Istana Buckingham Terima Lebih dari 50 Ribu Surat Sejak Ratu Elizabeth II Meninggal

Oleh Putu Elmira pada 02 Okt 2022, 16:01 WIB
Diperbarui 10 Okt 2022, 01:01 WIB
Istana Buckingham Terima Lebih dari 50 Ribu Surat Sejak Ratu Elizabeth II Meninggal
Perbesar
Potret menunjukkan surat belasungkawa yang dikirim oleh anggota masyarakat kepada Raja Charles III, Permaisuri dan anggota keluarga Kerajaan lainnya, menunggu untuk disortir oleh Tim Korespondensi, di dalam Istana Buckingham di London pada 27 September 2022. (VICTORIA JONES / BUCKINGHAM PALACE / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Tim korespondensi Istana Buckingham telah bekerja keras sejak Ratu Elizabeth II meninggal. Istana mengumumkan pada Jumat, 30 September 2022, bahwa setelah kematian Ratu pada 8 September 2022, mereka telah menerima lebih dari 50.000 surat dan pesan belasungkawa, termasuk 6.500 hanya dalam satu hari setelah pemakaman Ratu pada 19 September 2022.

Dikutip dari People, Minggu (2/10/2022), jumlah surat tersebut naik signifikan. Sebelum kematian Ratu Elizabeth II, Istana Buckingham menerima hingga 1.000 surat setiap minggu dari anggota masyarakat dengan berbagai pertanyaan atau pesan harapan baik.

Potret baru yang diambil minggu lalu di Istana Buckingham menunjukkan anggota tim korespondensi memilah ribuan surat yang dikirim ke Raja Charles III, Ratu Camilla dan anggota keluarga kerajaan lainnya. Menurut istana, semua surat dibaca dengan cermat.

Tanggapan akan dikirim saat tim korespondensi kecil memproses ribuan surat dan pesan itu. Surat yang keluar dari Istana Buckingham pada pekan lalu, terlihat ada perubahan, mulai Selasa lalu, cap pos mulai menampilkan simbol baru Raja Charles III sebagai raja.

Monogram menunjukkan mahkota di atas inisial pertamanya "C" terjalin dengan "R" untuk Rex (Latin untuk Raja, secara tradisional digunakan untuk raja sejak abad ke-12), dengan "III" di dalam "R." Raja memilih desain dari beberapa yang dibuat oleh ahli lambang istana, College of Arms.

Simbol itu akan segera menjadi biasa di mana simbol kerajaan ditampilkan, menggantikan lencana "ERII" Ratu Elizabeth. Beberapa dari perubahan ini akan bertahap, kata pejabat istana, tetapi akan terlihat pada dokumen negara dan akhirnya di kotak surat merah di sekitar Inggris.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Prangko Mengenang Ratu

Royal Mail Rilis Prangko Memorial Ratu Elizabeth II
Perbesar
Royal Mail Rilis Prangko Memorial Ratu Elizabeth II (dok. Royal Mail)

Juga pada Selasa, 26 September 2022, Royal Mail mengungkapkan koleksi prangko peringatan yang akan dirilis untuk menghormati mendiang Ratu Elizabeth II pada musim gugur ini. Paket prangko tersebut merupakan yang pertama disetujui oleh Raja Charles III sejak ia menjadi penguasa.

"Selama tujuh puluh tahun terakhir setiap prangko Inggris telah disetujui secara pribadi oleh Yang Mulia, Ratu Elizabeth. Hari ini kami meluncurkan prangko ini, yang pertama disetujui oleh Yang Mulia Raja, sebagai penghormatan kepada seorang perempuan yang berkomitmen untuk pelayanan publik dan tugas tak tertandingi dalam sejarah negara ini," kata Simon Thompson, CEO Royal Mail, dalam sebuah pernyataan.

Keempat prangko tersebut adalah potret Ratu Elizabeth II dibalut nuansa abu-abu yang diambil pada titik yang berbeda dalam hidupnya dan pertama kali dijual sebagai suite untuk Yubileum Emasnya pada 2002. Untuk memperbarui set sebagai koleksi memorial, tahun kelahiran dan kematiannya ditambahkan di sudut atas.


Harga Prangko

Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip dalam Kenangan
Perbesar
Ratu Inggris Elizabeth II dan Pangeran Philip dari Inggris (kanan) melakukan perjalanan dengan kereta kuda menuju Horse Guards Parade untuk Parade Ulang Tahun Ratu, 'Trooping the Color', di London pada 17 Juni 2017. Pangeran Philip meninggal di usia ke-99 pada 9 April 2021. (Chris J Ratcliffe/AFP)

Prangko set kedua menampilkan gambar yang elegan dari Ratu Elizabeth muda, yang diambil oleh Dorothy Wilding pada 1952, ketika dia naik takhta. Prangko set pertama adalah hasil jepretan fotografer Inggris terkenal Cecil Beaton, menunjukkan gambar Ratu yang lebih dewasa melihat ke depan pada 1968.

Prangko ketiga adalah hasil bidikan Yousuf Karsh pada 1984. Ratu Elizabeth II terlihat tersenyum lembut dan pandangan percaya diri ke kamera. Prangko terakhir menampilkan Ratu Elizabeth II tersenyum pada 1996. Potret ini diabadikan oleh fotografer kerajaan lama, Tim Graham.

Prangko memorial Ratu Elizabeth II akan dijual baik secara individu maupun sebagai paket. Prangko dijual seharga 7,43 dolar AS atau setara Rp113 ribu dan dijual pada 10 November 2022.

Gerakan peringatan tersebut mengikuti tradisi nasional yang terakhir ditujukan bagi Pangeran Philip. Beberapa minggu setelah Duke of Edinburgh meninggal pada usia 99 pada April 2021, Royal Mail menghormati mendiang Pangeran Philip dengan set prangko khusus yang serupa.


Perubahan

Ratu Elizabeth II Bangkitkan Memori Perang Dunia II Saat Berpidato tentang Krisis Corona
Perbesar
Ratu Elizabeth II menyampaikan pidato tentang krisis corona COVID-19.(dok. foto Buckingham Palace/AFP)

Layanan surat Inggris juga mengumumkan pada Selasa, 27 September 2022, bahwa mereka akan beralih dari menggunakan gambar Ratu Elizabeth II pada prangko Machin Definitive "sehari-hari" untuk menampilkan gambar Raja Charles III. Siluet Raja juga akan menggantikan mendiang Ratu pada Prangko Khusus juga.

The Royal Mail mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa rincian lebih lanjut akan dirilis pada waktunya. Prangko Charles baru akan memasuki peredaran setelah stok perangko saat ini habis untuk memperhatikan kepraktisan.

Di tengah perubahan, satu hal yang diharapkan tetap sama. Sekitar 100 ribu kotak pos Royal Mail di seluruh Inggris yang memuat ERII Royal Cypher Ratu Elizabeth kemungkinan akan tetap ada, karena kotak surat hanya diperbarui ketika yang baru ditambahkan, Sky News melaporkan.

Sementara, pada April 2022, layanan pos nasional Australia (Australia Post) merilis dua prangko untuk menandai perayaan momen platinum Ratu Elizabeth II. Ini setelah negara tersebut memperingati 70 tahun Ratu Elizabeth II sebagai Kepala Persemakmuran, dilansir dari laman Xinhua, Senin, 4 April 2022, dikutip dari Global Liputan6.com.

Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya