Biar Nggak Belang, Ini 3 Tips Pilih Foundation Sesuai Warna Kulit

Oleh stella maris pada 21 Sep 2022, 13:51 WIB
Diperbarui 27 Sep 2022, 18:04 WIB
Ilustrasi menggunakan foundation
Perbesar
Ilustrasi menggunakan foundation/Shutterstock-RomarioIen.

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan skincare secara rutin harus dilakukan, jika ingin mendapatkan rona wajah yang lebih merata. Selain skincare, penggunaan makeup seperti foundation menjadi pendukung agar wajahmu terlihat sempurna. 

Ya, foundation atau alas bedak merupakan salah satu produk kosmetik yang bermanfaat untuk meratakan warna kulit agar tampak sempurna tanpa cela. Selain itu, foundation juga hadir dalam tiga kategori, yaitu cair, krim, dan bubuk. 

Foundation cair (liquid) adalah jenis alas bedak yang paling ringan dan paling mudah dioles ke wajah. Jenis foundation ini cocok kamu gunakan untuk sehari-hari karena mengandung formula yang berbasis minyak (oil-based) atau air (water-based). Rekomendasinya adalah foundation wardah yang mampu menutup pori-pori dan bekas jerawat, sehingga kamu nggak perlu menggunakan bedak lagi.

Foundation krim adalah makeup base yang yang hadir dengan tekstur tebal, lembut, untuk memberi coverage terbaik di wajah. Jenis foundation ini menawarkan hasil akhir makeup yang lebih merata, mulus, dan tampilan lebih flawless dibandingkan tekstur liquid atau powder

Kemudian foundation bubuk atau powder foundation yang hadir dalam bentuk loose powder maupun bedak padat. Tentunya, foundation ini lebih gampang diaplikasikan ke wajah, dibandingkan jenis foundation lain karena bentuk yang padat seperti bedak padat. Rekomendasinya adalah make over powerstay matte powder foundation yang memiliki tekstur cukup lembut, creamy, dan pigmentasinya sangat memuaskan. 

Nah, terlepas dari jenis foundation di atas, ada masalah yang sering muncul ketika menggunakannya. Yup, saat memilih foundation, bukannya menciptakan warna senada dengan tone kulit, malah bikin belang. Duh!

Biar wajah bebas belang karena salah memilih foundation, ada baiknya kamu mengetahui tips memilih foundation sesuai warna kulit. Demi penampilan paripurna, pastinya kamu nggak mau ada perbedaan antara warna kulit antara wajah dan leher? Cek tiga tipsnya berikut ini, yuk: 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Cek Undertone Kulit

Sebelum membeli foundation, ada baiknya kamu mengetahui undertone alias warna dasar kulitmu. Ada tiga undertone yang harus kamu tahu, yaitu cool, warm, dan neutral

Cara mengetahui undertone yang sesuai dengan foundation dengan melihat warna kulit (urat) di bagian pergelangan tangan. Jika warna urat nadi terlihat kebiruan atau ungu, artinya undertone kamu adalah cool

Sementara jika warnanya kehijauan berarti warm undertone, dan biru kehijauan atau keunguan berarti neutral undertone

 


2. Ketahui Jenis Kulitmu

Nggak cuma shade foundation yang harus kamu ketahui. Ada baiknya kamu juga harus tahu jenis kulitmu. Yup, cek dulu apakah kamu memiliki jenis kulit yang kering, kombinasi, atau berminyak. Dengan begitu, kamu dapat menggunakan foundation yang memiliki formula tepat untuk jenis kulitmu. 

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat misalnya, coba menggunakan foundation dengan formula bebas minyak (oil-free), untuk memberikan tampilan akhir matte. Buat kamu pemilik kulit sensitif, pilihlah foundation yang memiliki formula nonkomedogenik atau hypoallergenic

 


3. Pencahayaan yang Tepat

Setelah mengetahui warna kulit dasarmu, kamu baru memilih shade foundation mana yang tepat dan sesuai dengan warna kulitmu. Nah, tipsnya sebelum beli, kamu bisa mencoba foundation di tempat yang pencahayaannya terang. Tapi jika kamu nggak mau repot, kamu bisa membeli foundation secara online kok. Kamu bisa mencari foundation yang tepat untuk tone dan jenis kulitmu di Tokopedia!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya