Perannya di Kerajaan Dikurangi Raja Charles III, Pangeran Andrew Kini Hanya Jadi Penjaga Anjing

Oleh Henry pada 28 Sep 2022, 03:02 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 11:16 WIB
Pangeran Andrew bersama anjing corgi milik Ratu Elizabeth II. (Foto: Peter Nicholls/Pool Photo via AP)
Perbesar
Pangeran Andrew bersama anjing corgi milik Ratu Elizabeth II. Tak lama setelah Pangeran Philip meninggal dunia pada 2021 sang Ratu mendapat dua anak anjing, tapi salah satunya akhirnya mati. Pangeran Andrew kemudian memberikan satu anak anjing lagi untuk sang ibunda.(Foto: Peter Nicholls/Pool Photo via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian Ratu Elizabeth II tak hanya pergi meninggalkan anak, cucu dan cicit tetapi juga anjing peliharaannya. Beberapa waktu lalu diberitakan kalau anak kedua sang ratu yang juga adik dari Raja Charles III, Pangeran Andrew akan memelihara anjing-anjing tersebut.

Para pengamat kerajaan baru-baru ini bahkan percaya kalau tugas utama Andrew saat ini dan kemungkinan beberapa tahun ke depan adalah merawat ketiga anjing peninggalan Ratu Elizabeth II yang berjenis corgi yaitu Candy, Muick dan Sandy. Mereka juga berseoroh kalau Andrew akan mendapat jabatan sebagai ‘kepala penjaga anjing kerajaan’.

Peran Pangeran Andrew diyakini akan semakin mengecil meski ia berambisi untuk kembali menjalani tugas-tugas penting di Kerajaan Inggris.  Melansir The Sun, Selasa, 27 September 2022, Andrew berusaha untuk memperbaiki imej buruknya setelah terkena kasus pelecehan seksual yang dituduhkan oleh wanita asal Amerika Serikat, Virginia Giuffre.

Di tengah kisruh ini, pada Januari lalu akhirnya Kerajaan Inggris resmi mencopot Pangeran Andrew dari militer dan tugas kerajaan. Andrew juga tak lagi mendapatkan perlindungan dari Kerajaan Inggris.

Situasi itu juga masih menganggu Charles. Kini setelah Ratu Elizabeth II tiada, para pengamat percaya segala upaya Andrew untuk mengembalikan posisinya di kerajaan tak akan berhasil.  Meski dikabarkan akan tetap tinggal di Royal Lodge di Kastil Windsor yang punya tujuh kamar dan seharga 30 juta pound sterling (sekitar Rp480 miliar), pria berusia 62 tahun ini tetap tidak akan bertugas di kerajaan, seperti halnya mantan istrinya, Sarah Ferguson.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Gaya Hidup Mewah

(Foto: AP Photo/Gregorio Borgia, Pool)
Perbesar
Mendiang Ratu Elizabeth II tak perlu mengkhawatirkan dua corgi kesayangannya. Sumber dari dalam istana menyebutkan bahwa kedua anjing ini akan dipelihara oleh Pangeran Andrew dan Sarah Ferguson (Foto: AP Photo/Gregorio Borgia, Pool)

Bisa dibilang, masa depan Andrew tak lebih dari sekadar penjaga anjing peliharaan mendiang ibunya. Itu pun bukan tugas formal karena hanya merupakan janjinya pada ratu untuk meneruskan menjaga anjing corgi miliknya.

Sepertinya sangat kecil kemungkinan ia akan kembali mendapat bayaran sebedar 248 ribu pound sterling (sekitar Rp3,9 miliar) setiap kali menjalankan tugas kerajaan saat Ratu Elizabeth masih bertakhta.  Penghasilan tetapnya kemungkinan hanya didapat dari bayaran pensiun sebesar 20 ribu pound sterling (sekitar Rp320 juta) per tahun dari Angkatan Laut Inggris. 

Di sisi lain, Andrew masih akan menerima pemasukan tambahan dari investasi maupun uang warisan dari Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip.  Jumlah warisan yang akan diterimanya memang belum diketahui dengan pasti, tapi Andrew kemungkinan harus bisa mengurangi gaya hidup mewahnya. Selama ini ia dikenal suka bermalam di hotel-hotel mahal, membeli mobil mewah dan terbang dengan pesawat jet yang membuatnya mendapat julukan ‘Air Miles Andy’ karena begitu seringnya terbang dengan pesawat jet.


Dampak Skandal Seks

Pangeran Andrew. (Steve Parsons/Pool Photo via AP, File)
Perbesar
Pangeran Andrew. (Steve Parsons/Pool Photo via AP, File)

Namun pakar keraajaan Nigel Cawthorne mengatakan pada The Sun, Andrew kemugkinan juga bakal menerima sejumlah uang dari Charles sebagai imbalan agar dia tidak terlalu sering muncul di publik dan tetap bersikap baik.  Cawthorne yang sudah menulis sejumlah buku tentang Andrew terutama tentang hubungannya dengan dua pelaku pedofilia Jeffrey Epstein dan Ghislaine Maxwell, meyakini kalau Andrew tak akan pernah tampil kembali di depan publik.

Skandal seks yang melibatkan Andrew dengan Virginia masih akan menghiasi berita utama di Inggris dalam waktu cukup lama. Hal itu terindikasi dari sejumlah cerita yang masih akan dibeberkan Virginia dalam waktu dekat ini.

Pada Februari lalu, Pangeran Andrew dan Virginia Giuffre setuju menyelesaikan tuduhan pelecehan seksual di luar pengadilan. Keputusan tersebut menurut dokumen pengadilan yang diajukan pengacara Giuffre, Selasa, 15 Februari 2022.Dilansir dari CNN, Rabu (16/2/2022), Pangeran Andrew dan Virginia Giuffre tengah mengantisipasi pengajuan penetapan penghentian kasus dalam waktu 30 hari, menurut surat yang ditujukan pada Hakim federal Lewis Kaplan.


Mundur pada 2019

Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward
Perbesar
Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward, tiba untuk menghadiri Vigil di St Giles Katedral, di Edinburgh, pada 12 September 2022, setelah kematian Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022. (JANE BARLOW / POOL / AFP)

Gugatan perdata berasal dari tuduhan menggelisahkan terhadap Jeffrey Epstein yang berteman dengan serangkaian pria kuat meski asal-usulnya disamarkan. "Sudah diketahui bahwa Jeffrey Epstein memperdagangkan gadis-gadis muda yang tak terhitung jumlahnya selama bertahun-tahun," lanjut surat itu.

"Saya menyesali hubungan saya dengan Epstein, dan memuji keberanian Giuffre dan para penyintas lain dalam membela diri mereka sendiri dan orang lain," tulis Andrew dalam surat itu.  "Saya berjanji untuk menunjukkan penyesalan atas hubungannya dengan Epstein dengan mendukung perang melawan kejahatan perdagangan seks, dan mendukung para korban," lanjut surat tersebut.

Dalam gugatan tersebut, Giuffre menuding Epstein memperdagangkan dan memaksanya berhubungan seks dengan teman-temannya, termasuk Pangeran Andrew, dan bahwa ia sadar Giuffre masih di bawah umur di AS pada saat itu. Andrew sendiri telah mundur dari tugas kerajaan pada akhir 2019.

Setelah itu, Andrew dicopot dari gelar militer dan amalnya, Istana Buckingham mengumumkan. Seorang juru bicara istana menyebut bahwa istana tidak akan mengomentari penyelesaian tersebut. Hal itu merupakan masalah Duke dan tim hukumnya, tambah juru bicara itu

Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya