Rahasia Kecil Agar Rumah Tangga yang Romantis dan Harmonis

Oleh Gilar Ramdhani pada 06 Okt 2022, 20:18 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 20:18 WIB
Rahasia Kecil Agar Rumah Tangga yang Romantis dan Harmonis
Perbesar
Ilustrasi pasangan bahagia. (freepik/senivpetro)

Liputan6.com, Jakarta Menjalin hubungan yang harmonis dan penuh rasa sayang menjadi idaman bagi setiap pasangan. Untuk mendapatkan hal tersebut tentu dibutuhkan perjuangan dan usaha dari kedua belah pihak. Apalagi, bagi pasangan yang baru saja menikah, yang sebelumnya belum pernah tinggal bersama.

Berusaha untuk lebih mengenal satu sama lain, membuat diri terbiasa dengan rutinitas baru, dan menerima kekurangan yang dimiliki pasangan adalah hal utama bagi mereka yang baru saja menikah. 

Begitu juga dengan mereka yang sudah lama menjalin hubungan rumah tangga. Walaupun sudah banyak tahu kekurangan dari pasangan, tapi tetap perlu menjalani beberapa rutinitas agar hubungan semakin romantis. Penasaran apa saja? Berikut hal yang bisa membuat hubungan rumah tangga semakin romantis.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

1. Kecupan Hangat

Kecupan Hangat
Perbesar
Ilustrasi suami memberikan kecupan ke istri. (Shutterstock/oneinchpunch)

Di pagi hari saat kamu ingin berangkat bekerja, biasakan untuk datang ke pasangan dan mencium pipinya, sembari berpamitan. Walaupun terdengar sepele, tapi ini seperti menjadi pesan kalau kamu memang pasti akan kembali, karena menganggap pasangan ialah sebuah “rumah” bagi dirimu. 

Kebiasaan itu akan mengurangi rasa khawatir pasangan saat kamu tinggal pergi. Tidak perlu lama-lama, ciptakan momen 1 sampai 2 menit hanya untuk mencium pasangan dan ucapkan sampai jumpa dengan penuh arti.

2. Biasakan Membuat Ritual Kecil

Membuat tindakan kecil namun penuh makna seperti meninggalkan pesan di bawah piring sarapan, menulis tulisan penyemangat di cermin kamar mandi yang mengembun, dapat membangun rasa koneksi saat kalian berjauhan. 

Ritual kecil seperti itu tentu juga akan menaikan mood pasangan saat sedang berkegiatan, membuat dia rindu dan membangun rasa untuk terus ingin bersama. Selain itu, terbiasa melakukan ritual kecil membuat ikatan pasangan semakin positif. Mereka yang tidak pernah melakukan ritual kecil, pasti akan merasa hubungannya terasa lebih hambar.


3. Schedule a Date Night! 

Menyiapkan Dinner Romantis di Rumah
Perbesar
Ilustrasi Makan Malam Bersama Pasangan Credit: unsplash.com/Christian

Jadwalkan malam untuk berkencan. Ini sangat penting, terutama bagi pasangan yang sudah menjalani rumah tangga dalam waktu lama. Terkadang tanggung jawab mengurus anak membuat pasangan lupa agar tetap romantis dalam menjalin hubungan. 

Komunikasikan dengan pasangan kira-kira kapan kalian bisa kencan romantis berdua? Bebas dari tanggung jawab, dan terhubung satu sama lain. Gunakan waktu ini untuk membicarakan hal apa yang harus diperbaiki dalam hubungan agar dapat terus terjalin dengan harmonis. 


4. Pillow Talk jelang tidur

Pillow Talk jelang tidur
Perbesar
Ilustrasi pasangan suami istri berbincang-binang. (Shutterstock/Bangkok Click Studio)

Ketika sudah mulai masuk waktu tidur, dan akhirnya memiliki waktu berdua di ranjang merupakan momen yang tepat untuk dapat terhubung dengan pasangan secara emosional tidak hanya fisik. 

Selain berhubungan intim, biasakan juga untuk melakukan pillow talk atau berbincang dengan pasangan dalam keadaan santai. Bicarakan bagaimana hari-hari di tempat kerja, apakah ada hal yang sedang dikhawatirkan, atau bahkan membicarakan rencana masa depan. 

Jangan biasakan untuk langsung tidur tanpa berkomunikasi, justru hal ini malah membuat hubungan antara kamu dan pasangan menjadi renggang. Jadikan momen pillow talk untuk benar-benar saling mendengar satu sama lain, baru kalian bisa mengakhiri malam dengan pesan yang positif dan bernada hangat. 

Kurang lebih itulah beberapa rutinitas yang patut kamu jadikan kebiasaan demi mendapatkan hubungan rumah tangga yang lebih romantis. Sebenarnya masih banyak hal-hal yang dapat kamu lakukan dengan pasangan agar lebih romantis, seperti menonton film di rumah bersama, makan malam di pinggir jalan, dan menjalani hobi bersamaan. 

Tidak perlu yang terlalu mahal dan istimewa, hal sederhana juga tidak masalah tapi yang penting bagaimana kalian menjalaninya dengan rasa penuh cinta dan kasih sayang.

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya