Tyo Nugros Ungkap Pola Makan yang Membuatnya Awet Muda di Usia 51 Tahun

Oleh Henry pada 23 Sep 2022, 05:01 WIB
Diperbarui 23 Sep 2022, 05:01 WIB
Tyo Nugros Ungkap Pola Makan yang Membuatnya Awet Muda di Usia 51 Tahun
Perbesar
Tyo Nugros Ungkap Pola Makan yang Membuatnya Awet Muda di Usia 51 Tahun. foto: Instagram @realnugros

Liputan6.com, Jakarta - Pola makan sering jadi kiat sukses seseorang mendapatkan tubuh bugar hingga lanjut usia. Hal itu juga diandalkan mantan drumer band Dewa 19, Tyo Nugros.

Ia diketahui sangat menjaga pola makannya guna mendapatkan badan bugar dan wajah awet muda. Di usia yang telah menginjak 51 tahun, pemilik nama asli Setyo Nugroho ini memang terlihat tidak menua.

Wajar bila banyak yang penasaran dengan resep bugar, serta awet muda ala Tyo. Meski banyak yang bilang ini adalah anugerah, bukan berarti ia tidak berusaha merawat diri.

Rupanya, rahasia pola makan yang membuat Tyo bisa tampak selalu bugar tersebut telah ia bongkar dalam sebuah video bincang-bincang. Video tersebut pun viral di TikTok, beberapa waktu lalu.

Salah satunya diunggah akun @ragabesi. Klip itu menayangkan Tyo yang sedang asyik makan sambil berbincang dengan rekan-rekannya tentang rahasia awet mudanya. Dalam obrolan tersebut, Tyo mengaku sudah lama tidak mengonsumsi garam.

"Orang kebanyakan lehernya dimanjain, sampai sini, terus bawahnya besoknya hancur. Kalo gua enggak mau," ucapnya. Tyo membeberkan bahwa dirinya memang sudah terbiasa makan tidak menggunakan garam.

Tyo juga mengungkap bahwa kebanyakan mengonsumsi camilan mengandung natrium dan sodium dapat menahan air di bawah kulit. Menurutnya, kondisi air tertahan di bawah kulit itulah yang membuat orang memiliki kulit tidak kencang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tidak Makan Malam

Tyo Nugros Ungkap Pola Makan yang Membuatnya Awet Muda di Usia 51 Tahun
Perbesar
Tyo Nugros Ungkap Pola Makan yang Membuatnya Awet Muda di Usia 51 Tahun.  foto: TikTok @ragabesi

Lebih lanjut, dalam video viral tersebut Tyo juga membagikan pola makan sehari-harinya. "Senin sampai Sabtu ngatur pola makan yang benar-benar disiplinlah. Tapi, ada bebasnya mau makan pempek, mau makan segala macam," ungkapnya.

"Hari minggu misalnya, gua makan siang doang. Malamnya, biasanya orang siang malam makan. Kalo gua siang doang. Kalau terasa lapar ya makan buah aja," sambungnya.  Meski sangat mengatur pola makannya dengan disiplin, Tyo juga membebaskan dirinya makan yang ia suka di hari tertentu.

Hal itulah yang menjadi kunci awet muda dari Tyo meski usianya sudah memasuki kepala lima. Penampilannya sekarang bahkan nyaris sama saat pertama kali berkiprah bersama Dewa 19 di tahun 2000 atau 22 tahun lalu.

Setelah ditelusuri dari berbagai komentar warganet, video tersebut ternyata berasal dari kanal YouTube Andra Ramadhan, gitaris Dewa 19. Dalam video itu, Tyo sedang latihan untuk tampil dalam konser reuni Dewa 19 di beberapa kota di Indonesia.  Mereka berlatih di studio musik milik kibordis Dewa 19, Ahmad Dhani.  


Lebih Hambar tapi Lebih Sehat

Tyo Nugros Ungkap Pola Makan yang Membuatnya Awet Muda di Usia 51 Tahun
Perbesar
Tyo Nugros Ungkap Pola Makan yang Membuatnya Awet Muda di Usia 51 Tahun. foto: TikTok @ragabesi

Tyo tampak berbincang dengan para personel dan kru Dewa 19. Saat itu, ia tengah menyantap sepiring nasi goreng, yang ia sebut hanya dikonsumsinya sekali dalam satu atau dua minggu.  Ia mengaku memesan makanannya itu tanpa garam dan MSG.

Tyo sudah membiasakan pola makan sehat ini selama bertahun-tahun, dan terbukti membuat badannya lebih fit. Gara-gara banyak membahas kalori hingga kandungan lain dalam asupan makanan, Tyo dijuluki ahli gizi oleh rekan-rekannya, seperti Andra dan Once, yang juga terlihat dalam video tersebut.

"Rasa nasi goreng gua ini memang nggak segurih nasi goreng pada umumnya. Rasanya lebih hambar tapi yang jelas lebih sehat soalnya nggak pakai garam dan MSG," ujar Tyo sambil menyantap makanannya.

Menurut Tyo, makanan memengaruhi gaya hidup sehat sekitar 70 persen, sementara 30 persen sisanya dengan olahraga. Namun, Tyo mengaku selama pandemi dua tahun belakangan, ia tak pernah olahraga ke gym. Hal itu membuat dirinya lebih sadar menjaga apa yang ia konsumsi, termasuk air distilasi yang menurutnya lebih sehat dari air mineral.


Mi Instan

Tyo Nugros
Perbesar
Tyo Nugros dan para drummer Dewa 19 (Instagram @realnugros)

Air distilasi atau air suling dianggap sebagai air paling murni yang bisa diminum. Namun, air ini tidak memiliki kandungan logam, mineral, dan senyawa anorganik lain, sehingga terasa hambar dan mungkin tidak disukai sebagian orang.

Tyo juga menghindari mi instan. Ia mengakui rasa mi instan memang lezat, tapi pengaruhya ke tubuh bisa jadi buruk jika dikonsumsi berlebih. Ia pun mengaku sudah cukup lama tidak mengonsumsi mi instan. "Kayanya gue udah 2,5 atau 3 tahun enggak makan mi instan," ujarnya.

Video pola makan ala Tyo ini telah ditonton sebanyak lebih dari 520 ribu kali di TikTok. Banyak juga warganet yang membandingkan pola makannya dengan Tyo. "Salut banget liat orang usia 50 lebih awet muda, justru ini jadi inspirasi kita, banyak anak muda jaman now malahan udah mengaku tua," komentar seorang warganet.

"Aku yang baru beres makan nasi padang, merasa kotor tak suci lagi," timpal warganet lainnya. "Menurut dokter China & Jepang, pengen awet muda harus bisa mengelola pikiran selalu positif dan makanan harus banyak yang dikukus, serta enggak berminyak," komentar warganet lainnya.

Infografis Mengetahui 6 Jenis Diet yang Populer
Perbesar
Infografis Mengetahui 6 Jenis Diet yang Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya