Mau Bikin Karya Unik? Lakuin 5 Hal Ini Biar Kamu Jadi Pionir

Oleh stella maris pada 29 Sep 2022, 20:00 WIB
Diperbarui 04 Okt 2022, 13:36 WIB
Mau Bikin Karya Unik? Lakuin 5 Hal Ini Biar Kamu Jadi Pionir
Perbesar
Karya unik, bikin orang tertarik.

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang bilang, membuat sebuah karya seni adalah hal yang sulit dilakukan. Meski banyak yang berpendapat demikian, tapi bukan berarti kamu nggak bisa bikin karya unik yang jadi ciri khasmu sendiri. 

Yup, ketika kamu memilih untuk melakukan hal kreatif dengan bikin karya unik entah itu melukis, memahat, menggambar atau menciptakan karya unik lainnya, nggak perlu menunggu sampai mahir dulu, baru eksekusi kemudian. 

Sebelum membahas tentang gimana cara bikin karya unik, kamu harus tahu bahwa seni memiliki sejarah panjang. Seni kebaratan misalnya yang dimulai dari bangsa-bangsa Timur, yaitu Yunani Kuno. Di masa itu, karya seni Yunani berdiri sendiri dan nggak dipengaruhi kesenian bangsa lain. 

Beberapa seni Yunani Kuno yang dikenal bahkan masih dilakukan para seniman hingga saat ini adalah seni yang berkaitan dengan arsitektur, patung, lukisan, dan tembikar. Di zaman itu, seni punya pakemnya sendiri dan nggak semua kalangan punya privilege untuk menikmati sebuah seni. 

Akan tetapi jika melihat seni di zaman modern, di mana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melaju pesat. Di zaman modern, salah satu karya seni yang menarik perhatian adalah karya visual yang menampilkan karya seni modern dan budaya pop. 

Pondasi untuk menciptakan karya seni ini pada intinya adalah membuat karya yang melibatkan objek sehari-hari dan bikin karya sesuai dengan kesenangan pribadi. Filosofi karya seni ini adalah seni adalah milik semua dan seni harus bisa dinikmati siapa saja. Pencipta seni ini merupakan visual artit kenamaan asal Amerika Serikat yang memiliki pola pikir seorang perintis alias pionir. Dan memang nyatanya, buat bikin karya unik kamu perlu memulainya dengan pola pikir seorang perintis. 

Tapi tahukah kamu kalau para pionir itu berpikiran bebas, suka berpetualang, spontan, dan sangat kreatif? Mereka berpikiran independen dan berusaha menghadirkan sesuatu yang orisinal. 

Para pionir juga termasuk orang yang giat, mau merangkul perubahan, dan tangguh menghadapi risiko. Mereka cenderung memiliki banyak ide dan membuat perbedaan dengan sebuah orisinalitas. Meski demikian, menjadi pionir atau pelopor juga punya langkah 'cerdas' menerobos aturan dan melompati batas. 

Selain itu, sebelum bikin karya seni yang unik, pastinya kamu sudah tahu konsep apa yang akan jadi benang merahnya. Nah, agar karya senimu bisa jadi yang terdepan, coba lakukan lima hal berikut ini: 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Bikin Karya Seni Berseri

Ilustrasi menciptakan karya seni
Perbesar
Ilustrasi menciptakan karya seni/Shutterstock-Seregam.

Ketika mau bikin karya seni, sebenarnya nggak perlu dimulai dengan membuat karya yang besar. Kamu hanya perlu memahami bahwa karya seni itu dapat diciptakan dengan melibatkan objek sehari-hari. 

Ketika bicara  karya seni rupa dan lukis misalnya, ada baiknya kamu memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi keunikanmu. Ciri khas ini didasarkan pada tema, corak atau gaya, teknik atau bahan, dan bentuk karya seni yang kamu ciptakan. 

Untuk menemukan kekhasan dirimu memang nggak bisa instan, akan terlihat seiring berjalannya waktu atau sepanjang kamu berlatih. Sambil berlatih, kamu bisa bikin karya seni lukismu lewat tema. 

Dalam karya seni rupa dan lukis, tema yang paling sering muncul seputar manusia dan hubungan dengan dunianya, entah itu dengan manusia lain, kegiatannya. Hubungan manusia dengan alam atau manusia dengan benda. Kamu mungkin pernah melihat berbagai konten di media sosial, dimana ada seseorang yang dengan sengaja melukis aktivitas orang lain di dalam kereta. 

Mungkin terlihat sederhana ketika melihat orang tersebut menggambar orang lain sambil baca buku, mendengarkan musik, atau sambil memegang smartphone-nya. Namun hasilnya luar biasa! Dia bisa bikin karya unik dengan cara yang nggak pernah dilakukan orang sebelumnya.  

Hal yang dilakukan pelukis itu dapat dikatakan berseri karena dia menceritakan hubungan manusia dengan kegiatannya selama perjalanan di kereta. Nah, kamu juga bisa mencoba hal yang sama dan lakukan dengan caramu sendiri. 

Membuat serangkaian lukisan atau lukisan berseri adalah cara terbaik untuk mengasah keterampilanmu. Kamu akan melakukan hal yang sama setiap hari, yaitu melukis, namun kamu akan menciptakan gambar yang berbeda karena objek diciptakan pun berbeda. 


2. Do a Challenge

Ilustrasi menciptakan karya seni
Perbesar
Ilustrasi menciptakan karya seni/Shutterstock-Gorodenkoff.

Menciptakan seni adalah proses yang panjang, yaitu berlatih dan berlatih. Bahkan buat menciptakan karya doodle art misalnya, diperlukan sumber inspirasi untuk membuat sebuah seni lukisan. Suatu tindakan, peristiwa, perasaan, seseorang, tempat, lagu favorit, lingkungan sekitar, atau bahkan nama kamu sendiri untuk diaplikasikan ke dalam doodle art.

Selain itu, dalam proses pembuatan karya nggak hanya sekadar membuat karya seni unik dengan cara yang menyenangkan. Kamu harus terus mengasah keterampilan menggambarmu dengan mengikuti challenge atau tantangan. 

Namun ada baiknya kamu nggak melihat challenge sebagai sebuah beban. Lihatlah dari sudut pandang lain bahwa challenge yang kamu ikuti dapat memberi kebaikan untukmu, salah satunya adalah memicu kreativitas tanpa batas. 

Mungkin kamu bertanya-tanya challenge apa yang sekiranya dapat memicu kreativitas. Kamu bisa mencoba untuk bikin karya unik atau lukisan berseri dalam waktu yang sudah ditentukan. Misalnya 100 hari, karyamu harus sudah selesai. 

Dengan waktu yang sudah ditentukan itu, secara nggak langsung kamu akan memikirkan gimana caranya untuk menyelesaikannya. Misalnya, kamu sudah 'mapping' kira-kira berapa lama kamu akan membuat sketsanya, berapa lama lukisan yang kamu bisa cicil pengerjaannya dalam waktu tertentu. 

Tantangan lainnya adalah mencoba gaya corak atau aliran seni lukis yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Jika kamu menyukai aliran seni modern naturalisme, nggak ada salahnya mencoba gaya corak yang lain, misalnya mencoba gaya seni lukis surealisme. 

Selain itu, kamu juga bisa mencoba aliran seni lukis lain. Jika biasanya kamu menggambar surealis, kamu bisa coba melukis bidang persegi empat atau karya yang dimulai dari bentuk dasar kubus (kubisme). 

Nah ketika mencobanya, lakukan tantangan yang sama dengan menggunakan kerangka waktu. Dengan adanya kerangka waktu, kamu punya tujuan yang ingin dicapai dan jadikanlah tantangan ini sebagai motivasi.


3. Sadari Likes & Dislikes

Ilustrasi menciptakan karya seni
Perbesar
Ilustrasi menciptakan karya seni/Shutterstock-New Africa.

Untuk mempermudahmu bikin karya unik, setelah punya kerangka waktu, ada baiknya kamu juga menyadari apa yang kamu suka dan nggak suka ketika menggambar atau melukis. 

Tentukan banyak hal sebelum kamu mulai melukis. Misalnya dari media artistiknya, dengan memilih media yang paling gampang dicari, nggak mesti butuh biaya tinggi, dan gampang digunakan.

Tentukan juga berbagai unsur seni lukis, seperti bentuk dan warna yang memang menyamankanmu saat bikin karya. Selain itu ada baiknya kamu nggak membuat ekspektasi bahwa karyamu kurang bagus dibandingkan hasil karya orang lain. Hindari juga menyertakan elemen atau teknik seni yang sebenarnya nggak kamu sukai, namun harus tetap sesuai dengan prinsip atau asas dalam seni lukis, yaitu komposisi. 

Komposisi dalam karya seni menjadi penting karena menyangkut keseimbangan, kesatuan, irama, dan keselarasan atas sebuah karya. Oh ya, ingatlah bahwa karya seni ciptaanmu adalah karya yang menyenangkan, membahagiakan, dan bikin kamu puas. 

Maka dari itu, kamu harus melakukannya dengan penuh rasa bahagia dan tentunya harus dijalani dengan menyenangkan. Selain itu, karya seni lukis nggak melulu berakhir di atas kanvas. 

Jika kamu mahir menggambar dan jatuh cinta dengan mural atau menggambar doodle art misalnya, jangan ragu buat mengaplikasikan karyamu media apapun yang menurutmu layak untuk dijadikan karya artistik. 

Sudah banyak pun seniman muda di Tanah Air yang karyanya mendunia. Nah, dengan menganalisis likes & dislikes, tentunya hal ini dapat mempermudahmu menyelesaikan karya seni yang ingin kamu buat. Nikmatilah setiap prosesnya dan ciptakan karya ‘mahal’ kamu!


4. Kembangkan Citra Diri

Ilustrasi menciptakan karya seni
Perbesar
Ilustrasi menciptakan karya seni/Shutterstock-VGstockstudio.

Setiap orang pasti memiliki kisah pribadi sendiri yang kemudian mungkin dituangkan menjadi sebuah karya. Ketika ingin bikin karya unik, subjek atau simbol tertentu dapat membantu orang lain untuk memaknai karya senimu. 

Setiap simbol tersebut tentunya punya makna tersendiri buat kamu dan tentunya menyimbolkan dari citra diri. Biasanya simbolisme itu muncul berdasarkan ide yang berkembang dari pengalaman, budaya, lamunan, atau fantasi. 

Nah, subjek, objek atau simbol tersebut bisa berupa bentuk, wujud manusia atau hewan, tanaman dan bunga, bahkan warna. Gampangnya, kita semua pasti mengenali gambar fiksi pahlawan super. 

Yup, para pahlawan super umumnya digambarkan memiliki sosok yang besar, tinggi, dan terkuat. Nah, pahlawan super itulah yang menjadi simbol yang mudah dikenali. 

Bahkan karya seniman terkenal juga memiliki simbol yang mudah dikenali lewat warna. Julukan Pope of Pop yang disematkan untuk visual artist kenamaan Amerika Serikat ada karena dia bikin karya seni unik kreatif dengan menggunakan teknik pop art

Yup, memilih warna-warna cerah untuk ditampilkan di setiap karyanya adalah ciri khasnya. 

Dengan simbol tersebut tentunya menjadi bahasa visual yang sangat kuat, sehingga karya-karyanya dapat dikenali. Nah, agar karyamu juga bisa dikenali dan diketahui orang yang melihatnya, cobalah untuk menyusun 5-10 hal yang mempunyai arti buat dirimu. Dari sederet hal tersebut, tampilkan di lukisanmu dan cobalah untuk membuatnya jadi terlihat lebih unik.


5. Belajar Langsung dari Ahlinya

Ilustrasi seniman
Perbesar
Ilustrasi seniman/Shutterstock-Pressmaster.

Pernah nggak sih terlintas dipikiranmu, apakah ada cara yang benar atau salah ketika memandang atau melihat seni? Disadari atau nggak, tentu kita semua pernah mengalami momen ketidakpastian ketika memandang seni. Terkadang muncul perasaan bahwa kita nggak memahami makna yang ingin disampaikan dari sebuah karya seni. 

Situasi tersebut bukan hanya dialami oleh mereka yang melihat karya seni saja. Bahkan para pencipta seni pun kerap merasakan hal tersebut, hingga akhirnya mulai meragukan diri sendiri atas interpretasinya saat menciptakan karya. 

Pada gilirannya, mungkin kamu menjadi ragu untuk berbagi pemikiran dengan orang lain yang memang lebih profesional di dunia seni. Jika kamu merasakan hal tersebut, mulai sekarang segera usir jauh-jauh perasaan atau pemikiran tersebut!

Ketika kamu ingin bikin karya unik, nggak ada salahnya menggali informasi dari ahlinya. Kamu bisa bergabung dengan komunitas pencinta seni. Dengan masuk ke dalam komunitas seni, bukan sekadar melatih kreativitasmu atau mendapatkan inspirasi saja, tapi juga kamu dapat membangun relasi yang lebih luas lagi. 

Bergabung dengan komunitas membuatmu bisa bertemu dengan para seniman dengan jam terbang yang lebih tinggi. Kamu jelas tahu bahwa mereka atau seniman adalah orang-orang yang ahli mengarahkan makna ke tempat yang mereka inginkan. Mereka mampu menyatukan setiap elemen dalam lukisan sehingga memunculkan perasaan bagi yang melihatnya. 

Ketika kamu berdiskusi dengan ahlinya atau seniman, kamu sekaligus dapat menemukan sejumlah hal yang kamu sukai atau nggak sukai dalam dunia seni. Itu karena seni bersifat subjektif. Jangan ragu juga untuk menanyakan bagaimana cara kreatif mereka menciptakan sebuah karya. Dari penjelasan mereka, tentunya dapat kamu coba dan latih di rumah. 

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya