Tingkatkan Kualitas Diri dan Karier dengan 4 Cara Jitu dalam Membangun Kebiasaan Ini!

Oleh Fachri pada 27 Sep 2022, 11:20 WIB
Diperbarui 27 Sep 2022, 11:21 WIB
Pekerja.
Perbesar
Ilustrasi wanita sedang bekerja. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hal yang paling sulit diubah adalah kebiasaan. Kebiasaan merupakan suatu cara yang lazim yang wajar dan diulang-ulang dalam melakukan sesuatu oleh sekelompok orang. Ketika orang itu melakukan kebiasaan, otomatis ia akan menciptakan sebuah perubahan, entah itu dalam skala yang kecil atau besar.

Akan tetapi, hal pertama yang harus diingat adalah bagaimana menentukan kebiasaan yang baik. Maksudnya, kita harus menentukan kebiasaan baik yang ingin dilakukan atau ditingkatkan, lalu buat rencana yang lebih detail dan jelas untuk memulai kebiasaan baru tersebut.

Seperti sudah disinggung di paragraf awal, kebiasaan akan menciptakan sebuah perubahan. Jika berbicara dalam kerangka skala, perubahan-perubahan kecil acapkali terkesan kurang bermakna karenta tidak langsung membawa perubahan nyata pada kehidupan seseorang. 

Bagi James Clear seorang penulis buku Atomic Habits, setiap perubahan kecil bagaikan menambahkan pasir ke sisi positif timbangan dan akan menghasilkan perubahan nyata yang berasal dari efek gabungan ratusan atau bahkan ribuan keputusan kecil. Atomic Habits adalah teori yang akan menolong untuk menjalankan kebiasaan kecil secara rutin dan konsisten yang dapat meningkatkan kualitas hidup di masa mendatang.

Dalam bukunya tersebut, terdapat empat cara jitu untuk membangun kebiasaan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam menciptakan perubahan kecil atau besar dalam hidup. Apa saja? Berikut caranya!

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Make It Obvious

Cara yang pertama dibuat secara jelas atau nampak. Maksudnya, setiap tindakan yang kita lakukan dipengaruhi oleh perangsang tertentu. Sebagai contoh, ketika kita ingin bisa dan jago dalam bermain piano, jika kita hanya menutup piano tersebut dengan kain dan diletakkan di pojokan yang sulit untuk dilihat, pasti kita tidak akan pernah coba untuk memainkannya.

Namun, ketika kita meletakkan piano di tempat yang mudah dilihat dan dijangkau, seperti di ruang tamu atau ruang keluarga, pasti akan lebih diingat dan lebih sering dicoba untuk memainkannya. Jadi, buatlah sesuatu itu lebih nampak atau jelas secara visual ya!

2. Make it Attractive

Cara yang kedua adalah dengan dibuat semenarik mungkin. Yang dimaksud di sini adalah sesuatu yang menarik akan bisa membuat kita mengadopsinya sebagai sebuah kebiasaan. Karena setiap kegiatan menyenangkan yang kita lakukan, otak akan melepaskan hormon dopamin, dengan hormon itu kita akan menjadi terasa senang.

Untuk membangun sebuah kebiasaan, hormon tersebut sangat berguna. Kita bisa membangun kebiasaan dengan melakukan Temptation Bundling yang menggabungkan tindakan yang kita suka dengan tindakan yang harus kita lakukan.


3. Make it Easy

Sesuai dengan namanya, cara yang ketiga adalah dibuat mudah ya! Kita pasti memiliki motivasi untuk melakukan sesuatu yang mudah bukan? Semakin banyak energi yang keluar dan membuat kita lelah, akan semakin malas kita melakukan aktivitas tersebut kan? Atomic Habits mengajak kita untuk membuat suatu pekerjaan jadi lebih mudah.

Sebagai contoh, ketika kita ingin bisa menulis sebuah cerita, ya dengan mudahnya saja kita menyiapkan pulpen atau pensil dan buku kosong. Setelah itu, tulislah apapun yang ada di pikiranmu, mau itu penting atau tidak, yang penting menulis. Tapi, yang harus ditekankan di sini adalah mindset ya!

4. Make it Satisfying

Cara yang terakhir adalah dengan membuat segala sesuatu lebih memuaskan lagi untuk bisa membangun kebiasaan dalam jangka panjang. Sebagai contoh, kita bisa alihkan kebiasaan belanja hal yang tak penting setelah gajian dan coba untuk alihkan uang ke kegiatan yang lebih bermanfaat, entah ikut kelas online dsb.

Dengan ikuti kelas online, kita akan mendapatkan skill yang dibutuhkan dalam pekerjaan. Dan berkat itu, pemasukan per bulan juga semakin bertambah. Dan di situ, akhirnya kita semakin asyik untuk menambah skill dengan mengikuti kelas online yang lainnya. Kebiasaan dari belanja kebutuhan yang tak penting berubah menjadi kebiasaan menambah skill.

Nah, itu dia empat cara jitu dalam buku Atomic Habits yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk memulai perubahan pada dirimu. Buat kalian yang belum membaca bukunya, langsung aja sambangi toko buku terdekat dari rumah anda, dan masukkan ke keranjang belanjaan ya!

 

(*)

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya