Sukses

Terlambat Datang, Guru Pasrah Disetrap Siswa di Luar Gerbang Sekolah

Guru yang terlambat masuk itu diadang para siswa yang bertugas piket menjaga gerbang sekolah.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap sekolah biasanya mengenakan konsekuensi pada siswa yang terlambat. Tapi, apa jadinya bila guru yang terlambat masuk sekolah?

Sebuah video yang diunggah akun TikTok @bohay91830 menunjukkan sejumlah siswa yang 'menyetrap' para guru yang terlambat datang ke sekolah. Video itu sudah ditonton lebih dari 6,5 juta kali saat artikel ini ditulis dan di-like lebih dari 500 ribu.

Dalam video tersebut pemilik akun menuliskan 'guru datang terlambat ditutupin gerbang sama siswanya'. Terlihat beberapa kendaraan diparkir di depan pagar saat sejumlah siswa berompi hijau menutup rapat gerbang sekolah dari para guru. Mereka hanya bisa pasrah menerima konsekuensi atas keterlambatan sendiri.

"Diphoto dan dicatat nama guru-guru atau pegawai yang datang terlambat serta ditanyain alasan keterlambatannya," demikian keterangan tertulis dalam video yang diunggah pada Kamis, 15 September 2022.

Para guru dan juga siswa yang terlambat tidak diizinkan untuk memasuki area sekolah sebelum sesi pembiasaan pagi berakhir. Para siswa yang menjaga gerbang itu terlihat tidak dapat menahan tawa, begitu pula dengan orang yang sedang menunggu di luar sekolah.

"Ga papalah sekali sekali kita di posisi mereka yang kita berikan hukuman kalo telat," tulis pemilik akun dalam keterangan video yang diunggahnya.

Dalam video berbeda, pengunggah video itu menjelaskan pembiasaan pagi bukanlah sesi belajar, tapi semacam sesi kontemplasi yang biasa diikuti oleh guru dan siswa setiap pagi. Jadi, hukuman disetrap di luar gerbang itu tidak akan memengaruhi proses belajar mengajar siswa.

"Seperti sembahyang/trisandya bersama dan memyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu para guru dan siswa diijinkan memasuki gerbang sekolah. Terima kasih," tulis pemilik akun tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respon Warganet

Ternyata, pengunggah video itu adalah guru di sekolah itu. Dari kolom komentar diketahui bahwa kejadian itu berlangsung di SMK 4 Bangli, Bali.  

Pengunggahnya yang bernama Apri Yansu itu menyatakan bahwa penyetrapan di luar gerbang sekolah merupakan wujud sekolah menerapkan sila ke-5 Pancasila. "dan terbukti, meskipun hujan, jalan berlumpur, kami para guru berusaha memberi yg terbaik dan datang lbh awal," imbuh dia dalam video ketiga.

"Nah 1 lagi yg harus ditegaskan… kl murid dilarang bawa hp… guru pun harus begitu...biar guru fokus ngajarnya…," tulis salah satu akun di komentar video viral tersebut.

"Di mana ini, harusnya semua sekolah osis nya begini sigap tegas," tulis akun lain.

"Bagus banget, jgn muridnya aja yg harus disiplin tp gurunya jg, ttp semangat adik2,” tambah akun lainnya.

"Saya juga guru. Dan saya sangat setuju. Jangan hanya guru yg bertugas piket pagi saja yg datangnya tepat waktu," imbuh akun lain.

"Saya suka sekali dgn VT (video TikTok) ini, kita bisa belajar bagaimana kedisiplinan itu sangat penting dalam dunia pendidikan dan dunia pekerjaan nantinya," terang salah satu akun.

3 dari 4 halaman

Menerapkan Sikap Disiplin

Dari video TikTok unggahan @bohay91830, kita dapat belajar bahwa kedisiplinan perlu diterapkan oleh setiap individu. Untuk menerapkan sikap disiplin ini, kita dapat memahaminya terlebih dahulu arti disiplin itu.

Mengutip dari Merdeka.com, pada Minggu, 18 September 2022, disiplin menurut cabang ilmu nasional adalah suatu kondisi yang merupakan perwujudan sikap mental dan perilaku suatu bangsa yang ditinjau dari aspek kepatuhan dan ketaatan terhadap ketentuan peraturan dan hukum yang berlaku di kehidupan berbangsa dan bernegara.

Konsep disiplin erat kaitannya dengan tata tertib, aturan, norma dalam kehidupan bersama yang melibatkan orang banyak. Disiplin juga merupakan suatu sikap mental yang dengan sadar mematuhi terhadap perintah-perintah atau larangan yang ada dalam suatu hal, karena mengerti betul-betul tentang pentingnya perintah dan larangan tersebut.

Disiplin juga bermacam-macam. Berikut ini tiga macam disiplin dan penjelasannya:

1. Disiplin pribadi, yaitu perwujudan disiplin yang lahir dari kepatuhan atas aturan-aturan yang mengatur perilaku individu.

2. Disiplin kelompok, yaitu perwujudan disiplin yang lahir dari sikap taat patuh terhadap aturan-aturan yang berlaku pada kelompok atau bidang-bidang kehidupan manusia. Misalnya, disiplin pada kesatuan-kesatuan atau perkumpulan-perkumpulan tertentu misalnya disiplin dalam kesatuan olahraga.

3. Kedisiplinan nasional yaitu wujud disiplin yang lahir dari sikap patuh ditunjukkan dari seluruh lapisan masyarakat terhadap aturan-aturan nilai yang berlaku secara nasional.

4 dari 4 halaman

Manfaat Disiplin

Menerapkan sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari ada manfaatnya. Berikut manfaat sikap disiplin bagi diri sendiri.

Bantu Perkembangan Otak

Manfaat ini akan sangat terasa pada anak-anak berusia 3 tahun, yang mana pertumbuhan otaknya jadi sangat pesat, di sini dia menjadi peniru perilaku yang piawai. Ia dapat mencontoh dengan sempurna tingkah laku orang tua yang disiplin, dengan sendirinya akan membentuk kebiasaan serta juga sikap yang positif.

Membantu Diri Lebih Fokus

Berlatih menerapkan disiplin diri membantu kita untuk bisa lebih fokus pada tujuan dan objektif yang didambakan baik itu tujuan jangka panjang maupun jangka pendek. Dengan fokus pada tujuan yang hendak dicapai, kita bisa menyelesaikan rentetan pekerjaan dan tugas sehari-hari. Derajat fokus tersebut bisa dilatih dengan menerapkan disiplin diri, seperti bangun lebih pagi dan tidur tidak terlalu larut.

Menumbuhkan Ketenangan

Manfaat disiplin bagi diri sendiri bukan hanya dapat membantu diri lebih fokus, tetapi juga dapat menumbuhkan rasa ketenangan. Hal ini tak lain karena kita telah melaksanakan apa yang harus kita laksanakan secara benar dan tepat waktu, sehingga tak ada rasa bersalah yang tumbuh dalam hati.

Meningkatnya Rasa Percaya Diri

Manfaat disiplin bagi diri sendiri lainnya yang bisa kamu rasakan adalah meningkatnya rasa percaya diri. Penting diketahui bahwa percaya diri yang optimal dan terkendali dapat membantu kita untuk menyelesaikan tugas dan meraih tujuan yang didambakan. Tugas dan pekerjaan yang bisa terselesaikan dengan baik tersebut akan juga berefek positif pada rasa percaya diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.