.

Tempat wisata terkenal lainnya adalah Kuil Jupiter dengan tiang-tiangnya yang luar biasa. Setiap tahun, tempat ini menjadi tuan rumah Festival Internasional Baalbek yang dihadiri oleh organisasi dan seniman internasional untuk mengerjakan reruntuhan kota abad pertengahan. Lahan hijau dan pertanian di sekitarnya juga memberikan pengalaman luar ruangan yang luar biasa.

Museum Nasional Beirut

Museum Nasional Beirut adalah museum terpenting yang melestarikan arkeologi dan paleontologi Lebanon kuno. Tempat itu dirancang dengan gaya yang terinspirasi Prancis dan secara resmi dibuka untuk turis pada 1942.

Museum ini menyimpan lebih dari 100 ribu barang antik, patung, dan artefak yang berasal dari zaman pra-sejarah dan abad pertengahan. Museum memamerkannya dalam sirkuit kronologis sesuai dengan perubahan dinasti dan komunitas kuno.

Sorotan dari koleksi museum termasuk patung Fenisia dan perhiasan emas Bizantium. Karena kerusakan yang disebabkan oleh Perang Dunia, museum ini telah melalui beberapa renovasi.

Jeita Grotto

Jeita Grotto adalah sistem gua yang saling berhubungan yang terbentuk dari formasi batu kapur yang menakjubkan selama ribuan tahun. Kota ini terletak di lembah Nahr-al-Kalb; sekitar 20 km berkendara dari Beirut.

Wisatawan mengikuti tur perahu mini berpemandu melalui sungai alami untuk mencapai pintu masuk gua yang megah. Galeri atas gua terdiri dari serangkaian ruang struktur batu berwarna-warni serta stalaktit terbesar di dunia. Ijeita Grotta adalah objek wisata utama di Lebanon dan diberi label sebagai Keajaiban Dunia yang baru.

4 dari 4 halaman

6. Makanan Populer

Setiap negara memiliki cita rasa makanannya masing-masing, begitu pula Lebanon. Berikut beberapa makanan populer Lebanon menurut Tasteatlas.com.

Falafel

Meskipun gorengan buncis yang mengandung protein ini terdaftar sebagai salah satu hidangan nasional Israel, sering kali dikatakan bahwa falafel mungkin berasal dari Mesir, Lebanon, atau Palestina. Pada 1950an, untuk mencari nafkah, imigran Yaman di Israel mulai membuat falafel di jalanan, menjualnya dalam bungkus kertas, yang akhirnya mengubah hidangan kuno ini menjadi bentuk awal makanan cepat saji Israel.

Sebagai alternatif dari versi Israel, kacang fava dapat digunakan sebagai pengganti buncis, sedangkan campurannya biasanya dibumbui dengan peterseli, ketumbar, jinten, dan bawang. Saat ini, baik di Israel dan negara-negara Timur Tengah lainnya, gorengan falafel paling sering dinikmati dalam roti lapis pita atau lafa, dengan topping sayuran segar atau acar, dan dilapisi dengan pasta hummus, saus tahini, atau saus yogurt rasa bawang putih.

Shawarma

Diasinkan dan dipanggang, shawarma adalah suguhan daging Timur Tengah yang lezat yang asal-usulnya dapat ditelusuri kembali ke era Kekaisaran Ottoman, sementara namanya berasal dari pengucapan bahasa Arab dari kata Turki evirme dan mengacu ke tusuk sate berputar tempat daging dimasak.

Shawarma dibuat dengan domba, kalkun, ayam, daging sapi, atau campuran daging yang berbeda yang dimasak perlahan selama berjam-jam dan diolesi dengan jus dan lemaknya sendiri. Rahasia sebenarnya dari Shawarma yang sempurna ini terdapat di bumbunya.

Kibbeh

Kibbeh adalah campuran unik dari gandum bulgur yang direndam dan bahan lainnya, biasanya daging domba, dan juga dianggap sebagai hidangan nasional Lebanon. Dibumbui dengan harum dan dimakan sebagai camilan untuk makanan santai atau perayaan, Kibbeh bisa mentah, dipanggang, digoreng, diisi, atau disiapkan dalam versi vegetarian, diisi dengan kentang, labu, dan tomat.

Biasanya disajikan dengan daun mint dan ditaburi minyak zaitun. Kata kibbeh berasal dari kata kerja bahasa Arab yang berarti membentuk menjadi bola atau bentuk melingkar. Variasi gorengan kibbeh, yang disebut kibbeh nabilseeyah, dibentuk menjadi bola, diisi, kemudian digoreng dengan minyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.