Sukses

Jelajah Legoland, Destinasi Wisata Andalan Johor Bahru Malaysia

Johor Bahru, Malaysia, bisa dipertimbangkan oleh Anda yang kangen liburan ke luar negeri dengan durasi penerbangan kurang dari dua jam dari Bandara Soetta.

Liputan6.com, Johor Bahru - Berbagai negara kini sudah mengendorkan aturan COVID-19, termasuk membolehkan warga negara asing berlibur ke negaranya. Kesempatan itu juga dimanfaatkan oleh Malaysia untuk mengundang wisatawan asing dengan mempromosikan kembali wisata Johor Bahru.

Johor Bahru kerap disebut Segitiga Pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Singapura karena lokasinya dekat dengan Singapura dan Malaysia. Johor Bahru juga kota dengan pertumbuhan ekonomi paling pesat setelah Kuala Lumpur.

Di negara bagian itu, turis asal Indonesia bisa berangkat naik pesawat dari Bandara Soekarno Hatta. Durasinya sekitar 1 jam 35 menit untuk mengunjungi destinasi liburan yang cocok dihabiskan bersama keluarga.

"Ke Johor bisa langsung dari Jakarta, jadi enggak perlu ke Kuala Lumpur dulu," kata Public Relations Senior Manager tiket.com, Sandra Darmosumarto saat ditemui di Legoland Water Park Malaysia pada Rabu, 14 September 2022.

Legoland adalah atraksi wisata utama di sana. Di taman hiburan itu tersedia hotel sebagai akomodasi yang bisa ditempuh sekitar 35--40 menit dari bandara. Sesampai di hotel, turis bisa langsung bersih-bersih lalu beristirahat sebelum menikmati aneka wahana yang ada di sana di pagi hari.

"Kami memahami kerinduan para wisatawan untuk kembali mengunjungi destinasi luar negeri. Maka itu, kami hadir sebagai one-stop solution saat melakukan perjalanan agar dapat terpenuhi dengan baik,” tutur Sandra . 

Lalu, seperti apa tempat-tempat seru yang bisa dilakukan bersama keluarga di Johor Bahru? Berikut rekomendasinya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Legoland Malaysia Hotel

Penggemar Lego bakalan senang bermalam di tempat ini. Saat masuk, tamu hotel langsung disambut oleh kastil dan kapal berukuran raksasa yang seolah terbuat dari balok-balok lego.

Begitu tiba di resepsionis, cobalah tengok dindingnya. Terdapat 12.528 figur Lego mini, mulai dari yang berprofesi dari koki hingga atlet. Hal menarik lainnya, ada sepeda kecil di depan dinding tersebut yang berjalan pelan seolah ingin menyapa pengunjung.

Para tamu hotel bisa memilih tipe kamar dengan desain favoritnya. Ada empat desain yang disediakan, yakni:

- Pirate (bajak laut)

Kamar Pirate Deluxe yang didesain khas bajak laut ini memiliki kasur dengan seprai dasar putih lalu di atasnya diberi aksen merah putih. Tepat di dinding atas kasur terdapat gambar bajak laut yang khas dengan mata ditutup sebelah.

Masih di kamar yang sama tapi bersekat pintu, terdapat kasur tingkat. Hal ini juga berlaku untuk kamar lain, mengingat ini adalah hotel keluarga. Kamar itu bisa ditempati dua orang dewasa dan 2-3 anak. 

- Kingdom (kerajaan)

Krem, merah, dan hijau menjadi ciri khas kamar bertema Kingdom di Legoland Malaysia Hotel. Tirai merah besar di jendela ditambah aksen seperti bendera di atas membuat kamar ini terasa mewah. Bunbed untuk tidur anak juga ada.

- Adventure (petualangan)

Bagi anak-anak yang gemar main di alam liar, nampaknya bakal terkesan dengan tema kamar satu ini karena dinding kamar digambari berbagai hewan seperti di hutan. Namun, tidak disarankan memilih tema ini bila Anda takut ular atau hewan. 

- Ninjago

Bertema sentuhan oriental yang terbatas hanya ada 12 kamar. Pemesanannya hanya bisa langsung lewat website resmi mereka. 

3 dari 4 halaman

Legoland Water Park

Masih satu area Legoland Malaysia, Anda bisa bermain air di Legoland Water Park. Anak dari usia 2-3 tahun sudah bisa bermain di sini, dengan diawasi orangtua.

Ada banyak seluncuran dengan beragam panjang dan lebarnya. Ada juga sliding yang bisa digunakan untuk meluncur dari atas hingga bawah sekitar untuk 3-4 orang. Area kolam berombak juga menghadirkan pertunjukan menari yang dibawakan para petugas. Mereka menari sekitar 10 menit di atas panggung untuk menghibur pengunjung yang sedang digoyang ombak.

Bagi, orangtua yang tidak hanya ingin bersantai, bisa menyusuri 'sungai' kecil di sana. Tinggal duduk di ban bersama anak atau sendirian lalu mengitari Legoland Water Park.

Legoland Water Park menjamin keamanan di wahana air tersebut. Bisa dilihat dari keberadaan lifeguard bersertifikat yang ada di sana memang banyak. Dalam radius 200 meter pasti ada lifeguard yang berjaga di masing-masing area.

 

4 dari 4 halaman

Legoland Sea Life

Mengajak anak mengenal dunia bawah laut lebih dekat bisa ke Legoland Sea Life. Paling tidak ada 120 spesies laut di tempat itu, salah satunya spesies hiu.

Yang paling menarik perhatian saya adalah Epaulette Shark yang berasal dari lautan Western Pacific. Hiu satu ini memiliki panjang maksimal satu meter. Hobinya bersantai di lautan sambil makan kepiting, kerang, atau cacing.

Ada juga Zebra Shark yang memiliki kulit bintil-bintil. Hewan laut satu ini biasa hidup di laut Indo-Pasific. Panjang tubuhnya sekitar 2-3 meter.

Black Tip Reef Shark juga ada di sini. Ikan yang biasa hidup di kawasan Indo-Pasific dan Laut Mediterania itu bisa tumbuh hingga sepanjang dua meter.

Selain melihat aneke jenis hewan yang ada di lautan, anak-anak bisa menggambar di salah satu area. Tentu hewan yang digambar ada di Legoland Sea Life.

 

Belanja di Premium Outlets

Sandra mengatakan salah satu hal menarik yang bisa dilakukan di Johor Bahru adalah berbelanja. Ketika para anak sudah selesai bermain, giliran para ibu bisa berbelanja di Premium Outlets. Sekilas, penampilannya mengingatkan pada Gotemba yang berada di Shizuoka, Jepang.

Kawasan belanja itu setidaknya memiliki 150 outlet dari label-label mewah, seperti Aigner, Jimmy Choo, Prada, Nike, hingga Versace. Pusat perbelanjaan itu dibuka setiap hari dari pukul 10 pagi, waktu setempat, hingga 10 malam. Premium Outlets juga memiliki cabang di Genting Highlands.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini