Sukses

Fantastis, Jersey Ikonis Michael Jordan Terjual Rp151,4 Miliar

Jersey yang dikenakan oleh bintang bola basket Michael Jordan selama salah satu musim paling terkenal dalam karier NBA-nya terjual dengan harga fantastis.

Liputan6.com, Jakarta - Jersey yang dikenakan oleh bintang bola basket Michael Jordan selama salah satu musim paling terkenal dalam karier NBA-nya terjual dengan harga fantastis. Jersey tersebut laku senilai 10,1 juta dolar AS atau setara Rp151,4 miliar di sebuah lelang di New York, Amerika Serikat, Kamis, 15 September 2022.

Dikutip dari CNN, Minggu, 18 September 2022, jumlah fantastis tersebut lebih dari dua kali lipat perkiraan awal. Harga jersey Michael Jordan tersebut mencetak rekor lelang baru untuk sebuah memorabilia olahraga yang dikenakan dalam pertandingan, menurut Sotheby's, yang mengorganisir penjualan.

Michael Jordan mengenakan jersey Chicago Bulls di Game 1 Final NBA 1998. Ini adalah puncak dari musim terkenal yang dikenal sebagai "The Last Dance" yang ditampilkan dalam serial dokumenter ESPN dan Netflix 2020 dengan nama yang sama.

Pada 3 Juni 1998, Jordan mengenakan jersey untuk pertandingan melawan Utah Jazz, mencetak 33 poin dalam 45 menit dalam kekalahan Bulls. Bulls melanjutkan untuk memenangkan kejuaraan meskipun divisi internal utama yang memengaruhi musim mereka, dengan Jordan mendapatkan cincin pemenang keenam NBA.

Ini adalah salah satu dari hanya dua jerseynya yang dikenakan dalam pertandingan final yang pernah dilelang, kata Sotheby's. Pihaknya menyebut ini sebagai "salah satu item paling signifikan dari karier Michael Jordan."

Dalam sebuah pernyataan, Brahm Wachter, kepala streetwear dan koleksi modern Sotheby, mengatakan penjualan itu "memantapkan Michael Jordan sebagai GOAT yang tak terbantahkan (terbesar sepanjang masa), membuktikan nama dan warisannya yang tak tertandingi sama relevannya dengan hampir 25 tahun yang lalu."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cetak Rekor

Sebelum penjualan, Wachter menyebut musim 1997-1998 "mungkin salah satu yang paling populer di kalangan penggemar Jordan, karena Michael mencapai puncak kemampuannya sambil mengejar apa yang dia pahami sebagai kesempatan terakhirnya di Kejuaraan NBA dengan Chicago Bulls."

"Musim ini sendiri adalah 'magnum opus'-nya sebagai seorang atlet, dan bukti dia sebagai juara dan pesaing," tambahnya dalam siaran pers. "Jersey final dari Jordan sangat sedikit, dan Final 1997-1998 bisa dibilang yang paling didambakan dari semuanya."

Perkiraan pra-penjualan sebesar 3 juta dolar AS sampai 5 juta dolar AS atau setara Rp44,9 miliar sampai Rp77,9 miliar adalah yang tertinggi yang pernah ada untuk jersey Jordan, atau bagian dari memorabilia Jordan, kata rumah lelang itu. Harga jual 10,1 juta dolar AS yang direalisasikan pada Kamis, 15 September 2022.

Itu berarti, jersey Michael Jordan kini menjadi jersey bola basket termahal yang pernah dijual di lelang. Harga jual jersey tersebut jauh melebihi 3,7 juta dolar AS atau setara Rp55,4 miliar yang dibayarkan untuk salah satu jersey Kobe Bryant pada tahun lalu.

Jersey Jordan itu juga memecahkan rekor memorabilia olahraga yang dikenakan dalam pertandingan yang dipegang oleh legenda sepak bola Argentina Diego Maradona dari perempat final Piala Dunia 1986 melawan Inggris, kata Sotheby's. Jersey sepak bola biru itu dijual kepada pembeli anonim seharga 9,3 juta dolar AS atau setara Rp139,4 miliar awal tahun ini.

3 dari 4 halaman

Sneakers Jordan

Pada Oktober 2021, sepasang sepatu kets Nike Air Ships, yang dikenakan oleh Jordan, terjual seharga 1,47 juta dolar AS di lelang. Bintang bola basket itu mengenakan sepatu kets merah dan putih tersebut selama pertandingan NBA kelimanya di musim rookie bersama Chicago Bulls pada 1 November 1984.

Sepatu tersebut memecahkan rekor dunia untuk harga tertinggi yang dicapai untuk sepasang sneakers di lelang, menurut Sotheby's. Sneakers juga menjadi sepasang sepatu kets pertama yang terjual lebih dari 1 juta dolar AS di lelang. Sneakers ini terjual ke kolektor ternama Nick Fiorella pada Minggu, 24 Oktober 2021.

Wachter menyampaikan dalam sebuah pernyataan bahwa "hasil pemecahan rekor untuk Jordan Nike Air Ships menegaskan posisi Michael Jordan dan waralaba Air Jordan di puncak pasar sepatu kets."

Pada 1984, Michael Jordan dan Nike memulai kolaborasi mereka untuk menciptakan merek pakaian dan sepatu khas Jordan. Itu adalah kali pertama merek tersebut melakukan itu dan membuka jalan bagi banyak kolaborasi pemain saat ini.

4 dari 4 halaman

Momen Manis

Agen Jordan, David Falk, meminta orangtuanya untuk membujuknya naik pesawat. "Ibuku berkata 'kamu akan pergi dan dengarkan. Kamu mungkin tidak menyukainya, tetapi kamu akan pergi,'" kenang Jordan dalam sebuah episode dari serial dokumenter "The Last Dance ."

Sebagai pemula, Jordan menandatangani kontrak sepatu kets lima tahun dengan Nike pada 1984. Kontrak itu hadir dengan bayaran tahunan sebesar 500 ribu dolar AS.

Kelahiran "Air Jordan" menjadi momen manis bagi Jordan dan Nike. "Pada akhir tahun keempat, Nike berharap dapat menghasilkan tiga juta dolar AS dalam penjualan. Tetapi pada akhir tahun pertama, mereka menghasilkan 126 juta dolar AS," kata Falk.

Dilansir dari BBC, shooting guard yang menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Chicago Bulls ini menjadi ikon global. Jordan juga membantu meningkatkan profil NBA di seluruh dunia.

Michael Jordan pensiun dari dunia basket pada 2003. Momen ini menjadikan dirinya sebagai pemain miliarder pertama dalam sejarah NBA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.