Sukses

Sosok Park Soo Hong, Komedian Korea Selatan yang Alami Penganiayaan sang Ayah Kandung

Sosok Park Soo Hong seketika jadi pembicaraan karena insiden yang menimpa dirinya saat dianiaya sang ayah hingga masuk rumah sakit.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Park Soo Hong seketika jadi pembicaraan publik karena insiden dirinya masuk rumah sakit akibat dianiaya sang ayah kandung. Kejadian berlangsung saat Park Soo Hong menjalani pemeriksaan silang atas kasus yang melibatkan adiknya sendiri.

Mengutip dari Koreanboo, Rabu (5/10/2022), sang komedian dan ayahnya bertemu dengan jaksa untuk memberikan kesaksian tentang saudara laki-laki Park Soo Hong, yang diduga melakukan peggelapan uang dari komedian tersebut. Menurut pengacara Park Soo Hong, sang ayah langsung menyerang putranya karena “Tidak menyapa ayahnya.”

Sang ayah juga dikatakan telah mengancam akan menikam putranya dengan senjata. Park Soo Hong dikatakan menanggapi serangan ayahnya dengan menanyakan bagaimana ayahnya bisa melakukan hal ini padanya. Komedian asal Korea Selatan itu kemudian mulai mengalami syok dan langsung dibawa ke rumah sakit.

Ayah Park Soo Hong sebelumnya membuat berita ketika dia menyatakan akan memihak saudara laki-laki komedian itu, yang diduga telah menggelapkan lebih dari 2,10 miliar won atau setara Rp22,3 miliar dari pendapatan Park Soo Hong. Menurut laporan, sang ayah sebelumnya juga mengancam Park Soo Hong dengan palu dan saat ini berusaha melindungi saudaranya dengan menyatakan bahwa dialah yang melakukan semua kejahatan. 

Di luar dari kasus yang tengah menimpa Park Soo Hong, publik yang belum mengenalnya pun penasaran. Sebenarnya siapa Park Soo Hong? Berikut yang dirangkum Liputan6.com.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komedian Era 1990-an

ParK Soo Hong mulai menapaki dunia hiburan pada 1991. Ketika itu ia sempat memenangkan medali perunggu di ajang kompetisi nasional bertajuk National College Comedy Contest.

Dari sana mulanya debut Park Soo Hong sebagai seorang komedian di industri hiburan Korea Selatan. Sementara itu, di awal 1990-an, Park Soo Hong merupakan anggota sebuah grup komedian yang diberi nama Team Potato (Tim Kentang).

Grup komedian itu terdiri dari Park Soo Hong sendiri bersama tiga temannya yaitu Kim Gook Jin, Kim Soo Yong, dan Kim Yong Man. Semua anggota debut di tahun yang sama pada 1991. Namun karier Team Potato tidak berjalan mudah. Suatu kali, Kim Yong Man dirawat di rumah sakit karena jadwal yang terlalu sibuk.

Setelah rekannya sakit, salah satu anggota Team Potato, Kim Gook-jin mencoba bernegosiasi dengan produser program televisi untuk meringankan pekerjaan mereka. Namun, permintaan ini tidak diterima dengan baik oleh para produser, yang kemudian memutuskan bahwa perlu untuk secara permanen melarang Tim Potato tampil di televisi.

Akibatnya, pada Januari 1993 keempat komedian itu berencana meninggalkan Korea Selatan ke Amerika Serikat, mengambil istirahat dari industri hiburan Korea Selatan. Pada akhirnya, hanya Kim Yong-man dan Kim Gook-jin yang pergi ke Amerika, Park memulai tugas wajib militernya, dan Kim Soo-yong pergi ke Kanada.

 

3 dari 4 halaman

Jadi Presenter

Mengutip dari Channel-Korea, Rabu (5/10/2022), pada 2004, Park menjadi pembawa acara MBC Entertainment Awards 2004, bersama dengan Kim Won-hee. Tahun berikutnya, ia menjadi pembawa acara Baeksang Arts Awards ke-41, dengan penyiar Lee Hye-seung.

Pada 2017, Park menjadi pembawa acara Kama Drama Awards 2017, bersama dengan Lee Yoo-ri dan Namkoong Min. Kemudian pada 2018, ia menjadi tuan rumah kontes Miss Korea 2018, bersama dengan Yura (Girl's Day).

Park Soo Hong baru benar-benar menapaki kesuksesan di dunia komedi pada 2002. Ia memenangkan Excellence Award di Entertainment Awards 2003 dan PD Award di MBC Entertainment Awards 2004. Pria 48 tahun ini menjadi MC dari reality show All Broadcasts of the World.

Pria kelahiran 27 Oktober 1970 pernah jadi salah satu pemeran utama di My Ugly duckling. Ia juga terkenal sebagai pembawa acara banyak pernikahan. Pada usia 46, dia adalah pecinta klub dan suka menonton program televisi.

Park Soo Hong memiliki lingkaran teman sendiri, yang sering menemaninya dan meski kariernya sempat cemerlang ia juga pernah mengalami sedikit krisis paruh baya, menunjukkan minat untuk mencoba banyak hal baru, seperti tato, waxing, dan bleaching rambut.

4 dari 4 halaman

Reaksi Warganet

Di luar dari perjalanan kariernya yang telah dirintis lama, ternyata banyak yang bersimpati pada Park Soo Hong. Warganet pun mengungkapkan kesedihan mereka atas kejadian yang menimpa komedian yang diserang oleh ayah kandungnya sendiri itu. Sebagian besar sangat terpukul, apalagi bagi orang rasa hormat terhadap orang tua sendiri adalah salah satu prinsip hidup. 

"Bahkan jika dia (ayahnya) menang, saya merasa Park Soo Hong akan terluka seumur hidup. Bagaimana kabar mereka sebagai orang tua?" tulis warganet.

"Mereka menggunakan dia seperti budak. Bagaimana mereka bisa sebagai bagian keluarga? Mereka gila." komentar warganet.

"Sangat menakutkan bahwa mereka mengambil semua polis asuransi jiwa itu. Saya dengar mereka membayar total 1,40 miliar Won untuk premi asuransi saja. Saya harap dia menang dan orang tua, saudara laki-laki, dan keponakannya dihukum," kata yang lain.

"Saya ingat ketika dia biasa tampil di TV dan memuji orang tuanya, mengatakan bahwa dia menghormati mereka dan bahwa mereka taat hukum. Saya harap kesedihan yang dia rasakan segera memudar," komentar warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.