Cara Mudah Hasilkan Karya yang Menginspirasi saat Gak Ada Ide

Oleh Gilar Ramdhani pada 30 Sep 2022, 14:35 WIB
Diperbarui 04 Okt 2022, 13:38 WIB
Cara Mudah Hasilkan Karya yang Menginspirasi saat Gak Ada Ide
Perbesar
Kreatif Gak Muncul Instan, Butuh Dorongan. (Dok. AWAKE)

Liputan6.com, Jakarta Menghasilkan karya yang menginspirasi sangat penting bagi seorang seniman, apapun jenisnya, baik penulis, pelukis, pematung, pengarang lagu, sampai desainer sekalipun. Selain karena bisa membawa banyak manfaat bagi orang lain, juga menjadi penyemangat diri sendiri untuk terus berkarya.

Paling penting dari sebuah karya yang menginspirasi itu adalah bernilai tinggi atau berharga. Misalnya dari sebuah tulisan yang menginspirasi bisa mendatangkan banyak pembaca, lagu yang menginspirasi bisa memanggil banyak penonton, begitupun hasil karya seni lukis, grafiti dan lainnya yang bisa membuat orang berbondong-bondong untuk datang.

Sayangnya, untuk menghasilkan karya yang menginspirasi tidaklah mudah. Mereka yang bekerja dengan mengandalkan pikiran akan ada masanya kehilangan inspirasi untuk membuat karya-karya seni. Ketika inspirasi seni itu hilang, seseorang akan menjadi frustasi karena kesulitan untuk menghasilkan karya.

Beruntungnya, ada sejumlah strategi efektif yang dapat membantu seorang seniman apapun untuk menghidupkan kembali inspirasi artistik mereka.

Apa itu inspirasi?

Secara umum, inspirasi adalah dorongan untuk terus berpikir kreatif. Ketika seseorang sudah mendapatkan inspirasi, maka akan jauh lebih mudah mengerjakan aktivitas tertentu.

Inspirasi sebagai proses yang terjadi ketika seseorang melihat atau mendengar sesuatu yang menyebabkan mereka memiliki ide-ide baru yang menarik atau membuat mereka ingin menciptakan sesuatu, terutama dalam seni, musik atau sastra.

Banyak seniman mengandalkan inspirasi ini untuk membantu mereka menciptakan karya yang menginspirasi karena memberi mereka banyak ide baru dan original.

Secara umum, inti dari inspirasi: kebangkitan, transendensi, dan motivasi pendekatan. Pertama, inspirasi muncul secara spontan tanpa niat. Inspirasi juga melampaui kepedulian dan keterbatasan. Transendensi semacam itu sering kali melibatkan momen kejelasan dan kesadaran akan kemungkinan-kemungkinan baru. Akhirnya, inspirasi melibatkan motivasi pendekatan, di mana individu berusaha untuk mengirimkan, mengekspresikan, atau mengaktualisasikan ide atau visi baru.

Mereka menemukan bahwa orang yang terinspirasi lebih terbuka untuk pengalaman baru, dan melaporkan lebih banyak kesibukan dalam tugas mereka. Individu yang terinspirasi juga melaporkan memiliki dorongan yang lebih kuat untuk menguasai pekerjaan mereka. Inspirasi dikaitkan dengan penguasaan pekerjaan, penyerapan, kreativitas, kompetensi yang dirasakan, harga diri, dan optimisme.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Cara menemukan inspirasi untuk pemula

Kamu tidak bisa menunggu selamanya untuk inspirasi datang kepadamu. Jika melakukannya, kamu sama saja dengan menunda-nunda dan tidak membuat kemajuan sama sekali. Jangankan ciptakan karya yang menginspirasi, untuk mengawalinya saja mungkin akan kebingungan.

Jadi, ketika kamu merasa tidak terinspirasi atau ide-ide terhalang, kamu harus proaktif untuk mendapatkan kembali inspirasi kamu. Jemput dia, jangan menunggu apalagi diam-diam saja.

Nah, dalam daftar berikut ini kamu akan menemukan 10 strategi yang akan membantu kamu mendapatkan inspirasi dengan mudah. Sehingga bukan hal yang mustahil untuk menghasilkan karya yang menginspirasi.

1. Ciptakan karya seni setiap hari

Membiasakan diri membuat karya seni setiap hari sangatlah penting karena menciptakan seni secara konsisten membantu mempertahankan pola pikir kreatif. Ketika kamu menjadwalkan waktu untuk latihan setiap hari, maka menciptakan karya seni menjadi kebiasaan.

Misalnya, mulailah dengan merencanakan 10 menit latihan seni harian dalam jadwalmu. Kemudian, putuskan berapa kali seminggu akan berkomitmen untuk tujuan itu. Saat kamu mulai memperkuat rutinitas baru ini, tingkatkan durasinya hingga menghabiskan cukup banyak waktu untuk aktivitas seni setiap hari. Dengan bekerja sedikit demi sedikit, membentuk kebiasaan baru sehari-hari tidak akan terasa berlebihan.

Tentu, terkadang kamu mungkin merasa lelah secara kreatif, tetapi baik pemula maupun profesional mengalami kelelahan kreatif adalah hal yang wajar. Bedanya, seniman profesional yang menciptakan seni setiap hari lebih disiplin karena mereka menghormati komitmen untuk menghasilkan seni secara teratur. Mereka cenderung tidak menunda-nunda karena tahu cara mengatasi art block. Mereka memahami bahwa motivasi dan dedikasi lebih penting daripada mengandalkan inspirasi.

2. Unduh daftar petunjuk menggambar

Pada titik tertentu kamu pasti bertanya-tanya, "Bagaimana mendapatkan inspirasi untuk menggambar? Nah, jika kamu adalah tipe orang yang membuang banyak waktu untuk mencari foto yang sempurna untuk menginspirasi, maka sebaiknya kamu mulai menemukan daftar petunjuk menggambar atau melukis yang sudah jadi.

Solusi ini brilian karena kapan pun merasa tidak bersemangat, kamu dapat melihat daftar petunjuk sehingga tidak membuang waktu berharga hanya untuk mencari inspirasi setiap kali duduk untuk berkreasi. Kamu dapat melakukan browsing untuk mencari ide menggambar dan melukis sehingga dapat menyusun daftar petunjuk pribadi.

3. Bergabunglah dengan komunitas seni

Saat kamu bergabung dengan grup seni online gratis, kamu dapat mengobrol dengan orang-orang yang punya pemikiran dan minat yang sama denganmu terhadap seni. Kamu dapat meminta saran menggambar atau melukis, menemukan seniman baru yang karya seninya sesuai denganmu, atau bisa mendapatkan rekomendasi perlengkapan seni.

Selain itu, kamu dapat membagikan karya gambar seni rupa baru kepada mereka sehingga dapat belajar bagaimana mendapatkan kritik yang membangun. Semua manfaat ini dapat membantu kamu menemukan inspirasi seni.

Tetapi jika kamu lebih suka berinteraksi dengan seniman secara lebih pribadi, dapat dengan mudah mengunjungi museum, galeri seni, atau pusat komunitas lokal untuk berjejaring dengan seniman dan individu kreatif.

4. Jangan takut melakukan kesalahan

“Feel the fear and do it anyway" (Rasakan ketakutan itu dan tetap lakukan). Tapi bagaimana kalimat itu berlaku untuk seniman?

Ketika diterapkan pada seniman dan kreatif, itu berarti terus menciptakan karya seni tidak peduli berapa kali kamu gagal. Soalnya, banyak seniman yang takut membuat kesalahan atau menghasilkan karya seni yang “jelek” karena merasa karya seninya kurang bagus.

Lebih buruk lagi, seniman memiliki kecenderungan untuk terlalu fokus pada hanya menciptakan karya seni yang “sempurna”, dan yang kurang dari itu dianggap tidak layak. Hal ini tentu saja tidak benar karena untuk menjadi seniman yang hebat, kamu harus gagal dan belajar dari kesalahan kamu. Bagaimanapun, kegagalan adalah mentor terbaik.

Jadi, cara terbaik untuk mengatasi perfeksionisme sebagai seniman adalah dengan merangkul eksperimen dengan membuat kesalahan. Misalnya, cobalah perlengkapan seni baru yang belum pernah kamu gunakan sebelumnya atau gunakan media artistik baru yang selalu ingin kamu coba.


5. Habiskan waktu dengan alam

Banyak keindahan dan kreativitas di alam yang bisa menjadi inspirasi kamu. Dari kurva S umum, pohon dan sungai hingga bentuk gunung dan batu yang bergumpal. Selain itu, ada beberapa alasan yang menguntungkan untuk melakukan hal ini.

  • Udara segar dan sinar matahari baik untuk kesehatan mental dan fisikmu.
  • Kamu dapat menemukan inspirasi seni di lingkungan, kota, kota, atau taman nasional kamu Berjalan dapat membersihkan “ruang kepalamu” dari segala kekhawatiran atau stres yang mungkin membebani kamu.
  • Perubahan pemandangan atau lingkungan dapat menghidupkan kembali inspirasi karena kamu sedang melihat pemandangan baru.
  • Kamu dapat mengambil smartphone atau kamera untuk mengambil foto yang dapat kamu gunakan sebagai referensi seni saat kamu kembali ke rumah. Simpan dalam folder di komputer untuk membuat perpustakaan referensi.

6. Menarik inspirasi dari media

Salah satu cara favorit untuk menemukan inspirasi adalah dengan menggunakan berbagai bentuk media yang disukai. Misalnya, genre film dan sastra favorit. Kedua media ini seringkali melibatkan elemen pembangun dunia yang unik dan narasi yang dapat mempengaruhi jenis lanskap lukisan atau karakter gambar.

Selain itu, temukan juga inspirasi dalam banyak musik dan video karena kedua media tersebut bisa sangat merangsang dan menghibur. Saran lainnya adalah melakukan brainstorming jenis media yang paling disukai dan pikirkan jenis emosi ditimbulkan dalam dirimu. Pertimbangkan berbagai elemen visual yang menarik perhatian kamu. Kemudian, gabungkan elemen-elemen itu ke dalam karya seni untuk menciptakan sesuatu yang baru dan menarik.

7. Rapikan ruang kerjamu

Kekacauan visual bisa menjadi gangguan besar bagi banyak orang. Dalam beberapa kasus, itu bahkan dapat membuat stres karena terlalu banyak hal yang tertangkap mata dan harus dapat perhatian besar. Melihat perlengkapan seni atau perlengkapan kantor berserakan di meja berpotensi dapat mencegah kamu membuat karya seni.

Oleh karena itu, hal terbaik yang harus dilakukan adalah merapikan dan membersihkan ruang kerja. Cukup rapikan dan atur barang-barang yang ada di meja. Setelah itu, letakkan perlengkapan seni favoritmu di meja. Dengan melakukan itu akan memberi sinyal pada otak untuk mengambil pensil atau kuas.Begitulah lingkungan dapat memicu kreativitas kamu lagi!


8. Mencari inspirasi di virtual pinboard

Virtual pinboard bisa memberikan inspirasi yang sangat berguna bagi para seniman. Selain itu, kamu bisa membuat mood board atau papan palet warna untuk menginspirasi kamu agar sumber inspirasi kamu tidak pernah kering. Dan jika kamu menyukai teks, kamu dapat menambahkan kutipan inspirasi seni ke papan ini dan membacanya kapanpun kamu membutuhkan motivasi.

9. Ciptakan kembali karya seni lama atau ide Lama

Saat kamu merasa lesu dan tidak bersemangat secara kreatif, lihat karya seni dan proyek lama kamu. Ketika kamu melihat kembali karya seni lama, kamu dapat lebih mudah mengidentifikasi kelemahan masa lalu. Dengan pengetahuan baru, kamu dapat menghasilkan karya baru dengan lebih terampil.

Saat membuat ulang seni, kamu biasanya mengambil risiko atau menerapkan teknik baru yang sebelumnya berada di luar keahlianmu. Dengan mengulang karya seni, kamu dapat membayangkan kembali gambar atau lukisan dengan cara baru yang mencerminkan kemampuan artistik kamu saat ini.

Atau, kamu dapat meninjau kembali ide-ide lama atau proyek gagal yang tidak pernah kamu kejar. Jika kamu memutuskan untuk menangani proyek lama, kamu dapat membangun dari ide lama dengan menggabungkannya dengan ide-ide baru kamu. Ini memaksa roda kreatif di kepala kamu untuk berputar, jadi kemungkinan besar kamu akan menemukan cara baru dan menarik untuk membuat proyek sukses.

10. Pelajari karya seniman favorit

Salah satu cara terbaik untuk menyalakan kembali kreativitas sehingga bisa menciptakan karya yang menginspirasi adalah dengan mempelajari karya seniman favoritmu. Tanyakan pada dirimu apa yang paling kamu sukai dari gaya seni mereka yang unik. Elemen gaya apa yang membuat kamu tertarik, dan pertimbangkan bagaimana kamu dapat mengadopsi teknik tersebut ke dalam gaya kamu sendiri.

Saat kamu menjelajahi elemen yang menurut kamu menyenangkan secara estetika, kamu memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang membuatmu tertarik. Dengan pengetahuan ini, kamu memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang elemen artistik yang menginspirasi kreasi kamu sendiri.

Jadi, lihatlah beberapa artis, illustrator, fotografer, dan desainer favoritmu untuk bertukar pikiran tentang daftar elemen gaya yang ingin kamu tiru dalam karya kamu sendiri. Seperti yang kamu lihat, inspirasi bisa datang dari mana saja. Bergantung pada minatmu, mungkin saja kamu lebih mudah mendapatkan inspirasi dari sumber tertentu daripada yang lain.

Pesan penting adalah kamu tidak harus menunggu inspirasi datang ‘mengetuk pintumu’. Sebaliknya, jadilah proaktif dan cari tahu. Karena itu, saat kamu kesulitan mencari inspirasi, cobalah beberapa solusi di atas. Setidaknya satu dari mereka akan mengisi ulang ‘baterai’ kreativitasmu sehingga bisa menghasilkan karya yang menginspirasi.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya