Sukses

Karya Desain Interior Mendunia Melalui Batik

Karya desain interior kantor yang mengusung batik sebagai elemen utama dalam desainnya, berhasil meraih penghargaan.

Liputan6.com, Jakarta - Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan Karya Agung Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO.

Sebuah karya desain interior kantor berjudul “The Tales of Batik” yang mengusung Batik sebagai elemen utama dalam desainnya, berhasil meraih penghargaan tingkat dunia.

Tak tanggung-tanggung, empat penghargaan sekaligus berhasil diraih untuk karya ini, di antaranya adalah, i F Design Award 2022 (Hannover, Germany) Category Offices/Workspaces dan Asia Pacific Property Awards 2022 (London, U K) dengan predikat “5-Star Winner & Best Office Interior Indonesia” .

Selain itu, karya ini juga berhasil mendapatkan Greenship Certification dengan predikat Platinum (tertinggi) dari Green Building Council Indonesia (sebagai bagian dari World Green Building Council) dan dicatat sebagai rekor oleh M U R I sebagai Perusahaan Pusat Panggilan Pertama Yang Mendapatkan Sertifikat Platinum Greenship Interior Space.

Karya tersebut merupakan karya desainer-desainer yang tergabung dalam Arkadia Works, firma desain dengan spesialisasi Office Interior asal Indonesia.  The Tales of Batik, merupakan konsep desain yang diterapkan untuk kantor Concentrix.

Dalam karya ini, Arkadia mengangkat beberapa motif batik nusantara yang dijadikan elemen interior diantaranya Batik Megamendung dari Cirebon, Batik Kawung Mataram dari Yogyakarta, Batik Tasikan dari Tasikmalaya, Batik Gumin Tambun dari Kalimantan Tengah, Batik Parang dari Jawa Tengah, dan Motif Tenun Anatau dari Nusa Tenggara Timur.

Menurut CEO Arkadia Works, Wiza Hidayat, konsep desain ini terinspirasi dari strategi bisnis Concentrix, “Global Consistency. Local Intimacy” . Concentrix sebagai perusahaan multinational dengan layanan bisnis global yang memiliki spesialisasi customer engagement ingin menyampaikan pengalaman pelanggan dalam bahasa dan budaya lokal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Modern dan Tradisional

“Kami mengusung konsep ini sesuai dengan kebutuhan pelanggan kami yang menginginkan konsep “ Local Intimacy” untuk diangkat menjadi tema yang sejalan dengan strategi bisnis mereka. Kami datang dengan mengangkat warisan budaya Indonesia sebagai konsep desain dimana Batik tersebut menjadi bintang-bintangnya dalam desain ini” , kata Wiza Hidayat yang dikutip dari keterangan resminya, Jumat (30/9/2022).

Terletak di Lippo Mall Plaza Yogyakarta, Concentrix membangun kantor dengan desain Fresh, Modern, Fun, dan Colourful untuk menginspirasi karyawan mereka yang didominasi oleh millennial dengan rentang usia 23-35 tahun.

Kantor seluas 1.750 m² ini didesain dengan paduan elemen-elemen desain interior modern dan tradisional khas lokal seperti Batik, Wayang, Anyaman Bambu, Batu Alam, dan elemen-elemen tradisional lainnya yang merepresentasikan identitas lokal Indonesia.

Hal ini kemudian menjadi menarik karena meski menggunakan elemen-elemen tradisional dalam desainnya, kantor Concentrix tetap terlihat modern dengan paduan warna-warna terang serta furnitur dan teknologi terkini di dalam kantor.

“Kami secara konsisten memasukkan unsur-unsur budaya Indonesia didalam setiap karya-karya kami, dan tentunya kami sangat bangga bisa mengambil bagian dalam menjaga warisan budaya Indonesia melalui karya-karya kami,” tutup Wiza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.