Daftar Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia 2022 Versi Skytrax

Oleh Elly Purnama pada 26 Sep 2022, 08:02 WIB
Diperbarui 26 Sep 2022, 08:02 WIB
qatar
Perbesar
Qatar Airways (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Masa pandemi Covid-19 memaksa industri penerbangan berinovasi dan beradaptasi dengan cepat. Setelah memasuki masa tenang pada September 2022, para pemimpin industri berkumpul di Hotel Langham untuk Skytrax World Airline Awards 2022 -- pertama kali acara tersebut diadakan secara langsung sejak 2019, mengutip CNN, pada Minggu, 25 September 2022.

Skytrax, situs ulasan dan pemeringkatan maskapai dan bandara yang berbasis di Inggris, menggelar lebih dari 14 juta survei pelanggan di lebih dari 100 negara antara September 2021 hingga Agustus 2022 untuk mengetahui maskapai favorit dunia saat ini. Pemenang tahun ini tidak asing dengan podium di tahun-tahun sebelumnya.

Qatar Airways kembali meraih posisi pertama setelah memenangkan hadiah utama sebanyak tujuh kali sejak penghargaan tersebut diperkenalkan pada 1999. Maskapai penerbangan Qatar juga meraih delapan penghargaan lagi pada Jumat, 23 September 2022, termasuk Kelas Bisnis Terbaik, Kursi Kelas Bisnis Terbaik, dan Ruang Makan Kelas Bisnis Terbaik.

Hanya dua bulan yang lalu, maskapai mengambil slot nomor 1 terbaik di dunia dalam daftar maskapai terbaik di dunia versi AirlineRatings.com. Kepala eksekutif grup Qatar Airways, Akbar Al Baker, berterima kasih kepada karyawannya yang luar biasa atas dedikasi dan dorongan mereka yang berkelanjutan.

"Memenangkan penghargaan ini di tahun yang sama dengan saat kami merayakan ulang tahun ke-25 kami bahkan lebih berharga,” ungkapnya.

Tak lama setelah menerima penghargaan, dia mengatakan kepada CNN Travel rahasia kesuksesan maskapai yang berkelanjutan. "Layanan yang konsisten, produk yang konsisten, perhatian yang konsisten kepada penumpang, dan dedikasi mutlak dari semua orang yang bekerja di maskapai ini," katanya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Penghargaan Pertama bagi Ryanair

Ilustrasi tempat duduk dalam pesawat (pixabay)
Perbesar
Ilustrasi tempat duduk dalam pesawat (pixabay)

Maskapai penerbangan Uni Emirat Arab (UEA), Emirates, berada di tempat ketiga. Maskapai yang berbasis di Dubai itu juga dianugerahi Hiburan Dalam Penerbangan Terbaik, Kelas Ekonomi Terbaik, Katering Kelas Ekonomi Terbaik, dan Kursi Kelas Ekonomi Premium Terbaik.

ANA (All Nippon Airways) Jepang berada di urutan ke-4 dan juga dinobatkan sebagai Maskapai Terbersih di Dunia: tidak ada prestasi yang berarti ketika dua tahun Covid-19 berarti pelanggan sangat memperhatikan standar higienis dan kebersihan. Maskapai juga memenangkan empat penghargaan lagi, termasuk Layanan Bandara Terbaik.

Maskapai penerbangan Australia, Qantas berada di urutan kelima dalam survei lebih dari 350 maskapai penerbangan, yang dilakukan dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Rusia, Jepang, dan Cina.

Delta Air Lines adalah maskapai penerbangan terkemuka di AS, memenangkan enam kategori penghargaan khusus kawasan, sementara Turkish Airlines adalah maskapai penerbangan teratas di Eropa, membawa pulang empat penghargaan termasuk gelar Maskapai Terbaik di Eropa yang sangat kompetitif.

Dalam salah satu perombakan terbesar hari itu, maskapai penerbangan Irlandia, Ryanair memenangkan penghargaan untuk pertama kalinya, mengklaim mahkota sebagai Maskapai Berbiaya Hemat Terbaik di Eropa. Keberhasilan ini muncul sebagai salah satu maskapai penerbangan yang lebih dapat diandalkan di kawasan itu, membatalkan penerbangan relatif sedikit dan bahkan menawarkan penerbangan "penyelamatan" pada Juli dan Agustus untuk membantu orang terdampar karena pembatalan oleh pesaing mereka.

Albertine Murasira, pramugari RwandAir, yang memenangkan layanan staf maskapai penerbangan terbaik di Afrika, mengatakan penghargaan itu akan mendorong maskapai untuk lebih meningkatkan standar. "Karena ini adalah penghargaan untuk karyawan terbaik, ini adalah kemenangan yang sangat besar bagi kami," katanya kepada CNN. "Ini akan mendorong kami untuk terus menjaga penumpang kami," tambahnya.


20 Maskapai Penerbangan Teratas Tahun 2022

Bandara
Perbesar
Ilustrasi Bandara (sumber: unsplash)

Edward Plaisted, CEO Skytrax, mengatakan bahwa meskipun penghargaan tersebut merayakan yang terbaik dari penerbangan, industri masih mengatasi tekanan Covid, kekurangan staf, dan lonjakan harga bahan bakar yang disebabkan oleh konflik di Ukraina.

"Secara keseluruhan, ini bukan saat yang paling membahagiakan dalam banyak hal," katanya kepada hadirin upacara.

Maskapai penerbangan tidak membayar biaya masuk atau pendaftaran apa pun agar memenuhi syarat untuk penghargaan dan semua biaya survei dan acara penghargaan dibayar oleh Skytrax. Berikut daftar 20 maskapai penerbangan teratas dunia 2022 menurut Skytrax. 

1. Qatar Airways

2. Singapore Airlines

3. Emirates

4. ANA (All Nippon Airways)

5. Qantas Airways

6. Japan Airlines

7. Turkish Airlines

8. Air France

9. Korean Air

10. Swiss International Air Lines

11. British Airways

12. Etihad Airways

13. China Southern Airlines

14. Hainan Airlines

15. Lufthansa

16. Cathay Pacific

17. KLM

18. EVA Udara

19. Perawan Atlantik

20. Vistara


Daftar Pemenang Penghargaan Lainnya

Ilustrasi kabin pesawat
Perbesar
Ilustrasi kabin pesawat (Pixabay)

Staf Kabin Terbaik Dunia

Singapore Airlines

Kebersihan Kabin Maskapai Terbaik Dunia

ANA All Nippon Airways

Lounge Bandara Independen Terbaik Dunia

Plaza Premium

Lounge Kelas Bisnis Terbaik Dunia

Virgin Atlantic

Maskapai Penerbangan Rekreasi Terbaik Dunia

SunExpress

Maskapai Berbiaya Hemat Terbaik Dunia/Maskapai Berbiaya Hemat Terbaik di Asia

AirAsia

Maskapai Berbiaya Hemat Terbaik di Eropa

Ryanair

Maskapai Berbiaya Hemat Terbaik di Amerika Utara

Southwest Airlines

Maskapai Berbiaya Hemat Terbaik di Afrika

FlySafair

Maskapai Penerbangan Berbiaya Rendah Jarak Jauh Terbaik Dunia

Scoot

Maskapai Terbaik di Kelas Dunia

Maskapai Kelas Satu Terbaik Dunia: Singapore Airlines

Maskapai Kelas Bisnis Terbaik Dunia: Qatar Airways

Maskapai Kelas Ekonomi Premium Terbaik Dunia: Virgin Atlantic

Maskapai Kelas Ekonomi Terbaik Dunia: Emirates

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya