Debut Perdana Brad Pitt Sebagai Pematung di Finlandia

Oleh Dyah Ayu Pamela pada 22 Sep 2022, 18:06 WIB
Diperbarui 22 Sep 2022, 18:06 WIB
Karya Brad Pitt di Sara Hilden Museum
Perbesar
Karya Brad Pitt di Sara Hilden Museum. (Dok: Instagram Sara Hilden https://www.instagram.com/p/CinEOMeKq9A/?igshid=YmMyMTA2M2Y= Liputan6.com dyah pamela)

Liputan6.com, Jakarta - Brad Pitt memulai debutnya sebagai pematung dalam sebuah pameran seni di Finlandia. Bersama karya musisi Australia, Nick Cave, patung dan keramik yang dibuat oleh bintang Hollywood itu ditampilkan di Museum Seni Sara Hilden.

Museum yang terletak di Kota Tampere, Finlandia selatan itu pada awalnya hanya memamerkan berbagai macam karya seniman Inggris, Thomas Houseago yang terkenal dengan pahatannya. Belakangan, museum mengumumkan akan memasukkan karya-karya Brad Pitt.

Ada sembilan karya yang dibuat Pitt. Salah satunya menampilkan struktur berbentuk rumah berbahan silikon bening yang dicetakdan ditembak dengan peluru dan panel plester untuk menggambarkan adegan penembakan.

"Cave dan Pitt sudah terkenal di bidang musik dan sinema masing-masing, tetapi ini adalah pertama kalinya mereka memamerkan karya seni mereka – karya yang dibuat selama dialog berkelanjutan dengan Houseago," kata pihak museum Finlandia, dikutip dari Channel News Asia, Kamis (22/9/2022).

Pitt dan Cave melakukan perjalanan ke Tampere, sebuah kota universitas yang terkenal dengan budaya dan musiknya yang semarak, untuk acara pra-pembukaan pada Sabtu, 17 September 2022. Media Finlandia melaporkan bahwa kedua pria itu mengaku bersemangat sekaligus gugup saat menampilkan karya seni mereka di depan umum untuk pertama kalinya. 

Pitt dilaporkan mulai menggeluti seni keramik setelah bercerai dari Angelina Jolie pada 2017. "Bagi saya ini semua tentang refleksi diri," kata Pitt kepada media Finlandia YLE.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Terinspirasi Masalah Pribadi

Senyum dan Penampilan Brad Pitt di Pemutaran Perdana Film Bullet Train
Perbesar
Brad Pitt saat menghadiri pemutaran perdana film Bullet Train di Regency Village Theatre, Los Angeles, California, Amerika Serikat, 1 Agustus 2022. Brad Pitt mengenakan setelan hijau mint dipasangkan dengan kemeja teal. (Jon Kopaloff/Getty Images/AFP)

Dengan pernikahannya yang selalu disorot, Brad Pitt mengungkapkan masa-masa berat ketika ia dan Angelina Jolie menemui banyak masalah hingga berujung perpisahan. Situasi sulit itu menginspirasinya membuat karya seni. "Ini tentang, Anda tahu, di mana saya bersalah dalam hubungan saya? Di mana saya tertinggal?" tambah Pitt.

"Itu lahir dari apa yang benar-benar saya sebut inventaris diri radikal, menjadi sangat jujur ​​​​dengan saya dan ... memperhitungkan orang-orang yang mungkin saya sakiti dan saat-saat saya baru saja melakukan kesalahan," aktor pemenang Oscar Amerika dan produser film memberi tahu YLE.

Sementara, Nick Cave menampilkan serangkaian patung keramik yang menggambarkan kehidupan iblis. Dia merancang, melukis, dan melapisi 17 angka antara 2020 hingga saat ini. Semua karyanya diglasir dengan warna merah. 

"Saya memutuskan untuk membuat kisah hidup iblis. Bagi saya pribadi, itu berbicara tentang gagasan pengampunan atau kebutuhan untuk diampuni. Ini pekerjaan yang sangat pribadi bagi saya," ia menambahkan. Pameran itu dibuka pada 18 September dan berlangsung hingga 15 Januari 2023.


Konflik Usai Perceraian

Brad Pitt, Angelina Jolie
Perbesar
Brad Pitt ternyata sempat meramalkan kehidupan Angelina Jolie di masa mendatang setelah berpisah dengan dirinya (AP Photo)

Hubungan antara Brad Pitt dan Angelina Jolie masih tegang sejak mereka berpisah pada 2016. Selain perwalian anak, mereka juga berselisih mengenai harta. Dilansir dari E! News, Kamis 8 September 2022, dalam dokumen kejaksaan yang didapat media ini, perusahaan yang didirikan Angelina Jolie, Nouvel, menggugat sang aktor Bullet Train dengan nilai 250 juta dolar Amerika atau setara Rp3,7 triliun.

Angelina menuding Brad Pitt berusaha menguasai Chateau Miraval, aset seluas 1.300 acre atau sekitar 520 hektar yang mereka beli bersama pada 2008. "Sebagai pembalasan atas proses perceraian dan hak asuh anak, selama bertahun-tahun Pitt memulai upaya untuk merebut kendali Chateau Miraval dan merampas aset perusahaan demi keuntungan dirinya, perusahaan, serta teman-temannya sendiri," demikian isi dokumen yang didaftarkan ke pengadilan pada 6 September 2022.

Ditambahkan, "Brad Pitt menunjuk dirinya sebagai pemilik sah dari Chateau Miraval, tujuan gandanya adalah untuk merampas nilai perusahaan Jolie, Nouvel, dan untuk mendapatkan kepemilikan tunggal dari Chateau Miraval."

Brad Pitt juga dituduh membuang-buang aset Chateu Miraval dengan melakukan hal yang mubazir. Salah satu yang disebut adalah renovasi kolam renang senilai 1 juta dolar Amerika, atau hampir Rp15 miliar.


Konflik Lainnya

Penampilan Brad Pitt di Sesi Pemotretan Film Bullet Train
Perbesar
Aktor Hollywood Brad Pitt berpose saat sesi pemotretan untuk film 'Bullet Train' di Paris, Prancis, Sabtu (16/7/2022). Brad Pitt tampak keren dengan kacamata hitam berbingkai oranye dan aksesori kalung rantai emas. (AP Photo/Christophe Ena)

Aktor Brad Pitt dikatakan mempertahankan sikap positifnya meskipun laporan FBI tentang perkelahiannya dengan sang mantan istri Angelina Jolie pada 2016 di atas jet pribadi mereka di depan enam anak mereka akhirnya bocor. Dari laporan People edisi minggu ini, seorang sumber Pitt mengatakan aktor berusia 58 tahun itu berharap untuk segera mencapai tempat yang lebih baik dengan anak-anaknya di tengah sengketa hak asuh yang terus berlangsung dengan Jolie.

Mantan pasangan yang dinyatakan lajang secara hukum pada 2019 ini berbagi pengasuhan anak-anak mereka, yaitu Maddox (21), Pax (18), Zahara (17), Shiloh (16), dan si kembar Vivienne dan Knox yang berusia 14 tahun. "Ini adalah situasi yang menyedihkan selama bertahun-tahun," kata sumber itu. 

Sejak Angelina mengajukan gugatan cerai, Brad berusaha untuk memperbaiki hubungannya dengan anak-anaknya. Ia mengaku merindukan mereka karena tinggal terpisah. "Dia masih memiliki banyak hal baik yang terjadi dalam hidupnya. Dia memiliki sikap positif. Dia percaya akan ada saatnya dia memiliki hubungan yang baik dengan anak-anaknya lagi," kata sumber tersebut.

Infografis 3 Area Wajah Sering Disentuh Tangan Rentan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 3 Area Wajah Sering Disentuh Tangan Rentan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya