Sukses

8 Cucu Ratu Elizabeth II Kelilingi Peti Mati Sang Nenek

Ke-8 cucu Ratu Elizabeth II berkumpul untuk menghormati mendiang sang nenek dalam aksi berjaga-jaga pada Sabtu, 17 September 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Ke-8 cucu Ratu Elizabeth II hadir dalam vigil keluarga dengan mengelilingi peti mati sang nenek pada Sabtu, 17 September 2022. Pangeran Harry dan Pangeran William bergabung dengan enam cucu Ratu lainnya, yakni Peter Phillips, Zara Tindall, Putri Beatrice, Putri Eugenie, Lady Louise Windsor dan James, Vicount Severn.

Dikutip dari People, Minggu (18/9/2022), Pangeran Harry, Pangeran William, dan enam sepupu mereka berkumpul menjadi tuan rumah acara peringatan untuk menghormati mendiang Ratu Elizabeth II di Westminster Hall. Adapun momen ini berlangsung menjelang pemakaman kenegaraan yang akan dilaksanakan pada esok hari, Senin, 19 September 2022.

Pangeran William memimpin prosesi dan diikuti oleh Pangeran Harry. Kakak-adik tersebut tampak mengenakan seragam Blues dan Royals.

Pangeran William berdiri di kepala peti mati Ratu selama 15 menit, diapit oleh dua anak Putri Anne, Peter, dan Zara. Pangeran Harry mengambil posisinya di kaki peti mati bersama dua putri Pangeran Andrew, Putri Beatrice, dan Putri Eugenie.

Sepupu mereka yang lain, yakni Lady Louise dan James berdiri di tengah peti mati. Orangtua mereka, Pangeran Edward dan Sophie, Countess of Wessex berada di Westminster Hall selama upacara.

Mereka semua berdiri dengan kepala tertunduk dengan tangan terlipat di depan mereka selama sekitar 15 menit saat para pelayat terus berdatangan. Kemudian dilanjutkan dengan diproses keluar dari Westminster Hall dipimpin lagi oleh Pangeran Wales.

"Cucu-cucu, atas undangan Raja, sangat ingin memberi penghormatan, seperti yang dilakukan orangtua mereka malam sebelumnya," kata seorang sumber kerajaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seragam Harry

Pakaian berjaga Pangeran Harry adalah lanjutan dari acara berkabung sebelumnya untuk menghormati Ratu Elizabeth II setelah kematiannya pada 8 September 2022 pada usia 96. Ini termasuk prosesi peti mati pada Rabu, 14 September 2022 yang melintasi London, saat Harry dan Pangeran Andrew mengenakan morning suits.

Istana Buckingham mengatakan pada Senin bahwa selama acara seremonial menjelang dan termasuk pemakaman kenegaraan Ratu pada 19 September 2022, hanya anggota keluarga kerajaan yang bekerja yang memegang pangkat militer yang akan mengenakan seragam militer. Keputusan Pangeran Harry untuk mengenakan seragam militernya untuk berjaga-jaga dibuat tanpa dia meminta perubahan.

Duke of Sussex siap mengenakan apa pun yang diminta. Fokusnya adalah menghormati neneknya. Sebuah sumber istana menambahkan bahwa pemakaian seragam militer saat berjaga datang "atas permintaan Raja."

"Satu dekade dinas militernya tidak ditentukan oleh seragam yang dikenakannya, dan kami dengan hormat meminta agar fokus tetap pada kehidupan dan warisan Yang Mulia Ratu Elizabeth II," kata juru bicara Harry kepada People dalam sebuah pernyataan pada Selasa, 13 September 2022.

3 dari 4 halaman

Kehadiran Anggota Kerajaan

Pangeran Harry sebelumnya bertugas di Angkatan Darat Inggris selama 10 tahun dan dikerahkan ke Afghanistan dua kali. Ia kehilangan tiga gelar kehormatan militernya (Captain General of the Royal Marines, Honorary Air Commandant of RAF Honington and Commodore-in-Chief, Small Ships and Diving, Royal Naval Command) setelah dia dan istrinya Meghan Markle mundur dari peran senior kerajaan mereka pada Maret 2020.

Empat anak Ratu Elizabeth II, yakni Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward, bersatu untuk kedua kali dalam seminggu terakhir untuk berjaga di sekitar peti mati ibu mereka sebagai simbol penjagaan. Dikenal sebagai Vigil of the Princes, Putri Anne mencetak sejarah dengan menjadi anggota keluarga kerajaan perempuan pertama yang berpartisipasi dalam acara tersebut.

Peringatan di Sabtu, 17 September 2022, datang tiga hari setelah Peter, Zara, William, Harry, Beatrice, Eugenie, Louise dan James menghadiri kebaktian untuk menghormati nenek mereka di Westminster Hall. Dalam satu foto, Eugenie terlihat menyeka air mata saat dia berdiri bersama anggota keluarga. Eugenie bergabung dengan suaminya, Jack Brooksbank. Suami Beatrice, Edoardo Mapelli Mozzi, dan suami Zara, Mike Tindall, juga hadir.

4 dari 4 halaman

Prosesi

Kebaktian itu dilakukan setelah peti mati mendiang Ratu melakukan perjalanan dari Istana Buckingham ke Westminster Hall pada Rabu dalam prosesi yang khidmat. Prosesi itu menunjukkan keempat anaknya dan beberapa cucunya, termasuk Peter, William dan Harry, dengan dua yang terakhir berjalan berdampingan.

Turut ambil bagian adalah suami Putri Anne Sir Timothy Laurence, sepupu Ratu Pangeran Richard Duke of Gloucester dan keponakan Ratu David Armstrong-Jones, Earl of Snowdon. Anggota staf Ratu juga berpartisipasi dalam prosesi.

Dikutip dari Daily Mail, Rabu, 14 September 2022, saat peti jenazah dibawa dari Istana Buckingham menuju Westminter Hall, Charles berjalan di barisan depan bersama dengan ketiga adiknya, yaitu Pangeran Andrew, Pangeran Andrew dan Putri Anne untuk mengikuti perjalanan peti jenazah, diikutii oleh kedua putranya, Pangeran Harry dan Pangeran William.

Andrew dan Harry mengenakan baju sipil sedangkan Charles bersama Edward, Anne dan William memakai baju militer. Selain itu ada putra dari Putri Anne, Peter Phillips bersama ayahnya juga akan berjalan mengiringi peti jenazah, bersama dengan beberapa orang sepupu Ratu Elizabeth. Sedangkan anggota keluarga kerajaan lainnya akan mengikuti dengan mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.