Selamat, Bandara Banyuwangi Raih Aga Khan Award for Architecture 2022

Oleh Putu Elmira pada 28 Sep 2022, 21:01 WIB
Diperbarui 28 Sep 2022, 21:01 WIB
Bandara Banyuwangi yang dirancang aristiek andarmatin. (Istimewa)
Perbesar
Bandara Banyuwangi yang dirancang aristiek andarmatin. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Banyuwangi berhasil menyabet Aga Khan Award for Architecture 2022. Bandara yang terletak di Desa Blimbingsari, Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini menjadi salah satu dari enam pemenang penghargaan.

Dikutip dari siaran pers di laman resmi Aga Khan Development Network (AKDN), Rabu (28/9/2022), Pengumuman pemenang dilakukan di Jenewa, Swiss pada Kamis, 22 September 2022. Pemenang berhak mendapatkan hadiah total 1 juta dolar AS atau setara Rp15,2 miliar.

Hadiah tersebut akan dibagikan kepada enam pemenang penghargaan Aga Khan Award for Architecture 2022. Proyek-proyek yang menang disebut mampu menunjukkan janji bagi komunitas, inovasi, dan kepedulian terhadap lingkungan.

"Dikelilingi sawah, bangunan ini memperluas bahasa lanskap menjadi sebuah hal terpusat yang menggabungkan arsitektur, fungsionalitas, dan pengaturan dalam disposisi yang mulus namun dapat dilihat," bunyi keterangan dalam keterangan tersebut mengenai Bandara Banyuwangi.

Rilis tersebut juga menyebut, "Modern dan efisien dalam semua aspek, tetapi sebagai gantinya, Bandara Internasional Banyuwangi dapat menjadi game-changer dalam arsitektur bandara, terutama mengingat pemerintah Indonesia akan membangun sekitar 300 bandara dalam waktu dekat."

Aga Khan Award for Architecture didirikan pada 1977 oleh Aga Khan, imam turun-temurun ke-49 dari Muslim Ismaili yang memiliki dua kewarganegaraan Inggris dan Portugis. Penghargaan Aga Khan Award for Architecture untuk mengidentifikasi dan mendorong konsep pembangunan yang berhasil menjawab kebutuhan dan aspirasi masyarakat di mana umat Islam memiliki kehadiran yang signifikan. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Daftar Pemenang

Argo Contemporary Art Museum and Cultural Centre
Perbesar
Argo Contemporary Art Museum and Cultural Centre menang Aga Khan Award for Architecture 2022. (dok. Aga Khan Trust for Culture / Deed Studio)

Argo Contemporary Art Museum and Cultural Centre, Teheran, Iran

Di lingkungan perkotaan padat yang merupakan pusat sejarah Teheran, proyek penggunaan kembali dan konservasi yang tidak biasa ini telah mengubah Pabrik Argo menjadi museum pribadi untuk seni kontemporer. Pabrik Argo sebelumnya adalah lokasi bekas tempat pembuatan bir yang aktivitasnya dipindahkan 10 tahun sebelum Revolusi Iran, karena alasan polusi, ke lokasi di luar kota.

"Dari reruntuhan bangunan aslinya, tempat pembuatan bir yang ada direnovasi dan permukaan baru dibangun dengan pendekatan dan desain yang halus. Berbagai ruang untuk pameran, bincang-bincang dan film dikembangkan di empat tingkat, dan tempat tinggal seniman baru dibangun bersebelahan dengan museum," bunyi keterangan itu.

Urban River Spaces, Jhenaidah, Bangladesh

Keterangan menjelaskan bahwa melalui partisipasi dan alokasi masyarakat yang konsisten, keterlibatan luas perempuan dan kelompok terpinggirkan, dan tenaga kerja lokal. Upaya yang tampaknya sederhana untuk membersihkan akses ke Sungai Nabaganga di Jhenaidah menghasilkan proyek lansekap yang bijaksana dan minimal dengan bahan-bahan lokal dan teknik konstruksi.

"Mengubah tempat pembuangan sampah informal yang terlantar menjadi ruang multifungsi yang menarik dan dapat diakses yang dihargai oleh komunitas Jhenaidah yang beragam. Dengan demikian, proyek tersebut berhasil membalikkan degradasi ekologis dan bahaya kesehatan sungai dan tepiannya, dan mendorong perbaikan ekologis sungai yang efektif, di salah satu negara paling banyak sungai di dunia," lanjutnya.


Kamanar Secondary School, Thionck Essyl, Senegal

Kamanar Secondary School, Thionck Essyl
Perbesar
Kamanar Secondary School, Thionck Essyl menang Aga Khan Award for Architecture 2022. (dok. Aga Khan Trust for Culture / Amir Anoushfar)

"Kampus yang penuh dengan infrastruktur, bangunan, lanskap, dan perabotan, Kamanar Secondary School unik karena membahas berbagai skala urbanisme, lanskap, arsitektur, dan teknologi bangunan dengan komitmen dan keahlian yang setara," jelas keterangan itu.

Disampaikan pula bahwa topografi dan flora situs adalah kondisi utama dari proyek ini. Ini mendorong pengenalan kisi-kisi kelas yang diatur di sekitar kanopi pohon yang sudah ada sebelumnya, mengadopsi naungan mereka sebagai ruang sosial yang melayani siswa dan guru.

Renovation of Niemeyer Guest House, Tripoli, Lebanon

Renovation of Niemeyer Guest House adalah kisah inspiratif tentang kapasitas arsitektur untuk perbaikan, pada saat memusingkan, krisis terjerat di seluruh dunia, dan di Lebanon pada khususnya, ketika negara itu menghadapi keruntuhan politik, sosial-ekonomi dan lingkungan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Terletak di pinggiran Tripoli, gedung ini bagian dari Rachid Karami International Fair (RKIF), mahakarya arsitek Oscar Niemeyer yang belum selesai.


Community Spaces in Rohingya Refugee Response, Cox’s Bazar, Bangladesh

Community Spaces in Rohingya Refugee Response, Cox’s Bazar, Bangladesh
Perbesar
Community Spaces in Rohingya Refugee Response, Cox’s Bazar, Bangladesh menang Aga Khan Award for Architecture 2022. (dok.Aga Khan Trust for Culture / Asif Salman)

Enam ruang komunitas sementara dari program Respon Pengungsi Rohingya memberikan respons yang bermartabat, sensitif dan cerdik terhadap kebutuhan darurat terkait dengan masuknya pengungsi Rohingya ke komunitas tuan rumah Bangladesh, dengan perhatian khusus pada keselamatan perempuan dan anak perempuan. Konsep dan desain enam ruang tersebut adalah hasil dari perencanaan yang tepat, kemitraan yang solid dan proses inklusif yang melibatkan komunitas pengungsi dan tuan rumah yang beragam, seperti mendefinisikan kebutuhan spasial dan fungsional.

Proses seleksi penghargaan menekankan arsitektur yang tidak hanya memenuhi kebutuhan fisik, sosial dan ekonomi masyarakat, tetapi juga merangsang dan merespons aspirasi budaya mereka. Tahun ini menandai ulang tahun ke-45 Aga Khan Award for Architecture.

Dalam pertemuan pada Februari 2022, Juri Master independen memilih 20 proyek dari 463 proyek yang dinominasikan untuk Award Cycle ke-15 (2020--2022). Selanjutnya, setelah tinjauan di tempat dari daftar pendek oleh tim ahli, juri memberikan enam proyek di antara mereka.

Infografis Bandara Kertajati
Perbesar
Infografis Bandara Kertajati (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya