Kesempatan Langka, KAI Gelar Tur ke 3 Bengkel Besar Kereta Api untuk Umum

Oleh Henry pada 23 Sep 2022, 08:02 WIB
Diperbarui 23 Sep 2022, 08:02 WIB
Kereta Api
Perbesar
PT KAI mulai merakit 11 lokomotif baru di Balai Yasa, Yogyakarta. (Liputan6.com/Fathi Mahmud)

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI (Persero) menggelar program khusus untuk menyambut hari jadinya yang ke-77. Mereka mengajak traveler untuk mengenal lebih dekat Balai Yasa (BY) atau fasilitas perawatan besar sarana perkeretaapian.

Melalui kegiatan Open House Balai Yasa Kereta Api, Anda diajak melihat langsung tiga Balai Yasa milik KAI yang ada di Manggarai (Jakarta), Surabaya, dan Yogyakarta.  Menurut Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, dengan kegiatan tersebut masyarakat bisa melihat langsung seluk-beluk Balai Yasa Kereta Api yang selama ini tidak dapat diakses secara umum.

"Open House Balai Yasa ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-77 PT KAI yang diperingati pada 28 September dengan tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik. Kali ini KAI merayakan ulang tahunnya bersama-sama masyarakat melalui kegiatan Open House Balai Yasa," terang Didiek, dikutip dari laman resmi PT KAI, Kamis, 22 September 2022.

Open House ini juga ingin mewadahi interaksi langsung antara masyarakat dan Balai Yasa Kereta Api. KAI ingin mengenalkan kepada masyarakat bahwa layanan mereka tidak hanya berada di lingkungan stasiun, tapi juga memiliki bengkel kereta api yang modern.

Selain memastikan keselamatan dan kenyamanan pelanggan, Balai Yasa bertugas untuk merawat sarana perkeretaapian secara menyeluruh, seperti lokomotif, kereta penumpang, gerbong barang, dan fasilitas-fasilitas sarana lainnya. Perawatan sarana perkeretaapian tersebut dilakukan sesuai dengan periodenya masing-masing, seperti periode dua tahunan dan empat tahunan dengan tingkat kesulitan kompleks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Terbuka untuk Umum

20160623- Demi Kenyamanan Pemudik, PT KAI Lakukan Peremajaan-Jakarta- Immanuel Antonius
Perbesar
Pekerja merangkai komponen kereta di Balai Yasa, Manggarai, Jakarta, Senin (20/6). Jelang arus mudik lebaran, PT KAI terus berupaya menjaga kenyamanan dan keamanan bagi para penumpang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sedangkan, perawatan rutin seperti harian, enam bulanan, dan satu tahunan dengan tingkat kerusakan sarana ringan dilakukan di Depo. Open House ini akan dilaksanakan di tiga Balai Yasa selama tiga hari sejak dibuka.

Waktu pembukaan di masing-masing Balai Yasa dilakukan pada Jumat (23/9/2022) untuk Balai Yasa Yogyakarta, kemudian Minggu, 25 September 2022, di Balai Yasa Surabaya Gubeng, dan Senin, 26 September 2022, di Balai Yasa Manggarai, Jakarta. Open House tersebut terbuka untuk umum dan dapat dihadiri oleh seluruh masyarakat yang ingin melihat lebih dekat Balai Yasa Kereta Api.

Dalam kegiatan ini, pengunjung dapat melihat dan memahami proses perawatan sarana, melihat kereta, gerbong, dan lokomotif yang sudah diperbaiki. Selain itu, Anda bisa melihat berbagai fasilitas perawatan Balai Yasa, produk-produk unggulan dan inovasinya, serta sejarah masing-masing Balai Yasa. Pengunjung juga bisa mengikuti tur mini di lingkungan Balai Yasa, pameran produk UMKM, serta games dan hiburan menarik.


1.000 Orang Per Hari

Proses perbaikan gerbong kereta oleh KAI Balai Yasa Surabay Gubeng. (Dian Kurniawan/Liputan6.com).
Perbesar
Proses perbaikan gerbong kereta oleh KAI Balai Yasa Surabay Gubeng. (Dian Kurniawan/Liputan6.com).

Untuk menjaga ketertiban selama kegiatan Open House Balai Yasa berlangsung, traveler yang ingin mengikuti kegiatan ini harus melakukan registrasi online terlebih dahulu. Kapasitas pengunjung di Balai Yasa Yogyakarta dibatasi 1.000 orang per hari.

Balai Yasa Surabaya Gubeng menerima 200 orang per hari, dan Balai Yasa Manggarai 300 orang per hari. Untuk info registrasi, waktu, dan lokasi kegiatan selengkapnya dapat dilihat di sosial media Instagram @keretaapikita.

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan Open House Balai Yasa ini agar lebih mengenal dan memahami proses perawatan sarana kereta api. Dengan begitu, masyarakat akan semakin mencintai dan terus menggunakan kereta api sebagai transportasi pilihan saat bepergian," ujar Didiek.

Sebelumnya, mereka menggelar acara KAI Expo 2022 pada 17--18 September 2022 di Hall B Jakarta Convention Center atau JCC terkait perayaan HUT ke-77 KAI. Pameran yang digelar oleh PT PT Kereta Api Indonesia (KAI) tersebut tahun ini mengusung tema "Adaptive in Collaboration".


KAI Expo 2022

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyelenggarakan KAI Expo 2022 yang diadakan di Hall B Jakarta Convention Center, pada hari Sabtu 17 hingga 19 September 2022
Perbesar
PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyelenggarakan KAI Expo 2022 yang diadakan di Hall B Jakarta Convention Center, pada hari Sabtu 17 hingga 19 September 2022 (dok: Ayu)

Tak hanya menghadirkan ragam produk perusahaan kereta api dan industri pendukung, acara ini juga menawarkan 77 ribu tiket promo. Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa menyampaikan setelah dua tahun absen, kini KAI kembali menggelar KAI Expo. Masyarakat nantinya dapat hadir yang melihat ragam inovasi di dunia perkeretaapian dan industri pendukungnya, serta mendapat tiket promo.

"KAI Expo 2022 ini kami hadirkan agar masyarakat bisa mendapatkan berbagai informasi dan promo yang menarik. Kegiatan juga akan kami lakukan dengan protokol kesehatan yang ketat agar kesehatan pengunjung dapat terus terjaga," kata Hadis.

Pada 11 September 2022 dilaksanakan Parade KAI Expo 2022 dengan rute dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menuju Bundaran HI dan diakhiri di Sarinah yang akan diikuti oleh tim Marching Band KAI dan komunitas pecinta kereta api. Acara ini dilakukan guna menyambut ajang KAI Expo 2022.

"Kami mengajak masyarakat untuk dapat mengunjungi dan meramaikan KAI Expo 2022. Event ini merupakan salah satu langkah KAI dalam rangka memberikan peningkatan pelayanan kepada pelanggan melalui promosi berbagai produk dan promosi tiket Kereta Api," tutup Hadis.

Infografis Jalur Kereta Api Indonesia
Perbesar
Begini jalur kereta api di seluruh Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya