6 Fakta Menarik Spanyol, Penghasil Minyak Zaitun Terbesar di Dunia

Oleh Elly Purnama pada 05 Okt 2022, 08:31 WIB
Diperbarui 05 Okt 2022, 08:31 WIB
Warga Spanyol Arak Bendera Raksasa Keliling Barcelona
Perbesar
Seorang wanita mengenakan bendera Spanyol di bahunya ketika orang-orang mengarak bendera Catalonia berukuran raksasa pada perayaan Dia de la Hispanidad di jalanan Barcelona, Kamis (12/10). (AP / Santi Palacios)

Liputan6.com, Jakarta - Spanyol terkenal dengan arsitektur bangunannya yang megah. Negara yang terletak di Eropa Barat ini beribu kota di Madrid.

Luas wilayah negara yang dibentuk pada 1516 dan direstorasi pada 6 Desember 1978 itu mencapai 505.990 km persegi atau sekitar 4,5 kali luas Pulau Jawa. Negeri itu berbatasan dengan Teluk Biskay dan Prancis di sebelah utara, Laut Mediterania di sebelah timur, Samudera Atlantik (Selat Gibraltar) di sebelah selatan, dan Portugal di sebelah barat.

Spanyol memiliki beberapa fakta yang mungkin belum banyak orang ketahui. Liputan6.com merangkum enam fakta menarik Spanyol di antaranya dari berbagai sumber.

1. Bentuk Pemerintahan

Spanyol adalah monarki konstitusional, mirip dengan Inggris. Secara resmi diakui sebagai Kerajaan Spanyol. Setelah menjadi salah satu kerajaan terkuat di Middle Ages atau Abad Pertengahan, Spanyol modern sejak itu mengambil sikap yang jauh lebih santai, mengutip dari Traveling in Spain pada Minggu, 2 Oktober 2022.

Dengan sejarah yang panjang, Spanyol memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada mereka yang ingin menjelajahi budayanya yang kaya. Ada banyak kastil abad pertengahan dan situs kuno yang dapat dikunjungi saat mengunjungi negara, sisa-sisa masa lalu dari Spanyol sangat menarik.

Sejarah Spanyol adalah jalur yang sangat panjang dan terperinci, membentang kembali ke periode awal abad pertengahan. Ada banyak budaya dan agama berbeda yang telah membentuk cara negara ini tumbuh dan berkembang selama berabad-abad. Spanyol pun berubah menjadi negara yang sangat unik dan beragam.

2. Penghasil Minyak Zaitun Terbesar di Dunia

Banyak yang setuju bahwa masakan Spanyol sangat mirip dengan masakan Mediterania. Satu kesamaan langsung adalah penggunaan minyak zaitun di banyak hidangannya. Ini terutama karena Spanyol menjadi salah satu produsen zaitun terbesar di dunia. Demografi telah menunjukkan bahwa rata-rata orang Spanyol akan mengonsumsi sekitar 1,4 liter minyak zaitun per tahun.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


3. Festival yang Berlangsung selama Berhari-hari

Meriahnya Festival Tradisional Las Fallas di Spanyol
Perbesar
Sebuah karakter yang mewakili mantan presiden Catalan, Carles Puigdemont sedang memegang bendera Catalonia dibakar saat festival tradisional Fallas di Valencia, Spanyol (19/3). (AP/Alberto Saiz)

Festival, atau dikenal sebagai fiestas (pesta) oleh warga lokal, adalah bagian dari budaya masyarakat Spanyol. Mereka terkenal dengan beberapa festival besar dan kecintaan mereka pada tarian, musik, dan perayaan. 

Bisa dibilang yang terbesar dan terpenting dari beragam festival itu adalah "Las Fallas". Perayaan terbesar Las Fallas dapat ditemukan di kota Valencia saat ini. Acara yang digelar meliputi termasuk kembang api, minum, menari, dan parade di seluruh jalan-jalan kota. Perayaan khusus ini berlangsung selama berhari-hari dan juga melibatkan pembakaran kayu, mempertahankan tradisi nenek moyang. 

Jika Anda mengunjungi Valencia sekitar bulan Maret, jangan sampai melewatkan perayaan ini. Festival terkenal lainnya adalah karnaval yang terjadi sekitar 40 hari sebelum Paskah. Perayaan dan paradenya adalah yang terbesar di Kota Cadiz yang juga melibatkan musik, tarian, dan pesta pora.

4. Bahasa Spanyol Adalah Bahasa Keempat yang Paling Banyak Digunakan di Dunia

Bahasa Spanyol adalah bahasa keempat yang paling banyak digunakan di dunia, setelah bahasa Inggris, bahasa Mandarin, dan bahasa Hindi. Sekitar 548 juta orang menjadi penutur bahasa di seluruh dunia.

Orang Spanyol bakal senang hati menanggapi turis yang mencoba berbicara dengan mereka dalam bahasa ibu mereka. Jadi, cobalah untuk mencoba mempelajari beberapa frasa dalam bahasa Spanyol dan menggunakannya untuk berkomunikasi saat berkunjung. 


5. Destinasi Wisata

Istana Alhambra
Perbesar
Keseluruhan Istana Alhambra yang menjadi lokasi syuting drama terbaru Park Shin Hye (dok. Instagram @christiangodoy75/https://www.instagram.com/p/BsvPafgF4un/Esther Novita Inochi)

Ada banyak tempat-tempat indah di Spanyol yang dapat kamu kunjungi. Bahkan, ada tempat yang dijadikan latar dalam sebuah drama Korea. Berikut beberapa destinasi wisata terbaik di Spanyol menurut Planetware.com.

Taman Alhambra, Granada

Tidak peduli berapa banyak kamu telah membaca atau berapa banyak gambar yang kamu lihat dari Istana Alhambra Granada, bangunan ini akan tetap membuat Anda takjub. Istana kerajaan Dinasti Nasrid adalah sorotan artistik periode Islam Spanyol, ketika Al-Andalus - sebagaimana mereka disebut Andalusia - mewakili lambang budaya dan peradaban di Eropa abad pertengahan.

Kompleks Alhambra mencakup beberapa bangunan, menara, dinding, taman, dan masjid, dengan ukiran batu rumit yang tak terlukiskan, langit-langit berlapis ubin yang megah, lengkungan anggun, dan halaman tenang istana Nasrid. Pelancong harus menyisihkan setidaknya setengah hari untuk mengunjungi Istana Alhambra dan beberapa hari untuk menjelajahi tempat-tempat wisata Granada.

Masjid Agung Córdoba (La Mezquita)

Pernah menjadi masjid utama Islam barat dan masih dikenal sebagai La Mezquita, Masjid Agung Córdoba adalah salah satu yang terbesar di dunia dan pencapaian terbaik arsitektur Moor di Spanyol. Masjid Agung menempati peringkat dengan Alhambra di Granada sebagai salah satu dari dua contoh seni dan arsitektur Islam yang paling indah di Eropa Barat.

Bahan bangunan dari bangunan Romawi dan Visigoth digunakan dalam konstruksi, yang dimulai pada 785, dan pada 1000, bangunan itu telah berkembang ke dimensi yang sekarang. Tidak peduli di mana Anda berdiri atau ke arah mana kamu melihat, ada barisan kolom dan lengkungan Moor yang bulat berbaris dalam pola simetris.

Pantai Gran Canaria

Gran Canaria terkenal karena pantai berpasir keemasan yang melapisi sebagian besar pantai selatannya. Playa de Las Canteras berada di ibu kota Las Palmas, populer di kalangan keluarga karena perairannya yang tenang, dilindungi oleh pemecah gelombang alami dari batu vulkanik.


6. Makanan Populer

Paella
Perbesar
Nasi dipadukan dengan aneka seafood segar, menambah sensasi rasa nikmat pada Paella.

Saat berkunjung ke Spanyol, jangan lewatkan makanan khas dari sana. Berikut beberapa makanan populer Spanyol menurut Tasteatlas.com.

Paella

Diakui secara luas sebagai hidangan Spanyol paling populer, paella merupakan nasi dengan rasa kunyit, sedangkan bahan tambahannya mungkin termasuk daging, makanan laut, atau sayuran. Meskipun paella berasal dari Valencia yang dibuat dengan sayuran musiman, ayam, kelinci, dan siput, di Spanyol modern, nama ini digunakan untuk semua hidangan nasi yang disiapkan dalam paellera atau paella - panci dangkal tradisional yang digunakan keduanya untuk memasak dan menyajikan.

Asal-usul paella sederhana. Kemungkinan besar berasal dari sekitar laguna Albufera, daerah yang terkenal dengan sawah dan hewan-hewannya. Bahan-bahan yang digunakan dalam paella telah lama diperdebatkan, tetapi semua orang setuju bahwa setiap paella harus memiliki rasa kunyit yang halus.

Churros

Renyah dan sangat harum, churros terdiri dari adonan ragi goreng yang bertatahkan gula. Meskipun beberapa orang mungkin menentang konsumsi makanan manis ini, memperingatkan orang lain tentang efek berbahaya gula dan lemak pada tubuh manusia, popularitas churros di seluruh dunia tampaknya tidak berkurang.

Awalnya ditemukan oleh para gembala Spanyol yang dapat dengan mudah memasaknya dalam panci di atas api terbuka. Sekarang ini churros sering dimakan di Spanyol dan Amerika Latin sebagai makanan sarapan, disertai dengan secangkir kopi yang kuat atau secangkir cokelat panas kental.

Croquetas (Kroket)

Gorengan tradisional Spanyol ini biasanya disiapkan dengan dasar béchamel mentega yang didinginkan dengan baik dan dibentuk menjadi roti bundar atau silinder. Adonan itu dilapisi dengan telur dan remah roti, dan akhirnya digoreng sampai renyah dan keemasan.

Spanyol berlimpah dalam berbagai jenis croquetas, dan versi paling populer menggabungkan ham atau ayam suwir di dasar béchamel, tetapi bahan lain seperti jamur, ikan cod, atau udang juga umum digunakan. Meskipun awalnya merupakan hidangan hemat, yang memanfaatkan bahan sisa, kini kroket menjadi hidangan klasik yang sering disajikan sebagai tapas—makanan kecil yang biasanya disertai dengan beberapa minuman.

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya