Gucci Tampilkan 68 Model Kembar Identik di Runway Milan Fashion Week

Oleh Putu Elmira pada 27 Sep 2022, 17:01 WIB
Diperbarui 27 Sep 2022, 17:01 WIB
Gucci Twinsburg
Perbesar
Gucci Tampilkan 68 Model Kembar Identik di Runway Milan Fashion Week (Foto: Instagram @gucci)

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 68 model kembar identik mengenakan busana serasi di pertunjukan Gucci dalam rangkaian Milan Fashion Week, Jumat, 23 September 2022. Mereka berbalut gaun Lurex beraksen shark-bite cut, busana sutra dengan bordiran bunga sakura, juga setelan garis-garis.

Dikutip dari Independent, Selasa (27/9/2022), Direktur Kreatif Gucci, Alessandro Michele, menciptakan pertunjukan "Gucci Twinsburg" terinspirasi dari ibunya yang punya saudara kembar. Dalam catatan acaranya, ia menyertakan dedikasi pada ibunya, Eralda, dan saudara kembarnya, Giuliana.

Michele menggambarkan mereka sebagai "dua perempuan luar biasa yang membuat hubungan kembar ini jadi sesuatu yang utama dalam eksistensi mereka." "Untuk ibu kembar saya, yang mampu memahami kehidupan melalui kehadiran orang lain," tulis Michele.

Nama show Gucci tersebut, yakni Twinsburg, juga mengacu pada sebuah kota di Ohio yang mengadakan festival tahunan untuk anak kembar. Adapun acara itu merupakan pertemuan tahunan terbesar di dunia untuk para kembar.

Menurut The Guardian, Gucci mengirim para pencari bakal di industri modeling secara rahasia ke festival kembar untuk menemukan kembar identik yang pada akhirnya berjalan untuk mereka di panggung pekan mode Milan. Model perseorangan terlihat berjalan di atas catwalk di awal pertunjukan.

Tak lama, tembok diangkat untuk memperlihatkan saudara kembar mereka di sisi lain, mengenakan pakaian yang sama. Tampilan final menunjukkan setiap model kembar berjalan di landasan bersama-sama sambil bergandengan tangan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Kata Alessandro Michele

Gucci Twinsburg
Perbesar
Gucci Tampilkan 68 Model Kembar Identik di Runway Milan Fashion Week (Foto: Instagram @gucci)

Para model kembar tampil menonjol di catwalk, termasuk berbalut rok bernuansa ungu berpadu sepatu bot setinggi lutut berwarna kuning dan hitam, serta kacamata berumbai. Ada pula sentuhan mainan Gremlin yang melekat pada tas tangan, kardigan kotak-kotak yang dipasangkan dengan celana kulit baggy, dan perhiasan wajah bersama blazer dan celana panjang.

Runway Gucci menghadirkan sejumlah selebritas untuk menyaksikan pertunjukan, termasuk Daisy Edgar-Jones, Julia Garner, Jodie Turner-Smith, Amandla Stenberg, dan Law Roach. Visi Michele untuk menampilkan anak kembar identik dengan pakaian serasi dari gagasan bahwa fashion terlihat berbeda menurut masing-masing individu, bahkan jika dua individu terlihat sama.

"Pakaian yang sama memancarkan kualitas yang berbeda pada tubuh yang tampaknya identik," kata Michele pada Harper's Bazaar.

Menurutnya, mode hidup dalam semangat yang tidak menghambat ekspresi paling asli dari setiap indivisu. "Justru ketidakmungkinan yang identik sempurna yang memelihara keajaiban si kembar," tambahnya.


Makna

Gucci Twinsburg
Perbesar
Alessandro Michele dari Gucci meminta 68 pasang kembar indentik untuk show Spring/Summer 2023 di Milan Fashion Week bertajuk Gucci Twinsburg (Foto: Instagram @gucci)

Michele menyambung, "Twinsburg memainkan permainan ini, menghasilkan ketegangan dalam hubungan antara asli dan salinan. Seolah-olah dengan sihir, pakaian digandakan. Mereka tampaknya kehilangan status singularitas mereka."

Dikutip dari The Guardian, melihat kembar identik dapat terasa seperti melihat keajaiban alam dunia. Anak kembar adalah "sentuhan sangat akrab, tapi sangat kuat."

Michele menyebut bahwa kembar mengingatkan pada "jaringan penghubung" dalam keluarga dan masyarakat. Dikatakannya, ia menggunakan runway sebagai panggung teater dan mode yang berbicara dengan kuat mengenai ide-ide lainnya.

"Saya tahu bahwa saya memiliki sisi lain dari diri saya. Saya bertemu dengannya (sisi lain darinya) ketika saya pergi ke terapis saya. Kita semua memiliki sisi lain dari diri kita, dan terkadang kita bertemu orang itu, dan berpegangan tangan," kata Michele.

Sebelum pertunjukan, para tamu bukan dikirimi undangan, tapi tes Rorschach untuk diselesaikan. Hal tersebut karena "pertunjukan ini adalah tentang apa yang Anda temukan ketika Anda menggali ke dalam diri Anda sendiri. Jadi, saya ingin mempersiapkan Anda semua untuk itu," tambah sang desainer.


Eksentrik

Gucci Twinsburg
Perbesar
Gucci Tampilkan 68 Model Kembar Identik di Runway Milan Fashion Week (Foto: Instagram @gucci)

Keeksentrikan tak terbatas Michele dinilai cocok untuk merek mewah terbesar Italia tersebut. Terbukti dengan dividen atau pendapatan perusahaan mencatat penjualan lebih dari 10 miliar dolar AS atau setara Rp151,2 triliun tahun lalu.

Sementara, Gucci mengunggah beberapa video dan gambar dari peragaan busana di akun Twitter resmi. Salah satu video menunjukkan model kembar berjalan menuruni jalan satu per satu sambil berpegangan tangan. Video tersebut juga menunjukkan model kembar yang mengenakan pakaian dan aksesori desainer yang sama.

"Setelah berjalan di dua landasan pacu terpisah yang dipisahkan oleh dinding potret, 68 anak kembar bergandengan tangan dengan saudara mereka atau lainnya untuk final Gucci Twinsburg," tulis Gucci saat membagikan video.

Video yang dibagikan di Twitter pada Sabtu, 24 September 2022 itu telah disaksikan lebih dari 8.200 kali. Pengguna Twitter begitu terkesan dengan koleksi terbaru dari Gucci tersebut.

"Ini luar biasa untuk dilihat," tulis seorang warganet, sementara yang lain berkata, "Tiada lainnya, selain Alessandro."

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion
Perbesar
Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya