Istana Buckingham Rilis Foto Perdana Makam Ratu Elizabeth II, Ada Nama Pangeran Philip

Oleh Henry pada 25 Sep 2022, 19:03 WIB
Diperbarui 28 Sep 2022, 21:41 WIB
Haru Selimuti Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II di Kastil Windsor
Perbesar
Raja Charles III menempatkan Queen's Company Camp Color of the Grenadier Guards di peti mati jenazah Ratu Elizabeth II, selama layanan komitmen di Kapel St. George, di Windsor, Inggris, Senin 19 September 2022. (Victoria Jones /Pool Photo via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Ratu Elizabeth II baru saja dimakamkan pada Senin, 19 Septenber kemarin. Beberapa hari setelah dikebumikan, pihak Istana Buckingham mempublikasi sebuah foto makam Ratu Rlizabeth II di kapel Kerajaan, Windsdor untuk pertama kalinya pada Sabtu 24 September 2022.

Di batu nisan Ratu, tertulis nama Ratu Elizabeth II berikut nama orangtuanya dan nama suaminya, Pangeran Philip.  Melansir Page Six, 24 September 2022, batu nisan itu terbuat dari marmer hitam Beligia.

Kuburan Ratu Elizabeth berlokasi di King George VI Memorial Chapel, dimana ayah sang ratu yaitu Raja George VI, dikebumikan. Tempat itu disahkan sendiri oleh Ratu Elizabeth II pada 1962 sebagai tempat pemakaman ayahnya.

Ratu Elizabeth II dikuburkan lewat sebuah acara pemakaman kenegaraan. Puluhan kepala negara menghadiri acara pemakamannya. Tulisan di batu nisan atau makam Ratu Elizabeth II dibuat dari kuningan.

Tulisannya di atasnya berbunyi ‘George VI 1895-1952/Elizabeth 1900-2002, lalu diikuti tulisan Elizabeth II 1926 – 2022/Philip 1921-2021’ Adik Ratu Elizabeth II, Putri Margaret, juga dimakamkan di kapel yang sama, yang persisnya berada di Kastil Windsdor, wilayah barat London.

Kapel King George VI Memorial Chapel, merupakan tempat yang bersejarah bagi keluarga Kerajaan Inggris.  Kapel itu kerap digunakan untuk kepentingan peribadahan seperti pernikahan hingga pembaptisan keluarga kerajaan Inggris.

Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle melangsungkan pernikahnya di Kapel St George. Selain Ratu Elizabeth II dan Putri Margaret, beberapa anggota keluarga kerajaan yang dimakamkan di sana, yaitu Raja Edward IV berserta anaknya Mary of York, Raja Henry VI, Raja George VI dan Putri Margaret.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tak Boleh Dikunjungi Publik

Istana Buckingham Rilis Foto Perdana Makam Ratu Elizabeth II, Ada Nama Pangeran Philip
Perbesar
Istana Buckingham Rilis Foto Perdana Makam Ratu Elizabeth II, Ada Nama Pangeran Philip.  foto; Twitter @RoyalFamily

Di sana juga bersemayam suami ratu, Pangeran Philip. Keduanya akan dikebumikan bersama di The Royal Vault di Kapel Memorial George VI yang berada di sisi utara kapel.

The Royal Vault merupakan tempat pemakaman di ruang bawah tanah Kapel St. George yang tak boleh dikunjungi publik.  Dikutip dari kanal Global Liputan6.com yang melansir dari firstpost, Selasa (20/9/2022), Royal Vault, yang sudah ada sejak abad ke-15, adalah ruang pemakaman yang terletak 16 kaki (4 m) di bawah Kapel St. George.

Penggalian dan pembangunan The Royal Vault diperintahkan pada tahun 1804 oleh Raja George III; konstruksinya selesai pada 1810.  The Royal Vault ini dirancang sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi anggota keluarga kerajaan.

Royal Vault adalah ruang berlapis batu, panjang 70 kaki (21 m) dan lebar 28 kaki (8 m); pintu masuknya ditutup oleh gerbang besi.  Ada cukup ruang di dalam The Royal Vault untuk menampung 44 jenazah. Sebanyak 32 peti mati disusun di rak-rak yang dibangun di dinding batu, sementara 12 sisanya berada di tengah-tengah The Royal Vault.


25 Anggota Keluarga Kerajaan

Haru Selimuti Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II di Kastil Windsor
Perbesar
Peti jenazah Ratu Elizabeth II dengan Mahkota Negara Kekaisaran yang diletakkan di atasnya menuju Kapel St. George untuk upacara pemakaman di Windsor, Inggris, Senin (19/9/2022). Ratu Elizabeth II akan dimakamkan bersama mendiang suaminya, Pangeran Philip, yang meninggal tahun lalu. (Jeff J Mitchell/Pool Photo via AP)

Selama saat-saat terakhir pemakaman, lantai batu berbentuk berlian berwarna hitam dan putih dilepas, sehingga memberikan akses ke ruangan ini. Peti mati kemudian diturunkan melalui lubang ini ke dalam lemari besi dengan lift listrik.

Setelah lift mencapai bagian bawah poros, peti mati dipindahkan menuruni koridor dan masuk ke dalam lemari besi. Peti mati itu ditempatkan di salah satu rak atau alas di dalamnya, menurut sebuah laporan di Daily Mail.

Sampai saat ini, ada 25 anggota keluarga kerajaan yang beristirahat di ruangan itu.  George III adalah raja Inggris pertama yang dimakamkan di Royal Vault usai prosesi pemakamannya pada bulan Februari 1820. Namun, anggota keluarga pertama yang ditempatkan di dalam adalah putri George III, Putri Amelia, yang meninggal pada usia 27 tahun pada bulan November 1810.

Dua Raja Inggris lainnya, George IV dan William IV, ditempatkan di lemari besi setelah mereka meninggal masing-masing pada 1830 dan 1837.  Ayah Ratu Elizabeth II, Raja George, dan ibunya diletakkan untuk beristirahat di dalam ruang besi tersebut.

Abu dari saudara perempuannya, Putri Margaret, juga ditempatkan di sana. Suami raja, Pangeran Philip, yang meninggal pada April 2021 adalah bangsawan terakhir yang dimakamkan di lemari besi.


Tak Ada Makam Putri Diana

Penampilan Perdana Pangeran William - Kate Middleton dan Pangeran Harry - Meghan Markle Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth II
Perbesar
(kiri ke kanan) Kate Middleton dan Pangeran William bersama Pangeran Harry dan Meghan Markle berjalan berjalan melihat bunga untuk mendiang Ratu Elizabeth II di luar Kastil Windsor, Windsor, Inggris, 10 September 2022. Ini merupakan kemunculan perdana mereka di depan umum sejak Maret 2020. (AP Photo/Martin Meissner)

Namun ibu dari Pangeran Harry dan Pangeran William, Putri Diana, tidak termasuk di dalamnya.  Putri Diana diberi pemakaman kerajaan tetapi karena dia bukan seorang putri saat lahir dan bercerai dari Charles pada saat kematiannya pada 1997, tubuhnya tidak ditempatkan di dalam lemari besi.

Dia dimakamkan di Althorp House, rumah keluarga Spencer (keluarga Putri Diana) di Northamptonshire.  Pemakaman kenegaraan di Westminster Abbey dan upacara penguburan di Kastil Windsor keduanya disiarkan televisi.

Hanya upacara pemakaman di Kapel St George yang sepenuhnya privat dan tidak ada kamera yang diizinkan.  Untuk kali pertama dalam sejarah, penurunan peti mati Ratu ke dalam Royal Vault disiarkan di televisi. Momen itu akan menjadi "pedih dan "bersejarah", kata seorang ahli kerajaan kepada Daily Star sebelum pemakaman.

Meskipun tidak ada pengunjung yang diizinkan masuk ke dalam The Royal Vault, orang-orang dapat menghadiri kebaktian secara gratis di Kapel St. George pada hari biasa. Tempat ini juga terbuka bagi mereka yang telah membeli tiket ke Kastil Windsor

Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya