Sukses

4 Tips Mencegah Munculnya Jerawat di Wajah Pria, Dijamin Mulus!

Mengatasi jerawat memang nggak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi jangan khawatir, si bintik merah atau hitam ini bisa diatasi.

Liputan6.com, Jakarta Masalah kulit wajarh seperti jerawat sering dialami oleh perempuan dan laki-laki. Penyebabnya mulai dari kebersihan, genetik, hormonal, hingga bakteri. Berbeda dengan perempuan yang kemunculan jerawat dipengaruhi oleh siklus menstruasi, pada laki-laki jerawat disebabkan karena lebih banyak melakukan kegiatan fisik dan suka berada di luar ruangan. 

Well, mengatasi jerawat memang nggak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi jangan khawatir, si bintik merah atau hitam ini bisa diatasi. Intip 4 tips buat para pria untuk mencegah jerawat.

1. Rajin Ganti Sprei & Sarung Bantal

Tahu gak? Kalau sarung bantal dan sprei jadi salah satu biang kerok permasalahan jerawat. Menjadi sarang berkumpulnya kulit mati, bakteri, cairan tubuh, jamur, dan serangga. Kondisi seperti ini sangat tidak bagus lho bagi kulit maupun kesehatan tubuh. 

Walaupun kamu selalu melakukan perawatan dan menghabiskan berbotol-botol produk skincare namun wajah masih dihantui jerawat membandel, mungkin sarung bantal dan sprei jadi salah satu penyebabnya. Menurut cleaning expert dari Australia, Shannon Lush, sarung bantal dan sprei sebaiknya diganti setiap dua hari sekali. Terdengar berlebihan bukan? Tidak terlalu, kalau kamu nggak mau merasakan dampaknya.

2. Pandai Pilah-Pilih Makanan

Jerawat yang sering muncul biasanya dipicu oleh faktor eksternal, namun, faktor internal seperti makanan juga berpengaruh, lho! Sebagai panduan, dua jenis makanan yang perlu kamu hindari adalah makanan yang berminyak atau yang terlalu pedas karena bisa memicu produksi minyak berlebih di wajah.

Hindarilah juga kacang-kacangan, dairy products (susu, telur, keju, dan lain-lain) secara berlebihan jika kamu nggak mau kulit wajahmu disinggahi oleh jerawat-jerawat nakal. Untuk mengatasinya, aturlah pola makan sehari tiga kali dengan asupan gizi yang seimbang. Selain itu, cobalah untuk mungkin menghindari makanan cepat saji! So, mencegah jerawat bisa dimulai dari apa yang kamu konsumsi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Rajin Minum Air Putih

Pakar kesehatan menganjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya dua liter atau delapan gelas air putih setiap harinya. Air putih yang baik memiliki ciri tidak berasa, tidak berwarna, dan juga tidak berbau. Nggak hanya menghindarkan kamu dari dehidrasi tetapi juga membuat kulit wajah lebih lembab dan sehat. 

Kekurangan cairan akan berdampak pada permasalahan kulit, seperti jerawat, kusam dan menjadi lebih kering. Penting sekali buat kamu untuk memperhatikan pola air minum yang akan membantumu tetap segar, bugar dan sehat sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit!

4. Rajin Cuci Muka 2x Sehari

Terkadang banyak pria melewatkan step ini karena terlalu malas dan ribet. Padahal membersihkan kulit wajah dua kali dalam sehari merupakan cara yang sangat sederhana lho! Hal tersebut dapat dilakukan saat setelah bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit.

Jika tipe kulit berminyak cenderung berjerawat, pakailah sabun pembersih wajah yang mengandung bahan Salicylic Acid. Dan jika tipe kulitnya kering, pakailah sabun pembersih wajah yang mampu menyeimbangkan kadar pH kulit wajahmu serta rajin memakai pelembab. Ohiya, jangan lupa untuk selalu pakai sunblock wajah di siang hari agar tidak terkena paparan UVA dan UVB.

Menjaga kebersihan wajah itu nggak semahal yang kamu pikirkan lho! Asalkan tetap konsisten dan sabar dalam menjalaninya.

Healthy skin is a reflection of overall wellness

 

Penuli: Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini