Victoria Beckham Debut di Paris Fashion Week, Bisakah Selamatkan Bisnisnya?

Oleh Dyah Ayu Pamela pada 05 Okt 2022, 03:03 WIB
Diperbarui 05 Okt 2022, 03:03 WIB
Victoria Beckham
Perbesar
Victoria Beckham debut di Paris Fashion Week. (dok. Instagram @victoriabeckham/https://www.instagram.com/p/CjJD1MYD73l/)

Liputan6.com, Jakarta - Victoria Beckham mulai merombak bisnisnya yang sempat dilanda krisis dengan mencari validasi tertinggi dunia mode dalam pertunjukan catwalk pertamanya di Paris Fashion Week, pada Jumat 30 September 2022. Pakaian kantor dan busana malamnya yang sophisticated telah membuat kejutan bagi para pecinta fesyen sejak pertunjukan pertamanya pada 2008.

Meski memiliki 250 toko global yang menjual pakaiannya, 30 juta pengikut di Instagram dan bersuami salah seorang yang terkenal di dunia, perusahaan Victoria selalu berjuang untuk menghasilkan keuntungan. Untuk membalikkan keadaan, dia telah merekrut talenta top Prancis yang ketuanya adalah Ralph Toledano, mantan presiden Federasi Prancis untuk Haute Couture and Fashion. Sementara itu ia juga menunjuk CEO-nya adalah Marie Leblanc de Reynies, mantan pembeli utama di pusat perbelanjaan Paris Printemps.

"Victoria bukan dari dunia mode. Dia terjun ke dalam bisnis dan pada titik tertentu, dia perlu menyusun, mengatur, dan menertibkan rumah, yang telah kami lakukan selama empat tahun terakhir," kata Toledano dikutip dari The Star, Selasa 4 Oktober 2022.

Sementara itu pakaian malam yang chic akan kesulitan selama pandemi. Laporan musim panas ini menunjukkan bahwa label tersebut memiliki utang 54 juta pound sterling atau setara Rp935 miliar, ia harus memotong harga dan staf untuk tetap bertahan.

Tetapi lini kosmetik yang sukses diluncurkan pada 2019, telah membantu memangkas kerugian dan tim berharap untuk mencapai titik impas dalam beberapa bulan mendatang. Perempuan berusia 48 tahun itu menyebut ketenaran pribadinya sebagai "pedang bermata dua" untuk bisnisnya.

"Apakah merek lain di bawah lini milik saya ada di bawah setiap kali kami menginginkan (hasil)? Sama sekali tidak," katanya kepada Vogue. "Tapi berapa banyak merek lain yang memiliki kemewahan bisa mendapatkan perhatian saat mereka menginginkannya?" tambah Victoria Beckham.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Optimis

Gaun Rancangan Victoria Beckham Senilai Rp26 Juta Dicibir Netizen, Disebut Mirip Noda Tumpahan Kopi
Perbesar
Gaun Rp26 juta rancangan Victoria Beckham jadi bahan olokan netizen karena mirip noda tumpahan kopi. (Instagram/victoriabeckham).

Meski masih mengalami kerugian dan ada potensi besar dari lini kosmetiknya tim Victoria Bechkam tetap merasa optimis. "Kami telah menetapkan strategi, menggabungkan dua line pret-a-porter, menemukan titik harga yang tepat... sekarang saatnya untuk memasuki liga besar," kata Toledano.

Itu berarti Paris melemparkan Beckham ke pekan mode paling tinggi dan paling diperhatikan. "Dia sedikit terintimidasi, dia seseorang yang sangat rendah hati," kata Toledano.

"Ada banyak harapan. Untuk seseorang yang memasuki mode tanpa pelatihan, ada harapan bahwa Paris akan menjadi semacam momen puncak," tambahnya.

Paris Fashion Week adalah cara bagi Beckham untuk memvalidasi statusnya "Sebagai seorang desainer dan bukan hanya seorang selebritas," kata Benjamin Simmenauer, seorang profesor di Institut Mode Prancis. London dan New York lebih fokus pada sisi komersial bisnis, serta "desainer muda yang berani", sementara Paris "memiliki sisi yang lebih kreatif dan historis", komentar Simmenauer.

Sehingga ini merupakan kesempatan baginya untuk melepaskan citra terakhirnya sebagai mantan Spice Girl, tambahnya. "Peragaan di Paris adalah bukti bahwa dia benar-benar berdedikasi untuk proyek ini, dia memiliki visi yang orisinal dan relevan."


Waktu yang Tepat

[Bintang] Victoria Beckham
Perbesar
Tak sedikit netizen yang mengkritik foto tersebut. Dalam waktu singkat kolum komentar instagram milik ibunda Brooklyn Beckham itu dipenuhi netizen. (AFP/Bintang.com)

Pertunjukan musim semi/musim panas 2023 di Paris yang diadakan di biara Val-de-Grâce merupakan peragaan busana pertama Victoria Bechkam dalam hampir tiga tahun. Pertunjukan digelar setelah restrukturisasi strategis di labelnya yang berusia 14 tahun.

"Rasanya ini waktu yang tepat," kata Beckham. Ia mengatakan sudah lama mengembalikan bisnis ke jalurnya, menjadi merek independen melewati krisis karena COVID, merestrukturisasi desain tim dan studio. "Akhirnya tidak hanya tampil, tetapi tampil di Paris, saya sangat bersemangat," ujar Victoria dikutip dari Chanel News Asia, Selasa 4 Oktober 2022.

"Ditinggikan" adalah kata yang digunakan Beckham secara bebas tentang koleksinya, dan pakaian yang tampaknya sederhana memiliki detail menarik, seperti jaket kulit hitam dengan kerah terikat rata di dada. "Kemudahan" juga merupakan kata sifat favorit lainnya - untuk Beckham ini berarti gaun jersey dengan potongan ringkas, atau bodysuit rajutan. "Kami telah menghabiskan waktu yang lama berbicara tentang bagaimana orang ingin bekerja dari rumah dan merasa nyaman," katanya. 


Koleksi yang Seksi

Victoria Beckham
Perbesar
Victoria Beckham. (dok.Instagram @victoriabeckham/https://www.instagram.com/p/B45OK4-JgpF/Henry)

Sementara itu mengenai DNA fashion yang dimiliki Victoria, ibu empat orang anak ini mengatakan ia mencoba mengakomodir keinginan pelanggannya. "Pelanggan saya ingin menjadi seksi," kata Victoria. "Aku ingin menjadi seksi sekarang. Saya yakin dengan siapa saya dan saya tidak ingin mengubur diri saya di bawah pakaian, seperti yang mungkin saya lakukan beberapa tahun yang lalu."

"Saya berada di Spice Girls, selalu mengenakan rok pendek, tetapi bagaimana Anda memakainya yang pendek dan membuatnya terasa mudah dan keren," katanya. Usulannya adalah sebuah mini dress hitam seperti pakaian dalam dengan pinggiran tertinggal dan rok rumbai kecil yang bisa dikenakan di atas bodysuit rajutan.

Koleksi lainnya yang tampak seksi dikenakan adalah gaun maxi halter sutra yang terlihat klasik dari depan tetapi memiliki bagian belakang yang menjuntai dalam warna tomat yang semarak. Penjahitan hadir dengan aksen twist dan jaket 1990-an bersama bantalan bahu yang terlihat dan lapisan saku.

Seperti label kelas atas lainnya, Beckham mengejar konsumen berusia di bawah 35 tahun yang semakin kuat, sambil tetap berusaha membuat penggemarnya tetap senang dengan "menghormati kode merek tertentu". Tahun lalu perusahaan menggabungkan cabang  Victoria dengan harga lebih rendah dari lini utama untuk menciptakan "estetika pakaian siap pakai dengan harga yang lebih terjangkau". 

"Kami tahu bahwa mitra kami menyukainya, bahwa pelanggan kami menyukainya," sebut Victoria. Blus dasi leher sutra ungu dari musim saat ini dihargai 490 pound sterling yang setara Rp8,4 juta di Net-a-Porter, sementara untuk gaun midi sekitar 850 pound sterling setara Rp14,7 juta, tidak berarti murah, tetapi harganya kurang dari pakaian yang sebanding dengan label mewah besar.

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion
Perbesar
Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya