Sukses

Ikut Prihatin dengan Tragedi Kanjuruhan, Apa Harapan Sandiaga Uno Soal Prospek Sport Tourism?

Sandiaga Uno berharap Tragedi Kanjuruhan bisa diusut secara tuntas, bukan untuk mencari siapa yang salah tapi agar tidak terulang lagi dalam event olahraga

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno turut berbelasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan di Stadion Kanjuruhan, Malang yang terjadi usai laga Liga 1 antara Arema FC versus Persebaya Surabaya, Sabtu 1 Oktober 2022. Sandiaga Uno juga mengaku turut prihatin atas kejadian yang mengakibatkan sekitar 125 orang korban tewas itu.

Dia lantas berharap agar peristiwa tragis itu dapat diusut secara tuntas dan tidak terulang lagi di masa mendatang. "Saya atas nama Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif sangat-sangat bersedih dan turut prihatin serta menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya pada korban dan keluarga korban," ucap Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar secara hybrid, Senin, 3 Oktober 2022.

"Kami harap peristiwa ini bisa diusut secara tuntas, bukan untuk mencari siapa yang salah tapi agar tidak terulang lagi dalam event olahraga Tanah Air," tambahnya.  Di sisi lain, Sandiaga juga mengungkapkan seperti apa kiranya dampak peristiwa tragis tersebut terhadap pariwisata Indonesia.

Ia kembali mengungkapkan, bahwa Kemenparekraf saat ini tengah menggencarkan program sport tourism, yaitu pariwisata berbasis olahraga untuk mendongkrak potensi wisata di Indonesia.  Sandiaga mengatakan, peristiwa itu tidak menjadikan Indonesia sebagai negara yang tidak menyelenggarakan kegiatan atau event dengan baik.

"Karena ini hanya satu dari ribuan event olahraga yang kita lakukan. Ini juga harus menjadi pelajaran bagi kita untuk mengelola event ke depan," ujar pria yang biasa disapa Sandi ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keamanan Harus Diutamakan

Sandi menambahkan, Kemenparekraf memiliki Deputi yang mengelola event skala nasional maupun internasional. Di sana sudah ada panduan dalam menyelenggarakan event dengan basis CHSE (Cleanliness, health, safety, dan environmental sustainability).

Ia pun mengggarisbawahi masalah safety atau kemanan.  Dalam penyelenggaraan event, juga harus disiapkan kehati-hatian. Menurutnya, selama masih bisa menunjukkan kepada dunia bahwa safety terjaga dengan baik, maka diharapkan dampak tragedi itu tidak berkelanjutan.

"Tapi ada perintah dari Presiden Jokowi untuk menunda Liga 1 selama evaluasi ini. Ini harus kita lakukan dengan baik," ucap Sandiaga. "Kami akan berkontribusi juga untuk menyampaikan standar penyelenggaraan event agar nantinya tidak berdampak terhadap penundaan atau pembatalan penyelenggaraan event tingkat dunia," sambungnya.

Pasalnya mulai tahun depan, lanjut Sandiaga, selain charisma event Nusantara, Kemenparekraf akan memiliki klasifikasi tersendiri untuk sport tourism. Salah satu tugas dari pemerintah yaitu mensuksesan penyelenggaraan FIFA World Cup U-20 pada 2023 mendatang.“Jadi keprihatinan ini harus menjadi tempat kita untuk evaluasi. Bukan buat saling tuding menuding, tapi kita usut tuntas,” kata Sandi.

 

3 dari 4 halaman

Menikmati Pemandangan

Beberapa bulan lalu, Sandiaga Uno mengatakan, Kemenparekraf mendapat penugasan dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk mempromosikan desa wisata melalui festival olahraga nasional dan internasional. Salah satu yang akan digelar bertaraf internasional adalah Samosir Lake Toba Ultra di Samosir, Sumatera Utara.

"Kami mendapat tugas untuk menggaungkan dan menjadikan masyarakat Indonesia "demam" berolahraga, dengan mengembangkan olahraga rekreasi menjadi olahraga prestasi. Dari olahraga rekreasi kita harapkan akan terjaring talenta-talenta para atlet di berbagai cabang olahraga untuk olahraga prestasi. Ini sejalan dengan desain besar olahraga nasional," ungkap Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing, Selasa (17/5/2022).

"Jadi mereka nantinya bukan hanya lari, tetapi menikmati desa wisata dan membeli produk lokal," sambungnya. Samosir Lake Toba Ultra merupakan lomba lari yang diikuti ribuan pelari terbaik dunia.

"Event lomba lari ini punya empat kategori yang diperlombakan, yaitu 5 km, 12 km,25 km, dan 50 km," terang Sandi. Seluruh pelari Samosir Lake Toba Ultra bakal diajak melintasi area Danau Toba, melewati berbagai desa wisata, sekaligus melihat dan menikmati indahnya pemandangan pegunungan serta kawasan pantai sepanjang rute.

4 dari 4 halaman

Festival Olahraga

Salah satu aspek yang sekarang berkembang dan terakselerasi karena pandemi adalah kebangkitan sektor pariwisata berbasis olahraga atau sport tourism dan sport recreation. Secara tusi (tugas dan fungsi), pembangunan SDM di bidang olahraga nasional merupakan tusi Kemenpora, Kemenparekraf akan memfasilitasi festival olahraganya karena menyangkut pergerakan wisatawan.

"Namun kami akan melakukan koordinasi dengan semua stakeholders terkait, termasuk Kemenpora dan KONI untuk merancang festival olahraga tingkat nasional dan internasional," ucap Sandiaga.  Festival yang dirancang nanti wajib meningkatkan daya tarik wisatawan ,menggerakkan ekonomi nasional, dan mampu membuka potensi lapanganpekerjaan.

Sandiaga menambahkan, sepanjang tahun ini Kemenparekraf sudah mendukung berbagai penyelenggaraan event olahraga yang dibalut dengan pariwisata (sport tourism). Demi menggaungkan dan menjadikan masyarakat Indonesia "demam" berolahraga, Sandiaga menyebut olahraga rekreasi dapat dikembangkan untuk menjadi olahraga prestasi.

"Rekreasi ini sekarang menjadi bagian desain besar olahraga nasional dan kita lihat kegiatan-kegiatan lari maupun kegiatan lain sangat diminati. Mungkin dari sisi prestasi belum terlihat hubungan langsung tapi jadi salah satu inisiasi yang mendorong lebih banyak masyarakat yang berolahraga," tutur Sandi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.