Sukses

Skin Tips Check! 3 Perawatan Kulit Glowing saat Pergantian Musim

Perawatan kulit saat pergantian musim bisa dimulai dengan membersihkan muka menggunakan cleanser.

Liputan6.com, Jakarta Dikenal sebagai negara dengan iklim tropis yang berada di garis khatulistiwa, Indonesia sering mengalami pergantian musim. Ada dua musim yang dialami Indonesia, yaitu kemarau dan penghujan, serta pancaroba yang menjadi transisi di antara keduanya. 

Pada pergantian musim, kondisi cuaca yang tak menentu suka membuat kesehatan fisik menurun, begitu juga dengan kesehatan kulit. Pasalnya, cuaca memiliki pengaruh yang cukup besar pada kondisi kulit.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan 3 langkah perawatan kulit ini yang dilansir dari Times Of India. 

1. Skincare-an itu Penting, Lho!

Perawatan kulit saat pergantian musim bisa dimulai dengan membersihkan muka menggunakan cleanser. Penggunaan cleanser yang optimal dapat mengangkat segala kotoran, polusi, dan sel-sel mati yang menumpuk di permukaan kulit. Carilah sabun cuci muka yang  mengandung bahan aktif, seperti hyaluronic acid, agar bisa mengunci kelembaban kulit.

Selanjutnya, menggunakan tiga jenis antioksidan dalam bentuk vitamin, yaitu vitamin C yang menjaga metabolisme kolagen di lapisan kulit, vitamin A (digunakan malam hari) dengan tujuan untuk mengatasi kerusakan akibat paparan sinar UV, dan terakhir niacinamide yang berfungsi untuk meningkatkan skin barrier dan mendehidrasi kulit. 

Tak ada kulit glowing yang bisa dicapai tanpa proses eksfoliasi. Melakukan perawatan kulit dengan eksfoliasi merupakan proses peluruhan sel kulit mati, tumpukan kotoran, hingga minyak yang terperangkap dalam pori-pori. Eksfoliasi juga dapat mengurangi tumpukan residu makeup dan produk perawatan kulit yang kamu gunakan setiap harinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Say YES to Minum Air Putih

Dengan minum air mineral 8 gelas sehari, tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, melainkan juga membantu melembabkan kulit agar terlihat sehat dan cerah. Jika tubuh mengalami kekurangan cairan akibat kurang minum, maka tubuh akan mengalami dehidrasi, merasa haus bahkan lemas, mulut kering, hingga kerusakan kulit.

Dengan itu, penting sekali untuk kamu mengkonsumsi air sebanyak dua liter dan melakukan olahraga. Usahakan juga, membawa botol minuman kemana pun pergi agar terhindarnya kulit tampak kusam atau kering dan kehilangan elastisitasnya.

3 dari 3 halaman

3. Maskeran yuk! Pakai Bahan Alami 

Berikut beberapa tips masker bahan alami yang bisa dicoba di rumah dilansir dari Boldsky.

Jeruk Nipis

Bahan alami ini bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Buat racikan dari 1 sendok makan jeruk nipis, madu dan 1 butir putih telur. Setelah tercampur rata, aplikasikan pada wajah dan leher selama 20 menit. Jeruk nipis dan madu memiliki agen pengelupasan kulit yang membantu kulit lebih cerah bersinar.

Kunyit

Campurkan 1 sendok makan bubuk kunyit dengan 6-7 lembar daun mint. Tambahkan air hangat untuk membentuk keduanya menjadi pasta. Gunakan sebagai masker wajah selama 15 menit, lalu bilas dengan air biasa. Dua bahan itu memiliki khasiat yang mencegah kemunculan jerawat. Sekaligus membuat kulit halus dan cerah.

Nah, itulah 3 cara perawatan kulit glowing saat pergantian musim. Selamat Mencoba! 

Outer beauty is a gift. Inner beauty is an accomplishment. - Randi G. Fine

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.