Tamu Hotel Temukan Kamera Tersembunyi di Kamar Mandi, Bentuknya Tak Terduga

Oleh Henry pada 29 Sep 2022, 08:02 WIB
Diperbarui 29 Sep 2022, 08:02 WIB
Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi kamar hotel. (dok. pexels.com/Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Saat menginap di tempat asing, ada baiknya untuk selalu waspada dan mengecek segala sudut ruangan sebelum beraktivitas. Hal ini lantaran bisa saja kamera tersembunyi terpasang dan mengganggu privasi Anda.

Salah satu contohnya seperti yang tampak dalam unggahan akun TikTok @mitchollow. Dalam unggahan itu, seorang pria menunjukkan ada kamera tersembunyi di hotel dengan bentuk tak terduga.

Kamera tersembunyi itu memiliki bentuk seperti kepala charger ponsel. Benda itu terpasang di salah satu stop kontak yang ada di kamar mandi hotel.

Tanpa disangka, saat diambil, pada bagian belakang benda tersebut terdapat memory card. Di bagian depan di atas port USB juga terlihat ada titik yang diduga sebagai kamera.

"Sebuah kamera tersembunyi yang mengarah langsung ke area mandi yang aku dan pacarku gunakan sepanjang akhir pekan. Aku sudah mencoba berbagai penginapan, tapi belum pernah menemukan kamera tersembunyi," ucap pria bernama Mitch ini dalam unggahannya, Selasa, 27 September 2022.

Tentu saja hal ini sebagai bentuk peringatan agar tamu hotel selalu waspada. Pasalnya, kamera tersembunyi bisa terletak pada benda-benda tak terduga dan mungkin belum penah terpikirkan sebelumnya.

"Aku menemukan kamera tersembunyi di kamar mandi hotel yang aku sewa untuk liburan," tulis Mitch dalam keterangan video berdurasi 30 detik itu. Video ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Sudut Kamar Hotel

Tamu Hotel Temukan Kamera Tersembunyi di Kamar Mandi, Bentuknya Tak Terduga
Perbesar
Tamu Hotel Temukan Kamera Tersembunyi di Kamar Mandi, Bentuknya Tak Terduga.  foto: TikTok @mitchollow

"Inilah mengapa kita harus selalu memeriksa setiap sudut kamar hotel yang disewa," komentar seorang warganet. "Menakutkan. Korban direkam tanpa sepengetahuan dan bisa saja hal itu disebar. Aku tak bisa membayangkan," komentar warganet lainnya.

Belum diketahui apakah Mitch melaporkan masalah itu ke pihak yang berwajib. Yang jelas, masalah kamera tersembunyi ini sudah banyak terjadi sejak beberapa tahun lalu. Salah satunya di Korea Selatan.

Dilansir dari CNN, 9 Mei 2019, empat orang diinvestigasi terkait perkiraan skandal yang melibatkan 42 kamar di 30 akomodasi di 10 kota seantero Negeri Ginseng. The Straits Times melaporkan, kamera-kamera tersembunyi ini ditemukan di bagian atas televisi, tempat menaruh hair dryer, dan stopkontak.

Seoul Metropolitan Police Agency mengungkap, rekaman dari deretan kamera tersembunyi tersebut diduga disiarkan secara langsung di sebuah situs yang mengharuskan pelanggan membayar demi mengaksesnya. Disebutkan bahwa situs yang dimaksud memiliki tak kurang dari empat ribu pengguna. Tersangka yang sudah diamankan pihak berwajib diduga mengantongi keuntungan sampai 7 juta won atau setara Rp86 juta.

Jumlah itu didapatkan dari menjual 803 video rekaman kamera tersembunyi pada 97 anggota VIP. Berdasarkan laporan China Press, para anggota VIP ini membayar uang setara ratusan ribu rupiah setiap bulan untuk mendapat fitur ekstra yang memungkinkan mereka menonton kembali video live tertentu. 


Tindakan Berjaga-Jaga

8 Sudut yang Biasa Jadi Tempat Menyembunyikan Kamera di Toilet
Perbesar
Supaya bisa lebih berhati-hati, ini 8 tempat yang biasa jadi lokasi untuk menyembunyikan kamera di toilet umum. (Foto: enviro-master.com)

Dirangkumkan dari Huffpost, sudah semestinya Anda tahu cara mendeteksi keberadaan kamera tersembunyi sebagai tindakan berjaga-jaga. Bagaimana caranya?

1. Cari benda yang tidak pada tempatnya

Menurut Jack Plaxe pendiri dan direktur Security Consulting Alliance di Kentucky, para pelancong dapat bertanya pada diri mereka sendiri, "Jika seseorang mencoba merekam saya, di mana mereka akan meletakkan kamera untuk mendapatkan gambar yang mereka inginkan?"

"Carilah barang di tempat-tempat tidak biasa," kata Carrie Kerskie, CEO Griffon Force. "Jika melihat detektor asap di tempat yang terlihat agak aneh, jika ada dua di antaranya tepat di sebelah satu sama lain, bisa jadi terdapat kamera di tempat tersebut," kata Kerskie.

2. Mematikan lampu

Salah satu praktik yang mudah adalah mematikan lampu di ruangan dan menggunakan senter untuk memindai di mana Anda mencurigai kamera berada. "[Kamera] Memiliki lensa seperti kaca. Jika melihat radio jam yang ada di sebelah tempat tidur dan melihat tempat yang tidak biasa memantulkan cahaya, itu pertanda ada kamera tersembunyi," terang Kerskie. "Jika mematikan lampu dan menyinari dengan senter pada perangkat yang dicurigai, kemungkinan besar akan mendapatkan pantulan dari lensa," tambahnya.

 


3. Pindai jaringan Wi-Fi

kamera tersembunyi (AFP Photo)
Perbesar
kamera tersembunyi (AFP Photo)

Barker, seorang konsultan TI, menemukan cara menemukan kamera tersembunyi di rental Airbnb milik keluarganya. Di blog perjalanannya, ia menguraikan bagaimana penyewa dapat menggunakan aplikasi pemindai jaringan yang akan mencantumkan perangkat terhubung ke jaringan, bersama dengan alamat IP dan produsen mereka.

Dalam kasus Barker, kecurigaannya muncul ketika sebuah pabrik bernama "IPCAMERA." Barker menggunakan aplikasi Android yang disebut Network Scanner. . Ada juga aplikasi seperti Fing yang tersedia di iOS dan Android, dapat memindai jaringan Wi-Fi dan daftar semua perangkat lain yang menggunakan jaringan serupa. "Jika Anda melihat sesuatu yang lain di sana, itu bisa jadi indikasi bahwa ada kamera," kata Kerskie.

4. Menutupi tempat yang dicurigai

Jika merasa curiga sedang diawasi, tapi tidak dapat mengonfirmasi hal itu, satu solusi sederhana dan murah untuk mengatasi kecemasan ini adalah menutupi objek yang jadi perhatian. Anda juga dapat mencabut objek yang tidak perlu dicolokkan. Beberapa kamera tersembunyi membutuhkan sumber listrik agar berfungsi.

Infografis Fitur Baru Kamera Tilang Elektronik di Jakarta
Perbesar
Infografis Fitur Baru Kamera Tilang Elektronik di Jakarta. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya