6 Fakta Menarik Korea Utara, Punya Stadion Terbesar di Dunia

Oleh Elly Purnama pada 06 Okt 2022, 08:31 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 08:33 WIB
Korea Utara gelar parade militer
Perbesar
Bendera besar Korea Utara ditampilkan selama perayaan ulang tahun ke-73 negara itu di Lapangan Kim Il Sung di Pyongyang, Kamis (9/9/2021). Korea Utara dilaporkan menggelar parade militer pada Kamis dini hari dalam rangka merayakan HUT ke-73. (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Korea Utara dikenal sebagai negara yang menerapkan isolasi ketat baik bagi warganya maupun orang asing. Negara Asia Timur yang menempati bagian utara Semenanjung Korea itu beribu kota di Pyongyang.

Negara ini memiliki luas wilayah 120.540 kilometer persegi, hampir seluas Pulau Jawa. Wilayahnya berbatasan dengan Republik Raykat China dan Rusia di sebelah utara, dan dengan Korea Selatan di sepanjang Zona Demiliterisasi Korea. Sementara, bagian barat Korea Utara berbatasan dengan Laut Kuning dan Teluk Korea, dan di timur berbatasan dengan Laut Timur (Laut Jepang).

Korea Utara kembali jadi sorotan setelah meluncurkan rudal balistik tanpa peringatan ke Jepang pada Selasa, 4 Oktober 2022. Itu adalah yang pertama dalam lima tahun dan memicu pemerintah Tokyo mengaktifkan sistem perlindungan kepada warganya. Dikutip dari kanal Global Liputan6.com, Korea Utara kembali menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke perairan lepas pantai timur Semenanjung Korea pada Kamis pagi, 6 Oktober 2022, menurut Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.

"Berasal dari daerah Samsok di ibu kota Korea Utara, Pyongyang," menurut pernyataan Korea Selatan.

Selain itu, negara yang dipimpin oleh Kim Jong-Un ini memiliki beberapa fakta yang patut diulik. Berikut ini enam fakta menarik Korea Utara yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Sistem Pemerintahan

Menurut Britannica, kepala pemerintahan di Korea Utara adalah perdana menteri, dibantu oleh beberapa wakil perdana menteri dan kabinet yang anggotanya diangkat oleh legislatif nasional, Majelis Rakyat Tertinggi atau Supreme People’s Assembly (SPA). Presiden SPA adalah kepala negara tituler Korea Utara. Tituler adalah pangkat atau gelar kehormatan yang diperoleh tanpa menjalankan tugas jabatan sebagaimana yang tersebut pada gelarnya.

Dalam praktiknya, pemerintah berada di bawah kepemimpinan satu orang. Selama masa hidupnya, Kim Jong Il juga merupakan panglima tertinggi Tentara Rakyat Korea dan sekretaris jenderal Partai Pekerja Korea atau Korean Worker’s Party (KWP). Kim Jong-un mewarisi posisi itu setelah kematian Jong-il. Dia diangkat menjadi ketua Komisi Urusan Negara pada saat pembentukannya.

2. Punya Stadion Terbesar di Dunia

Stadion Rungrado May Day merupakan stadion terbesar di dunia. Berlokasi di Pyongyang, Stadium Rungrado memiliki kapasitas 150 ribu orang, mengutip kanal Global Liputan6.com, Rabu, 5 Oktober 2022.

Kapasitas sebenarnya dari tempat tersebut diperkirakan 114 ribu, tetapi itu masih tetap menjadikan stadium ini yang terbesar di dunia. Stadion Rungrado diresmikan pada 1989, stadion ini sekarang menjadi tuan rumah gelaran tahunan Olimpiade Arirang yang merupakan pertunjukan senam terbesar di dunia, menurut Guinness Book of Records.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


3. Gaya Rambut Diatur Pemerintah

Gaya rambut di Korea Utara. (Twitter/Mika Mäkelainen)
Perbesar
Gaya rambut di Korea Utara. (Twitter/Mika Mäkelainen)

Kabarnya, hanya ada 15 gaya rambut yang disetujui di Korea Utara. Laki-laki dan perempuan di sana memilih di antara 15 model potongan rambut yang telah ditentukan. Melansir kanal Global Liputan6.com, Rabu, 5 Oktober 2022, menurut para pengguna media sosial Twitter, poster yang dipajang di salon-salon Korea Utara itu mungkin hanya sebagai panduan bagi pelanggan, bukan sebagai ‘gaya wajib’.

Pada 2015 dilaporkan, Kim Jong-Un telah memerintahkan orang-orang untuk mengikuti gaya rambutnya, dengan panjang maksimum hanya 2 cm. Siapa pun yang melanggar pedoman itu akan berhadapan dengan otoritas setempat.

4. Punya Zona Waktu Sendiri

Pada 2015, Korea Utara membuat zona waktu sendiri. Negara yang dipimpin Kim Jong-Un ini memundurkan 30 menit dari jam awal, yakni GMT+08.30. Sebelumnya, zona waktu Korea Utara sama dengan Korea Selatan dan Jepang, yakni GMT+09.00.

Langkah tersebut merupakan serangan diplomatik yang ditujukan ke Jepang, negara yang pernah menjajahnya. Menurut kantor berita Korea Utara KCNA, pembentukan ‘waktu Pyongyang’ bertujuan untuk mencabut warisan periode penjajahan Jepang.


5. Tempat Wisata

Gunung Paektu di Korea Utara
Perbesar
Gunung Paektu di Korea Utara (@nature_room/Twitter).

Saat ini, Korea Utara mulai terbuka dengan turis asing. Namun, berwisata di sana harus tunduk pada sejumlah aturan ketat, seperti ke mana-mana harus ditemani pemandu wisata resmi pemerintah dan meminta izin terlebih dahulu jika akan mengambil gambar. Berikut beberapa tempat wisata Korea Utara yang bisa dikunjungi wartawan menurut Arino Voyage.

Gunung Paektu

Gunung Paektu terletak di perbatasan antara Korea Utara dan daratan Cina. Gunung setinggi 2.744 m (9.003 ft) ini memiliki panorama alam yang indah.

Di sana ada sebuah danau bernama Danau Chon, yang artinya surga. Danau ini memiliki kawah dengan kedalaman 384 meter dan terdingin di dunia. Pemandangan gunung sangat indah, air danau yang biru sangat jernih dan jauh dari sampah yang berserakan.

Juche Tower

Juche Tower memiliki simbol ideologi politik Juche yang sering dikunjungi sebagai tempat wisata. Juche Tower memiliki ketinggian hingga 170 meter dari permukaan tanah.

Menara ini diperkenalkan oleh Kim Il-Sung mulai 1982. Wisatawan tidak perlu membayar tiket jika ingin berfoto dengan Juche Tower dari kejauhan. Wisatawan juga bisa naik ke Juche Tower untuk berfoto dari atas. Dari menara ini, Anda bisa memantau suasana Pyongyang dari ketinggian.

Sirkus Negara Pyongyang

Pyongyang memiliki atraksi sirkus yang diadakan setiap malam. Atraksi ini digelar untuk menghibur warga Korea dan juga para pendatang yang ingin memiliki kenangan lain. Salah satu pertunjukannya adalah aksi penari yang sangat elastis dan bisa bergelantungan di tali. Selain itu, ada atraksi lain seperti satwa liar yang menuruti perintah pawang.


6. Makanan Populer

[Bintang] Korea Utara
Perbesar
Naengmyeon, kuliner khas Korea Utara. (Sumber Foto: jihi.ha/Instagram)

Bisa jadi berkunjung ke Korea Utara merupakan kejadian yang langka. Jika ada kesempatan untuk ke sana, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan di sana. Berikut beberapa hidangan populer di Korea Utara menurut Tasteatlas.com.

Naengmyeon

Bahan-bahan yang terdapat dalam Naengmyeon yaitu mi soba dan tepung ditempatkan bersama kaldu sapi dingin disertai dengan acar lobak, irisan telur rebus, dan pir Korea, semua bahan dibumbui dengan mustard dan cuka. Sup mi dingin ini merupakan makanan musim panas favorit di Korea.

Di masa lalu, hidangan ini biasanya dikonsumsi selama musim dingin dengan kimchi lobak, yang diperoleh dari pot yang dikubur di halaman tempat kimchi dibiarkan difermentasi. Mi soba berasal dari Korea Utara karena merupakan pusat produksi utama soba. Setelah Perang Korea, hidangan ini menjadi populer di Semenanjung Korea dan dikonsumsi tanpa memandang musim.

Dububap

Dububap atau tububap, diterjemahkan sebagai nasi tahu, merupakan camilan sederhana yang sangat populer di Korea Utara. Ini terdiri dari irisan tahu goreng yang diisi dengan nasi. Bagian atasnya ditaruh saus cabai, kadang-kadang nasi dikombinasikan dengan irisan sayuran.

Ox Trotter Aspic

Seperti namanya, makanan khas tradisional Korea Utara ini adalah jenis aspic (jeli gelatin) yang dibuat dengan kombinasi bagian lembu (atau bagian sapi) seperti trotters, tail, tendons, dan shank. Bagian-bagian hewan itu pertama-tama direbus dalam air sampai empuk, kemudian daging dikeluarkan dari tulang dan dipotong-potong.

Telur parut dan jamur batu, daun bawang cincang halus, bawang putih cincang, kacang pinus giling, lada merah, garam, dan lada hitam ditambahkan ke potongan daging dingin. Itu semua dicampur dengan kaldu yang kaya akan gelatin alami yang berasal dari bagian hewan.

Infografis Hasil Utama KTT Korea Utara Korea Selatan
Perbesar
Hasil Utama KTT Korea Utara-Korea Selatan adalah Perang Korea Berakhir (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya