Yuk, Saatnya Belajar Bahasa Inggris Melalui 3 Novel Karya Sastrawan Dunia Ini!

Oleh Fachri pada 27 Sep 2022, 17:20 WIB
Diperbarui 27 Sep 2022, 17:20 WIB
Membaca Buku.
Perbesar
Ilustrasi perempuan membaca buku. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk belajar, khususnya belajar bahasa. Ada yang sering mendengarkan musik, ada yang menonton film, ada juga yang membaca buku sebagai cara utamanya. Belajar bahasa memang memiliki tantangan tersendiri, tetapi jika itu dilakukan secara rutin, niscaya tantangan tersebut akan bisa dihindari.

Mungkin, sering kita mendengar jika ingin lancar dan belajar bahasa asing, khususnya Inggris, film dan musik menjadi cara yang paling membantu. Tapi, dengan buku pun kalian bisa belajar bahasa Inggris lho. Bahkan, dampaknya jauh lebih luas, kalian bisa mendapatkan diksi baru hingga imajinasi yang luas akan sebuah cerita.

Nah, jika kamu ingin belajar bahasa Inggris melalui cara membaca novel di kala senggang, kamu bisa pilih 3 novel di bawah ini ya!

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. To Kill a Mockingbird (Harper Lee)

Novel To Kill The Mockingbird.
Perbesar
Novel ini terbit tahun 1960 dan memenangkan Pulitzer Prize di tahun 1961. (Foto: Shutterstock)

Novel yang dirilis pada tahun 1960 ini ditujukan untuk segmentasi kalangan remaja yang sedang duduk di bangku sekolah. To Kill a Mockingbird memiliki makna yang lantang terkait dengan isu di Amerika pada masa Great Depression. Novel ini mengisahkan keluarga kecil yang terdiri dari tiga orang Atticus Finch (tokoh utama dan seorang pengacara) dan dua anaknya.

Konflik utama yang mampu membuat buku ini semakin seru dan menarik untuk dibaca adalah ketika persidangan terjadi. Di mana, Atticus membela Tom Robinson, seorang pria kulit hitam, yang dituduh telah memperkosa seorang gadis kulit putih, Mayella Ewell.

Novel ini memberikan gambaran tentang bagaimana konflik rasial yang terjadi di Amerika Serikat. Selain bisa mendapatkan pengetahuan terkait dengan sejarah Amerika Serikat, kamu juga bisa mengasah kemampuan bahasa Inggris lho! Karena diksi yang digunakan pada novel ini cukup mudah dicerna ya!


2. The Old Man and the Sea (Ernerst Hemingway)

Novel The Old Man and the Sea.
Perbesar
Novel The Old Man and the Sea karya Ernest Hemingway. (Foto: One One Bookshop)

Novel yang dirilis pada tahun 1952 ini merupakan novel yang mengisahkan kisah persahabatan dan memberikan pelajaran hidup yang dramatik. Ini merupakan salah satu novel klasik populer yang ditulis oleh Ernest Hemingway. Lewat karya ini, Ernest Hemingway mampu menarik perhatian dunia.

Karena kisah yang diceritakan pada novel ini sangatlah menarik. Jalan cerita yang dibangun sangat sederhana, tapi cukup 'ngena'. Di novel ini, seorang nelayan tua bernama Santiago tak berhasil membawa pulang tangkapan ikan selama 84 hari.

Dan pada hari ke-85, ia mendapatkan hasil tangkapan ikan yang terbaik di seluruh lautan. Santiago berhasil mengatasi penderitaanya selama 84 hari karena tidak berhasil mendapatkan ikan. Dari ceritanya, kita bisa menarik kesimpulan, bahwa perjuangan akan berbanding lurus dengan hasil yang didapatkan.

Yup, meski jalan ceritanya sederhana, namun makan hidup yang dikisahkan di novel ini tak sederhana. Banyak makna yang membuat kita merefleksikan hidup yang dijalani sekarang. Pada intinya, novel ini cocok digunakan pemula untuk belajar bahasa Inggris karena tidak terlalu tebal dan diksinya mudah dimengerti.


3. A Wrinkle In Time (Madeline L’engle)

Novel A Wrinkle In Time.
Perbesar
Novel A Wrinkle In Time karya Madeline L’engle. (Foto: Bukalapak)

Buat kamu yang menyukai kisah fantasi, novel ini wajib dibaca. Novel yang dicetak pada tahun 1962 ini mengisahkan tentang seorang gadis berumur 14 tahun (Meg) yang dicap sebagai pembuat onar. Suatu waktu, ia bersama sang adik (Charles), dan seorang temannya (Calvin) pergi mencari ayahnya yang terjebak di sebuah rumah berhantu.

Sesampainya di sana, mereka mengalami hal-hal aneh di luar nalar sebagai manusia. Di rumah tersebut, mereka seolah-olah menjelajahi ruang, waktu, dan melampaui batas nalar manusia. Di tengah peristiwa yang menegangkan tersebut, mereka mendapakan bantuan dari individu-individu yang baik hati, seperti Mrs. Whatsit, Mrs. Which, Mrs. Who, sang Medium Bahagia, dan Bibi Beast.

Novel ini menggunakan diksi yang cukup ringan serta dengan campuran kalimat singkat dan panjang. Novel ini bisa menjadi pilihan untuk para pemula dalam mempelajari bahasa Inggris, karena dengan jalan cerita yang dibangun, semakin memudahkan pembaca memahami apa maksud dari novel ini. Selain itu, kamu juga bisa menambah wawasan dan memperluas imajinasi, karena cerita yang dihadirkan adalah fantasi.

Itu dia 3 novel yang bisa kamu gunakan untuk mempelajar bahasa Inggris ya! Apa kamu sudah memiliki satu dari tiga novel itu? Jika kamu belum memiliki ketiga novel tersebut, kamu bisa mendapatkannya di marketplace yang Selalu Ada Selalu Bisa. 

 

(*)

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya