6 Fakta Menarik Vietnam, Salah Satu Eksportir Kacang Mete Terbesar di Dunia

Oleh Elly Purnama pada 21 Sep 2022, 08:30 WIB
Diperbarui 21 Sep 2022, 08:30 WIB
Suasana Hanoi Jelang Hari Nasional Vietnam
Perbesar
Seorang wanita mengendarai sepeda di sepanjang gang yang didekorasi dengan bendera nasional Vietnam menjelang perayaan Hari Nasional Vietnam di Hanoi (1/9/2020). Peringatan 75 tahun Hari Nasional Vietnam jatuh pada tanggal 2 September 2020. (AFP Photo/Nhac Nguyen)

Liputan6.com, Jakarta - Vietnam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Tiongkok di sebelah utara, Laos di sebelah barat laut, Kamboja di sebelah barat daya, dan di sebelah timur terbentang Laut Tiongkok Selatan. Luas wilayah Vietnam, yakni 331.210 km persegi.

Negara dengan ibu kota Hanoi ini memiliki sejumlah fakta yang menarik. Berikut beberapa di antaranya fakta menarik Vietnam yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Sistem Pemerintahan

Vietnam memiliki pemerintahan komunis. Negara ini adalah salah satu dari lima negara komunis yang tersisa di dunia saat ini. Presiden adalah kepala republik dan perdana menteri adalah kepala pemerintahan. Ini memiliki tiga cabang: eksekutif, yang dikelola oleh pemerintah dan presiden, legislatif, yang terdiri dari majelis nasional Vietnam, dan yudikatif yang terdiri dari pengadilan, mengutip dari World Atlas, pada Minggu 18 September 2022.

2. Minuman yang Tidak Biasa

Seperti sejumlah negara Asia lainnya, orang Vietnam membuat anggur beras. Sebagai spesialisasi lokal, mereka juga menggunakan ini sebagai dasar untuk anggur ular. Ini melibatkan menempatkan seluruh ular atau kalajengking, ke dalam botol besar dan mengasinkannya dalam anggur beras. Anggur mengambil rasa ular dan tampaknya menetralkan racunnya, begitu kata orang di sana, mengutip dari Gogogo Vietnam.

Vietnam juga terkenal dengan kopi telur. Dengan banyak yang menyarankan bahwa Hanoi adalah satu-satunya tempat nyata untuk mendapatkannya (khususnya, di Giang Cafe), Anda akan menyukai yang satu ini jika menyukai telur dan kopi, untuk mempermanisnya, digunakan susu kental. Ini menghasilkan minuman tiga lapis yang menyatu di mulut.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


3. Salah Satu Eksportir Mete Terbesar di Dunia

Gambar Ilustrasi Kacang Mete
Perbesar
Sumber: Freepik

Selain memproduksi banyak kopi dunia, Vietnam juga mengekspor kacang mete dalam jumlah besar. Faktanya, ini memasok hampir sepertiga dari semua kacang mete yang dikonsumsi di seluruh dunia. Nafsu makan kacang-kacangan ini meningkat, yang berarti menimbulkan permintaan lebih besar yang saat ini sedang dikerjakan oleh Vietnam untuk dipasok.

Sayangnya, produksi jambu mete dapat menyebabkan luka bakar asam bagi orang yang memanen kacang. Kemudian, karena tidak semua petani memberikan perlindungan bagi pekerja mereka, beberapa orang di Barat mulai menghindari kacang mete favorit mereka.

4. Banyak yang Bernama Nguyen

Nama keluarga Nguyen adalah yang paling umum di Vietnam. Nguyen memiliki arti seperti kemenangan dan seperti dalam bahasa Asia timur dan tenggara lainnya, nama ini berada di depan nama lengkap.

Kemungkinan tokoh paling terkenal di negara itu Chi Minh, yang dikenal sebagai Paman Ho, yang sebenarnya lahir dengan nama Nguyen Sinh Cung (Paman Ho hanya dikenal sebagai Ho Chi Minh kemudian dalam karirnya). Kota Ho Chi Minh, yang dulu disebut Saigon, dinamai menurut namanya.


5. Destinasi Wisata

Halong Bay
Perbesar
Gambar ini diambil pada 23 April 2017 menunjukkan kapal wisata berlayar di antara pulau-pulau kecil di Halong Bay di provinsi timur laut Quang Ninh. Sebuah situs Warisan Dunia UNESCO dengan sekitar 2.000 pulau, Halong Bay adalah salah satu tujuan wisata utama di Vietnam utara. (HOANG DINH Nam / AFP)

Vietnam memiliki destinasi wisata yang banyak menampilkan batuan kapurnya atau karst. Berikut destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi ketika di Vietnam menurut Planetware.com.

Halong Bay (Teluk Halong)

Bentang laut karst Teluk Halong adalah salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di dunia karena pemandangan laut yang memukau dan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Penjelajahan teluk akan lebih baik dengan menggunakan perahu untuk menikmati pemandangannya.

Ada banyak gua di teluk yang bisa dimasuki termasuk Hang Sung Sot, dengan tiga gua raksasa, dan Hang Dao Go. Kebanyakan orang, hanya berlayar di tengah-tengah karst dan menikmati pemandangan puncak, cobalah untuk mengunjungi guanya.

Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang

Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang terdaftar sebagai Warisan Dunia. Di sini terlihat formasi gunung karst yang memukau dengan gua-gua besar

Tujuan paling populer di dalam taman adalah Paradise Cave, yang terbentang sejauh 31 kilometer di bawah tanah. Gua-gua yang menganga di sini benar-benar spektakuler, salah satunya Gua Tu Lan. Wisata paling populer lainnya adalah ke Gua Phong Nha, di bagian dalamnya dapat diakses dengan perahu.

Pulau Cat Ba

Salah satu pusat utama aktivitas dan atraksi wisata petualangan di Vietnam, Pulau Cat Ba terletak di tepi barat Teluk Halong. Ini adalah tempat terbaik untuk dikunjungi jika Anda ingin mengatur perjalanan kapal pesiar dan kayak di Teluk Lan Ha, yang terletak di lepas pantai selatan Cat Ba. Teluk Lan Ha adalah pemandangan laut pulau karst dan singkapan yang jarang dikunjungi menjadikannya alternatif yang lebih tenang dari Teluk Halong.

Di luar air, sebagian besar interior hutan lebat Cat Ba adalah bagian dari Taman Nasional Cat Ba. Di sana pejalan kaki dapat melihat banyak burung, serta hewan seperti kera.


6. Makanan Populer

Pho
Perbesar
Pho, masakan khas Vietnam yang mirip soto. (Bola.com/Muhammad Adiyaksa)

Vietnam memiliki hidangan yang Anda kamu coba untuk menikmati cita rasa lokalnya. Berikut beberapa makanan populer dari Vietnam menurut Tasteatlas.com.

 

Pho

Pho adalah sup mi Vietnam, hidangan nasional Vietnam. Ini juga merupakan salah satu hidangan Vietnam yang paling dicintai di belahan bumi Barat karena rasa yang kompleks, unik, dan kesederhanaan yang elegan. Meskipun diklasifikasikan sebagai sup, pho disajikan sebagai hidangan utama.

Secara tradisional dibuat dengan kaldu ayam atau sapi dengan tulangnya direbus setidaknya selama tiga jam sampai kaldunya sempurna. Penambahan bumbu dan rempah-rempah menonjolkan rasa, dan mi beras yang kenyal, irisan daging sapi yang berair, serta kecambah yang renyah meningkatkan hidangan ini ke tingkat yang lebih tinggi.

Banh mi

Bánh mì (diucapkan 'bun mee') adalah variasi sandwich Vietnam populer yang memiliki bahan inti yang sama, baguette. Baguette dibawa ke Vietnam selama periode kolonial, dan ini adalah salah satu dari sedikit warisan dari waktu itu.

Roti kering, bumbu, dan daging adalah warisan kolonialisme Prancis dan China, sementara daun ketumbar, cabai, dan acar mencerminkan cita rasa Vietnam untuk sayuran segar. Pada awalnya, sebagian besar sandwich banh mi terdiri dari roti, daging, dan bumbu, tanpa tambahan sayuran.

Pancake Renyah Vietnam (Bánh xèo)

Diterjemahkan sebagai pancake yang mendesis, bánh xèo adalah hidangan Vietnam terkenal yang menggabungkan crepes renyah dengan berbagai bahan gurih. Unsur khas Vietnam dalam pancake bergizi ini adalah tepung beras, yang dikombinasikan dengan air, kunyit, dan santan atau krim kelapa untuk membuat adonan kuning kental.

Bahan tambahan, paling sering daun bawang, tauge, udang, dan daging babi atau sapi potong dadu, ditumis sebelum campuran ditambahkan ke wajan. Pancake digoreng pada suhu rendah dan ddibentuk menjadi dua lipatan.

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan
Perbesar
Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya