Pengantin Wanita Ungkap Beda Tradisi Kado Pernikahan di Indonesia dan Norwegia

Oleh Henry pada 04 Okt 2022, 03:02 WIB
Diperbarui 04 Okt 2022, 03:02 WIB
Kado Natal dan Tahun Baru
Perbesar
Ilustrasi kado Natal dan Tahun Baru (Photo by Miroslava on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Tiap daerah dan tentunya tiap negara tentu punya tradisi dan budaya masing-masing termasuk dalam hal pernikahan. Bukan hanya tradisi pernikahan, hadiah yang diberikan tamu pun bisa jadi berbeda.

Hal ini diketahui dari unggahan akun TikTok @tamaranjani. Dalam unggahan tersebut, wanita bernama Tamara ini baru saja menggelar pernikahan bersama sang suami yang merupakan orang Norwegia.

Ia kemudian menyadari adanya perbedaan hadiah dari teman-teman Indonesia dan Norwegia. Jika biasanya malam pertama digunakan untuk bercengkerama dengan pasangan, Tamara justru sibuk membuka amplop-amplop salam tempel yang didapatkannya bersama suami.

"Malam pertama malah ngitungin uang tempel. Bedanya Orang Norway dan Orang Indo kasih 'salam tempel' di nikahan," ungkapnya. Kebanyakan orang Norwegia memberikan kartu ucapan dengan bentuk yang lucu. 

Selain itu, harapan yang diberikan pun tampak panjang. Mereka membaca satu per satu kartu ucapan yang didapat dari teman-teman asal Norwegia. Sedangkan di Indonesia umumnya sumbangan pernikahan dimasukkan dalam amplop putih, berbeda dengan kebiasaan orang Norwegia.

Sumbangan pernikahan mereka akan disertai ucapan selamat.  "Orang Norway kasih kartu ucapan yang lucu-lucu dan wishes yang panjang. Orang Indo pakai amplop putih dan nama pengirim," tulisnya. 

Selain ucapan, bukti transfer juga dicantumkan pada kartu ucapan yang diberikan. Hal ini cukup berbeda dengan hadiah dari orang Indonesia. Biasanya, orang Indonesia akan memberikan amplop putih dengan nama yang tertulis di bagian depan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Kado Barang dan Uang Tunai

Pengantin Wanita Ungkap Beda Tradisi Kado Pernikahan di Indonesia dan Norwegia
Perbesar
Pengantin Wanita Ungkap Beda Tradisi Kado Pernikahan di Indonesia dan Norwegia. foto: TikTok @tamaranjani

Selain itu, uang tunai juga masih diberikan, meski terkadang ada juga yang memberikan kado berupa barang. Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini. "Seru baca ucapannya, tapi di Indonesia seru pas bukain amplop duitnya," komentar seorang warganet.

"Baru tahu orang bule ngasih amplop juga ke sesama bule," komentar warganet lainnya.. "Iya di UK juga masih banyak banget yang jualan kartu ucapan untuk berbagai occasion.  Nanti mereka juga akan benar-benar baca dan simpan kartunya. Bukan hanya hadiahnya," tulis warganet lainnya.  Sampai berita ini ditulis, video beda tradisi kado pernikahan Indonesia dan Norwegia ini sudah ditonton lebih dari 889 ribu kali di TikTok dan disukai lebih dari 54 ribu kali.

Beberapa waktu lalu, hal berbeda justru dilakukan oleh seorang wanita yang menjadi tamu undangan sebuah pesta pernikahan. Momen itu diunggah oleh akun TikTok @varadinapictures, Selasa (10/8/2021).

Seorang wanita yang menjadi tamu undangan terlihat memilih membawa sebuah cek yang telah dibingkai. Video ini pun langsung mencuri perhatian warganet dan kembali diunggah di beberapa akun media sosial lainnya.


Kado Cek Rp30 Juta

Pengantin Wanita Ungkap Beda Tradisi Kado Pernikahan di Indonesia dan Norwegia
Perbesar
Pengantin Wanita Ungkap Beda Tradisi Kado Pernikahan di Indonesia dan Norwegia.  foto: TikTok @tamaranjani

Dilansir dari kanal Hot Liputan6.com dari akun TikTok @varadinapictures, Kamis (12/8/2021), seorang wanita yang menggunakan kebawa berwarna hitam terlihat menghampiri mempelai dalam sebuah pernikahan di Makassar, Sulawesi Selatan. Tak hanya menghampiri saja, namun wanita tersebut juga terlihat memberikan sebuah cek yang telah dibingkai.

Bahkan, dalam video tersebut diketahui jika jumlah cek yang diberikan sebesar Rp30 juta. Banyaknya nilai yang diberikan dalam cek saat datang ke pernikahan ini pun curi perhatian warganet.

Video adanya tamu undangan yang tak membawa amplop namun memilih cek yang terbingkai dalam sebuah pernikahan ini pun curi perhatian warganet. Tak sedikit pula yang mempertanyakan bagaimana nantinya saat si pembawa cek tersebut mengadakan sebuah acara. "Pasti yang bawa itu beberapa waktu kedepan bakalan bikin acara juga, auto dikasih 30jt juga, anak Sulawesi pasti pahamlah," komentar seorang warganet.

Pasangan selebritas Ria Ricis dan Teuku Ryan juga pernah mendapatkan kado pernikahan yang unik. Keduanya menikah pada Jumat (12/11/2021) di Hotel Intercontinental, Pondok Indah, Jakarta Selatan.


Kado Klinik Kecantikan

[Fimela] Ria Ricis Menikah
Perbesar
Ria Ricis Menikah (Instagram/bundafarha1112_taiwan)

Di pernikahannya itu, pemilik nama lengkap Ria Yunita itu mendapat begitu banyak hadiah pernikahan dari para sahabatnya. Melansir kanal Showbiz Liputan6.com, salah satu yang menarik perhatian adalah kado pernikahan dari dokter Oky Pratama, Dipl.AAAM selaku founder Bening's Clinic.

Dokter Oky Pratama menghadiahkan satu unit klinik kecantikan Bening's Clinic Bogor kepada pasangan milenial yang baru saja menikah tersebut. Nilai investasi klinik cabang Bogor itu terhitung cukup tinggi jika dirupiahkan.

"Saya membawa hadiah spesial yaitu sebuah klinik kecantikan. Saya bagian dari Bening's Group, dan atas bantuan Ria Ricis dan Teuku Ryan sebagai brand ambassador dari Bening's Group, kami harus memberikan sebuah hadiah spesial yaitu klinik kecantikan. Teuku Ryan kami berikan saham klinik kecantikan di cabang Bogor dan nilai investasinya senilai Rp6,5 hingga Rp10 miliar," tutur dr. Oky Pratama, Dipl.AAAM usai menghadiri akad nikah Ria Ricis dan Teuku Ryan.

Selain itu, dokter Oky juga mengapresiasi sikap profesionalitas dan totalitas Teuku Ryan dan Ria Ricis selama mereka bekerjasama. Hal itu juga yang membuat dokter Oky semakin yakin untuk menghadiahkan satu buah cabang klinik kecantikannya.

Infografis Gaun Pernikahan Raisa
Perbesar
Infografis Gaun Pernikahan Raisa
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya