Sukses

Targetkan Generasi Z, Gokana Ramen & Teppan Usung Desain Interior yang Lebih Berani

Persaingan yang ketat antar-penjual ramen memaksa Gokana bertransformasi.

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan kerap mendorong perubahan. Itu pula yang diterapkan oleh Gokana Ramen & Teppan saat membuka outlet terbarunya di AEON Mall Tanjung Barat, pada Jumat, 16 September 2022.

Heri Zazuri, GM Operation PT. Champ Resto Indonesia Tbk mengatakan pertumbuhan kompetitor ramen naik signifikan sejak 2004. Karena selama ini mempertahankan interior yang lama, restoran itu ingin menyegarkan suasana dengan sesuatu yang lebih baru dan meriah demi menarik perhatian konsumen yang lebih muda.

"Milenial, apalagi Generasi Z, ini lebih suka warna yang mencolok, lebih bright. Kita tampilkan inilah modelnya," ujar Heri kepada Liputan6.com.

Pembuatan konsep interior baru itu melalui survei terlebih dulu. Respondennya adalah pelanggan Gokana. "Untuk membangun ide ini ada hampir dua bulan," ungkap Heri.

Kombinasi ide internal dan masukan pelanggan menyimpulkan bahwa outlet perlu lebih meriah dan layak diunggah di media sosial. "Saya pikir tidak ada salahnya juga mencoba menuruti customer, karena kan itu customer loyal kita jadi mereka lebih tahu maunya seperti apa," tambahnya.

Elemen Jepang dipertajam dengan penempatan ornamen-ornamen khas Jepang. Mural-mural tiga dimensi yang sebelumnya tidak ada di konsep lama, dihadirkan dalam konsep terbaru ini. "Kita sebelumnya hanya sticker saja," ucap Heri.

Mengedepankan sisi visualnya, Heri mengatakan spot foto Instagrammable ini nampak dari desain yang kekinian. Mural, kaca yang menggunakan lampu, hiasan di sudut atas, lebih mengarah ke gaya Jepang autentik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rebranding Logo

 

Rebranding logo Gokana juga menjadi ciri khas konsep baru dari outlet. Hal ini dimaksudkan untuk memberi tahu kehadiran konsep baru kepada pelanggan.

Logo lama telah digunakan sejak 2004. Sementara, logo yang baru terlihat dari ikon Gosumo yang terlihat lebih fresh dan modern.

"Kalau kita pakai logo yang lama, mungkin mereka tidak terlalu aware. Kita kasih tulisan yang baru, huruf yang baru, bentuk yang baru juga, paling tidak mereka tahu konsep baru kita," ungkap Heri.

Syarifuddin (Aie) selaku Marketing Communication Assistant PT Champ Resto Indonesia Tbk menambahkan, promosi juga dirancang agar menarik perhatian generasi milenial dan Gen Z. Mereka memaksimalkan channel-channel digital yang banyak digunakan oleh kaum milenial dan Gen Z. 

"Teman-teman di milenial dan Gen Z juga kan memang jadi kalangan yang paling banyak menggunakan channel digital. Jadi, kita arahkan promosi lebih banyak ke digital," imbuh Aie.

3 dari 4 halaman

15 Menu Baru

Pembukaan outlet dengan konsep baru itu diiringi peluncuran 15 menu baru. Dasar menu baru ini yaitu menghadirkan kolagen dalam menunya.

"Ternyata customer sekarang banyak sekali mereka yang berani untuk makan kuah yang seperti kolagen, yang gurih. Awalnya kita buat kuah itu lebih ke taste yang bisa masuk ke orang-orang Indonesia, dulu konsepnya belum masuk ke anak-anak yang milenial dan generasi sekarang," jelas Heri.

"Dulu, kita kasih kuah yang standar, artinya kuah itu kuah miso, kuah soyu, yang asin, yang gurih, tetapi sekarang dengan kolagen ini perpaduan dari miso, soyu, dan kolagennya sendiri," ia menambahkan.

Beberapa menu baru ramen yang dihadirkan yaitu Black Garlic Honey Chicken Ramen, Tantanmen Ramen, Truffle Ramen, Roasted Chicken Ramen, Chicken Collagen Ramen, Garlic Butter Crispy Shrimp Dry Ramen, dan Truffle Smoked Beef Dry Ramen. Menu-menu tersebut hanya tersedia di di outlet Gokana Ramen & Teppan berkonsep baru.

4 dari 4 halaman

Promosi Digital

 

Heri juga menyinggung kenaikan harga BBM turut memengaruhi harga makanan di Gokana. Namun, kenaikan diklaim tidak signifikan agar pelanggan tidak pergi beegitu saja.

"Kita imbangi dengan sistem manajemen di direct supply-nya, inventory-nya, waste-nya itu kita kontrol semuanya sehingga kenaikan harga kita itu tidak berbanding lurus dengan kenaikan harga pasar atau harga ekonomi," ujarnya.

Selama periode grand opening, GOKANA Ramen & Teppan AEON Mall Tanjung Barat memberikan promo spesial buy 1 get 1 new menu ramen dengan menggunakan kartu kredit / debit BRI Mastercard. Promo ini berlaku mulai 16 September sampai dengan 15 Oktober 2022 khusus untuk pemesanan dine in dan take away. Selain itu, ada juga promo cashback voucher hingga Rp75 ribu.

Ramen berakar dari hidangan mie asal China yang kemudian menyebar ke Jepang dan membaur dengan budaya makanan setempat. Dikutip dari laman raumen.co.jp, dibukanya pelabuhan di Jepang pada 1859 memberi akses masuknya pengaruh dari China dan negara-negara Barat, termasuk dalam hal makanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.