Kontroversi Distorsi Sejarah di Serial Drakor Netflix Little Women Picu Kemarahan Vietnam

Oleh Dyah Ayu Pamela pada 07 Okt 2022, 03:09 WIB
Diperbarui 07 Okt 2022, 03:20 WIB
Drakor Little Woman
Perbesar
Drakor Little Woman diprotes Vietnam. (Dok: Netflix Liputan6.com dyah pamela)

Liputan6.com, Jakarta - Vietnam telah meminta Netflix untuk berhenti menayangkan serial drakor Little Women di negara Asia Tenggara tersebut. Hal ini terjadi lantaran menurut pemerintah Vietnam, serial mendistorsi peristiwa Perang Vietnam.

Kontroversi itu ada di episode delapan dari drama yang terdiri dari 12 bagian, berdasarkan pada novel dengan nama yang sama oleh Louisa May Alcott. Diceritakan seorang veteran perang dari Korea Selatan terlihat membual tentang "rasio membunuh-mati" antara pasukan dari negaranya dan Viet Cong.

Lebih dari 320.000 warga Korea Selatan dikirim ke Vietnam antara 1964 dan 1973 untuk berperang bersama tentara AS. Mereka telah lama menghadapi tuduhan bahwa mereka melakukan pembunuhan massal terhadap warga sipil Vietnam.

Veteran perang dalam serial tersebut, seorang Korea, memberi tahu salah satu karakter utama dalam pertunjukan itu bahwa "dalam pertempuran terbaik kami, rasio pembunuhan untuk pasukan Korea adalah 20: 1. Itu adalah 20 Viet Cong yang terbunuh untuk satu tentara Korea yang mati".

Dia kemudian melanjutkan dengan mengatakan rasio itu bahkan lebih tinggi untuk kepentingan Korea Selatan di antara tentara elit negara itu. Sementara tidak diketahui berapa banyak tentara Vietnam Utara yang dibunuh oleh pasukan Korea Selatan selama perang.

Dalam sepucuk surat yang dikirim ke Netflix, Otoritas Penyiaran dan Informasi Elektronik Vietnam mengatakan serial tersebut melanggar hukum negara tersebut terhadap "mendistorsi sejarah, menyangkal pencapaian revolusioner, menyinggung bangsa dan pahlawan bangsa", menurut situs berita Vietnamnet dikutip dari CNA, Jumat (7/10/2022). 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Dialog Diprotes

Drakor Little Woman diprotes Vietnam
Perbesar
Drakor Little Woman diprotes Vietnam. (Dok: Netflix Liputan6.com dyah pamela)

Surat itu menambahkan bahwa serial tersebut "menyampaikan dialog antar karakter yang memuji kejahatan tentara bayaran Korea" selama perang. Layanan streaming tersebut diminta untuk menghapus acara tersebut pada Rabu 5 Oktober 2022, meskipun serial tersebut masih tersedia untuk ditonton pada sore hari.

Netflix tidak segera menanggapi permintaan komentar dari AFP. Setidaknya sejak 2020, Netflix telah menghapus tiga seri dari situsnya di Vietnam setelah menerima keluhan dari otoritas lokal atas tuduhan "melanggar kedaulatan negara".

Acara mata-mata Australia Pine Gap dan komedi romantis asal Tiongkok berjudul "Put Your Head on My Shoulder" ditarik dari Vietnam, tahun lalu dan pada 2020 masing-masing karena adegan yang berisi peta Laut Cina Selatan yang menunjukkan mengenai klaim Beijing di jalur air titik nyala. Drama politik AS Madam Secretary juga dihapus dari negara itu pada 2020 lalu, alasannya adegan yang memberi judul kota kuno Hoi An di Vietnam tengah sebagai "Fuling, China".


Sinopsis Little Woman

Drakor Little Woman diprotes karena distorsi sejarah
Perbesar
Drakor Little Woman diprotes karena distorsi sejarah. (Dok: Netflix Liputan6.com dyah pamela)

Drama Korea Little Women yang dirilis sejak awal September 2022 ini dibintangi Kim Go Eun, ia beradu akting dengan Nam Ji Hyun dan Park Ji Hu. Bukan hanya itu, sejumlah aktor kenamaan Korea Selatan pun menampilkan kelihaiannya yakni Wi Ha Joon dan Uhm Ki Joon.

Sutradara Kim Hee Won yang merupakan orang di balik film drama korea ini dikenal sebagai sosok yang lihai membentuk film hingga membuat para penontonnya hanyut dalam cerita. Kim Go Eun dalam drakor ini memerankan Oh In Joo yang merupakan anak sulung dari sebuah keluarga.

Diceritakan ia ingin membawa keluarganya keluar dari jeratan kehidupan dengan cara menghasilkan banyak uang. Tumbuh besar dengan kesederhanaan, tetapi di saat Oh In Joo memiliki tekad yang kuat terdapat sebuah insiden yang mengguncang dirinya. 

Selain Kim Go Eun, Little Woman juga dibintangi aktris Nam Ji Hyun yang memerankan Oh In Kyung, seorang reporter yang tidak pernah tunduk dengan uang. Pada saat dia awal mula menjalankan profesi menjadi seorang reporter, Oh In Kyung dihadapkan oleh sebuah kasus yang mengharuskan dirinya mengungkap tentang kebenaran atas kasus yang terjadi.

Sedangkan anak bungsu dari keluarga itu yang diperankan oleh Park Ji Hu yang bernama Oh In Hye selalu mendapatkan kasih sayang dari kedua kakaknya itu. Lain dengan kedua kakanya, Oh In Hye merupakan siswa yang mengambil jurusan seni. Meskipun tidak pernah mendapatkan perlengkapan seni yang layak karena keadaan keluarga.


Ulasan Singkat

Drakor Little Woman
Perbesar
Netflix, drakor Little Woman. (Dok: Netflix Liputan6 dyah pamela)

Diceritakan pula, Oh In Hye memiliki bakat yang alami tentang seni, selain itu juga ia selalu mendapatkan cinta dari kedua kakanya yang berjuang untuknya. Sementara Wi Ha Joon di serial ini berperan sebagai Choi Do Il, konsultan handal yang tampan dan lulus dari universitas bergengsi di Inggris.

Choi Do Il memiliki penilaian yang tajam dan keterampilan analitis yang luar biasa. Ia merupakan sosok yang misterius dari sebuah kasus yang dihadapkan oleh Oh In Joo, meski demikian ia dikenal sebagai sosok yang karismatik dan cerdas.

Sementara Uhm Ki Joon memerankan Park Jae Sang. Dia politikus pemula yang terkait dengan insiden besar yang akan melibatkan ketiga saudara perempuan itu. Park Jae Sang menjadi salah satu tokoh kunci yang akan menciptakan ketegangan di drama ini.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya