Sukses

Jangan Dibuang! Ini Tips Daur Ulang Botol Bekas Mudah

Proses daur ulang botol bekas mudah ini tentunya bikin kamu terlihat keren karena kamu ikut ambil bagian merawat bumi.

Liputan6.com, Jakarta Daur ulang botol bekas mudah. Yup, menjadi mudah jika kamu benar-benar ingin mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih berguna. Patut kamu sadari bahwa botol bekas merupakan salah satu jenis sampah yang ditemukan di kehidupan sehari-hari dan tentunya dapat didaur ulang. 

Sampah ini dihasilkan karena merupakan konsekuensi dari adanya aktivitas manusia yang begitu kompleks, mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Ya, manusia pasti menghasilkan buangan atau sampah. 

Di Indonesia, masalah sampah masih jadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan. Pengelolaan sampah belum memaksimalkan tahap mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang sampah.

Sampah hanya dikumpulkan menjadi satu, kemudian berakhir pada tempat pembuangan akhir. Akan tetapi, timbunan sampah yang menggunung di lokasi tempat pembuangan akhir ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan manusia juga kelestarian lingkungan.

Ya, sampah plastik memang terkesan simpel, namun faktanya penyebaran sampah plastik yang tidak terorganisir dari tahun ke tahun mampu merusak banyak habitat, termasuk laut, tanah, hingga menjadi polutan udara.

Sampah plastik adalah semua barang bekas atau tidak terpakai yang materialnya diproduksi dari bahan kimia tak terbarukan. Sebagian besar sampah plastik yang digunakan sehari-hari biasanya dipakai untuk pengemasan.

Ya, sampah plastik selalu menjadi masalah utama dalam pencemaran lingkungan, baik pencemaran tanah maupun laut. Lantaran sifat sampah plastik yang nggak mudah terurai, proses pengolahannya menimbulkan toksit dan bersifat karsinogenik. Itu artinya, butuh waktu sampai ratusan tahun bila terurai secara alami.

Masyarakat juga dituntut untuk terus berinovasi, selain menggunakan kantong belanja yang ramah lingkungan, masyarakat juga perlu melakukan daur ulang sampah. Ini merupakan salah satu cara paling efektif untuk melindungi dan melestarikan alam tempat kita tinggal. Ada lebih dari tiga tujuan daur ulang sampah untuk lingkungan dan ekonomi, yaitu: 

Hemat Energi

Manfaat daur ulang ternyata juga mengurangi penggunaan energi total di seluruh planet ini. Energi yang digunakan untuk membuat produk baru tidak diperlukan saat bahan daur ulang digunakan. 

Menggunakan bahan daur ulang dalam proses pembuatan berarti bahwa bahan mentah tidak diproses sejauh yang diperlukan sebelumnya, karena bahan daur ulang mungkin sudah dimurnikan ke tingkat yang sesuai untuk diproses lebih lanjut untuk membuat produk baru.

Mengurangi Emisi Rumah Kaca

Manfaat daur ulang juga berkontribusi dalam melawan perubahan iklim. Ya, perubahan iklim menjadi perhatian para pemimpin di seluruh dunia. Berbagai cara dilakukan untuk mengurangi ketergantungan pada emisi gas rumah kaca karena akan sangat menentukan ekonomi dan ekologi planet ini di masa depan. 

Menggunakan bahan daur ulang pada tingkat industri untuk pembuatan dan pemrosesan membuat bahan pemurnian nggak diperlukan, dan ketergantungan pada produksi bahan baru secara bertahap berkurang karena teknologi baru dan inovatif yang digunakan dalam proses daur ulang modern.

Membantu Konservasi Sumber Daya Alam

Manfaat daur ulang, dalam skala nasional dan internasional ikut membantu meningkatkan kehidupan dan habitat masyarakat dan satwa liar lokal dengan mengurangi jumlah kayu, air dan mineral yang digunakan dalam proses manufaktur. 

Hutan nggak ditebang untuk menyediakan kertas baru ketika kertas daur ulang digunakan sebagai gantinya, dan penanaman kembali pohon didorong di daerah yang sebelumnya menyediakan sumber kertas.

Pengurangan Insinerasi

Dulu, membakar sampah adalah solusi pengelolaan sampah yang dapat diterima, namun kini hal tersebut tentunya dihindari bahkan nggak dilakukan lagi. Dengan banyaknya produk yang dapat didaur ulang, pembakaran menjadi pemborosan sumber daya yang nyata. Itu karena sampah didaur ulang dan digunakan kembali, laju pembakaran menurun dengan cepat.

Hemat Uang

Mendaur ulang nggak hanya menguntungkan planet, tetapi juga membantu mengurangi tagihan bulananmu. Buktinya banyak produsen produk makanan menggunakan bahan daur ulang sebagai bagian dari bahan kemasan dan iklan mereka. Kertas daur ulang, sampah plastik, dan bahan lainnya adalah masa depan kemasan makanan, dan sebagai hasilnya generasi mendatang dapat menikmati makanan yang lebih murah dan barang konsumsi lainnya.

Pengurangan Limbah TPA

Ini adalah manfaat daur ulang yang paling jelas, yaitu mengurangi limbah di tempat pembuangan akhir. Salah satu manfaat utama dari daur ulang, dari skala pribadi hingga regional, adalah membantu mengurangi jumlah sampah yang berkembang biak di pusat-pusat pelayanan sampah TPA. 

Akibatnya, risiko kebocoran gas alam, bahan kimia beracun, dan zat berbahaya lainnya ke ekosistem lokal berkurang. Memastikan bahwa lingkungan lokal tetap bersih dan aman bagi mereka yang tinggal di dekat tempat pembuangan limbah yang selalu mengganggu sangatlah penting.

Apalagi jika bicara tentang sampah plastik. Buruknya pengelolaan limbah plastik di Indonesia masih perlu perhatian dan kontribusi dari semua pihak. Baik itu pemerintah, masyarakat, dan juga para pedagang. Bahaya dari sampah bukan lagi merugikan lingkungan tetapi turut mengintai kesehatan manusia.

Jika pengelolaan sampah plastik tidak dikelola dengan alur daur ulang yang maksimal, sampah-sampah plastik hanya akan berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA). Nggak hanya TPA saja, sungai-sungai yang seharusnya menjadi aliran air bersih juga terkena imbas dari tindakan yang nggak memiliki kesadaran dan tanggungjawab.

Nah, dari jutaan sampah sebelum berakhir di tempat pembuangan, kamu dapat memilah botol plastik atau botol kaca untuk dimanfaatkan menjadi berbagai jenis kreasi. Yup, buktinya kerajinan dari plastik bekas terbukti menguntungkan karena bahan-bahan yang digunakan mudah didapat, murah atau bahkan gratis, dan proses pembuatannya cukup sederhana.

Berikut ide dan tips daur ulang botol bekas mudah:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

- Kreasi 'Pot' Tanaman

Salah satu cara yang baik untuk menggunakan kembali botol plastik adalah dengan menjadikannya lebih berguna. Misalnya dijadikan wadah atau pot untuk tanaman di rumah atau di kantor. 

Proses ini tentunya bikin kamu terlihat keren! Bukan hanya karena kamu berhasil mengubah barang bekas menjadi lebih bermanfaat, tentunya kamu sekaligus mendukung gerakan ramah lingkungan. 

Untuk membuatnya, kamu perlu menyiapkan sejumlah perlengkapan. Pertama botol bekas yang sudah dicuci bersih dan kering, cat, kuas, gunting, dan pisau. 

Kedua, kamu bisa mulai melakukan proses daur ulang dengan cara menggunting botol menjadi dua bagian dan mulailah melukisnya menggunakan cat, lalu keringkan. 

Ketiga, masukan media tanam dan tanaman favoritmu, sukulen misalnya yang paling mudah dirawat dan nggak perlu disiram setiap saat. 

Selain botol plastik bekas, kamu juga dapat menggunakan botol kaca sebagai pot tanaman hias. Jika kamu nggak mau menggunakan tanaman asli, kamu dapat menggunakan tanaman palsu sebagai pelengkap dekor di meja ruang tamu. 

Caranya, kamu dapat menggunakan botol kaca apa saja yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. Kemudian, mainkan kreativitasmu di atas botol kaca dengan menyiapkan cat atau pilok yang warnanya sesuai dengan seleramu. 

Kemudian hias bagian tubuh botol menggunakan kain atau tali goni. Tempelkan pita atau hiasan bunga palsu sebagai aksen, untuk mempercantik botol kaca bekasmu. Voila,  daur ulang botol bekas mudah akhirnya tercipta!

3 dari 4 halaman

- Kreasi Tutup Botol

Jika kamu memiliki botol kaca dengan penutup botol dari seng, jangan langsung dibuang. Kamu dapat menggunakan keterampilan kreatifmu untuk membuat barang artistik, yaitu mengubah tutup botol menjadi magnet kulkas yang keren. 

Yup, ini adalah cara yang baik untuk mempercantik dekorasi rumah. Cepat, murah dan sederhana! Caranya, pertama kamu harus mencuci tutup botol agar bersih dan kering, lalu menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Mulai dari pernis, magnet, kancing, lem bakar, lem cair dengan daya lekat sangat baik, dan kreasi gambar atau motif yang kamu inginkan berdiameter 2,5 cm. 

Cara membuatnya, pertama kamu harus melapisi tutup botol dengan pernis untuk mengurangi karat. Kemudian tempelkan gambar atau motif yang sudah kamu kreasikan di bagian tutup botol bagian atas menggunakan lem cair. 

Lalu, tempelkan kancing menggunakan lem bakar untuk menyamakan ketinggian setiap sisi tutup botol. Tunggu kering. Setelah itu, tempelkan magnet dan kreasi tutup botol menjadi magnet kulkas keren pun sudah jadi. 

Selain dijadikan magnet, tutup botol bekas juga dapat dikreasikan menjadi gantungan kunci atau tempat lilin. Untuk dijadikan tempat lampu hias juga bisa banget dan hasilnya dijamin artsy, abis!

4 dari 4 halaman

- Bikin Greenhouse

Greenhouse untuk daerah tropis sangat memungkinkan dan mempunyai banyak keuntungan dalam produksi dan budidaya tanaman, yaitu mempunyai transmisi cahaya yang tinggi, konsumsi panas yang rendah, ventilasi yang cukup dan efisien. Dengan membuat greenhouse, kamu dapat menanam berbagai tanaman hasil kebun sendiri. 

Dengan daur ulang botol bekas mudah tentunya akan menjadi proyek praktis yang dapat kamu buat dengan melibatkan anggota keluarga atau teman-temanmu. Bagi kamu yang memiliki waktu luang lebih banyak, daur ulang botol bekas mudah dan relatif murah ini dapat terwujud, tentunya dengan kesabaran. Untuk proses pembuatannya akan memakan waktu dan sedikit usaha. 

Namun hasilnya dipastikan bakal bikin kagum sendiri karena kamu berhasil mengolah limbah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat untuk lingkungan karena hasilnya bakalan luar biasa. 

Greenhouse ini cocok dibuat bagi kamu para pencinta tanaman atau yang gemar menanam produk segar dari kebun sendiri. Nah, cara membuatnya gimana sih? 

Kamu harus menyiapkan botol plastik PET yang kokoh  berukuran 1,5 liter dan botol plastik ukuran 600ml, bambu atau kayu, gunting, kawat, paku, palu. Pastikan botol plastik bekasmu sudah dicuci bersih dan kering. 

Adapun langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk daur ulang botol bekas mudah, yaitu: 

  • Sediakan bambu dengan ukuran tinggi sekitar 150 cm untuk dijadikan pasak atau tiang dalam rangkaian botol plastik. Bambu atau kayu ini, akan menjadi rangka greenhouse, ya!
  • Lubangi bagian bawah botol. Caranya dengan memasukkan batang kayu ke dalam botol sebagai penguat ketika melubangi bagian bawah botol menggunakan paku
  • Masukkan kawat lewat bagian bawah botol menuju ke bagian atas botol untuk membuat satu rangkaian. Setiap rangkaian terdiri dari empat botol plastik ukuran 1,5 liter dan satu botol ukuran 600ml

Cara lainnya, kamu dapat menggunakan kayu sebagai rangka untuk mematenkan rangkaian botol. Jika langkah sebelumnya menggunakan kawat, kamu dapat menggunakan bambu panjang yang dimasukkan ke dalam botol. Pastikan kamu memotong lebih dulu bagian bawah botol sebagai lubang atau tempat masuknya bambu. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.