Sukses

Pemerintah Korea Selatan Akan Terapkan Sistem Reservasi untuk Kunjungan ke Taman Nasional

Salah satu alasan penerapan sistem reservasi ke taman nasional adalah karena meningkatnya angka positif Covid-19 di Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Korea Selatan mengumumkan rencana mengadopsi sistem reservasi untuk kunjungan ke taman nasional. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 menjelang puncak musim gugur. Musim gugur di Korea berlangsung pada September hingga November.

Melansir The Korea Times, Jumat, 8 Oktober 2022, terdapat 27 jalur utama taman nasional di seluruh negeri yang akan mengadopsi sistem masuk berwaktu untuk mencegah kelebihan pengunjung. Itu disampaikan Kim Sung-ho, seorang pejabat senior kementerian dalam negeri yang bertanggung jawab atas manajemen bencana pada Rabu lalu, selama pengarahan rutin.

Kim mengatakan pemerintah juga akan mengadopsi sistem reservasi untuk memberi tahu tentang kepadatan turis di taman. Langkah itu diambil mengingat 48 persen populasi negara Korea Selatan sejauh ini dinyatakan positif terkena virus dan tingkat infeksi ulang terus meningkat. Pada Rabu, 5 Oktober 2022, negara ini melaporkan 34.739 infeksi COVID-19 baru.

Taman nasional banyak dikunjungi warga untuk menikmati panorama dedaunan musim gugur. Puncaknya biasa terjadi pada Oktober.

Meskipun begitu, Korea Selatan telah menghapus persyaratan tes PCR COVID-19 untuk turis asing yang dimulai dari Sabtu, 1 Oktober 2022. Seebelumnya, Korea Selatan menghapus persyaratan tes COVID-19 pra-keberangkatan wajib untuk turis asing yang masuk pada awal September 2022. Ini menandai kebijakan di negara ini terus dilonggarkan.

Bagi kamu yang berencana untuk ke Korea dan ingin mengunjungi taman nasionalnya, berikut delapan taman nasional terindah di Korea Selatan menurut Culture Trip.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Hallasan

Taman nasional paling selatan di Korea Selatan, Hallasan adalah salah satu atraksi yang paling banyak dikunjungi di Pulau Jeju. Hallasan bukan hanya puncak tertinggi di negara ini, tetapi juga merupakan gunung berapi perisai yang terbentuk jutaan tahun yang lalu. Pengunjung dapat menikmati tujuh jalur treking berbeda di taman, mulai dari jarak 1,5 km hingga lebih dari 9 km.

2. Dadohaehaesang

Dadohaehaesang, taman nasional terbesar Korea Selatan terletak di Provinsi Jeollanam-do yang indah di barat daya negara ini. Taman nasional itu jugaga salah satu dari empat taman nasional laut dan pesisir di negara ini.

Tiga pulau, yakni Hongdo, Heuksando, dan Baekdo, adalah atraksi utama. Pengunjung dapat melihat lebih dari 1.500 spesies tanaman, lebih dari 140 jenis burung dan lebih dari 150 ikan air laut.

3. Seoraksan

Taman nasional Seoraksan adalah salah satu yang paling populer di Korea Selatan karena pegunungannya yang indah dan pemandangan alamnya. Taman ini dikenal dengan pohon pinus besar dan berbagai macam pohon ek. Seoraksan sangat populer di musim gugur karena dedaunan musim gugur yang indah.

3 dari 4 halaman

4. Jirisan

Menjadi taman nasional terestrial terbesar di negara ini, ada banyak hal yang bisa dilihat di Taman Nasional Jirisan. Taman nasional ini adalah salah satu tempat matahari terbit terbaik di negara ini dan menawarkan pemandangan spektakuler selama empat musim. Andadapat menyusuri jalan di taman dan akan menemukan flora dan fauna yang luar biasa serta kuil dan pagoda.

5. Gyeongju National Park

Gyeongju adalah satu-satunya taman nasional bersejarah di negara itu. Dari 57 SM hingga 935 M, Gyeongju adalah ibu kota Dinasti Silla di Korea. Pengunjung dapat melihat beberapa bangunan tertua Korea di taman nasional ini. Salah satu situs yang paling mengesankan adalah taman kolam kerajaan Anapji serta kuil Bulguksa.

6. Mudeungsan

Daya tarik utama Taman Nasional Mudeungsan adalah tebing Jueangjeolli. Batuan berbentuk pilar ini terlihat seperti diukir dengan tangan, tetapi sebenarnya mereka terbentuk sekitar 70 juta tahun yang lalu. Saat mendaki jalan setapak yang indah di taman nasional ini, Anda tidak hanya akan menemukan koleksi formasi batu tua ini, tetapi juga sebuah kuil Buddha besar yang dikelilingi oleh pilar-pilar yang luar biasa.

4 dari 4 halaman

7. Bukhansan

Menjadi taman nasional terdekat dengan ibu kota Korea Selatan, Seoul, Bukhansan sangat populer di kalangan wisatawan. Selain memiliki rute hiking yang indah, taman ini juga memiliki beberapa kuil yang dapat kamu singgahi di sepanjang jalan. Beberapa dari kuil itu bahkan menawarkan program templestay yang memungkinkan Anda untuk menghabiskan beberapa hari tinggal di antara para biksu yang menjalani gaya hidup Buddhis yang sederhana.

8. Songnisan

Mengunjungi taman nasional Songnisan, pengunjung memulai perjalanannya di Kuil Beopjusa di kaki pegunungan. Kuil ini adalah salah satu yang tertua di Korea Selatan dan dibangun pada 653 Masehi.

Songnisan dikunjungi sepanjang tahun oleh wisatawan, tetapi kuil ini akan benar-benar hidup di musim semi ketika bunga azalea merah muda yang cerah sedang mekar di semua sisi gunung. Selain itu, Songnisan adalah taman nasional paling sentral di negara ini sehingga mudah dijangkau dari hampir semua tempat di Korea.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.