Sukses

Keunikan Tenun Garut yang Bakal Mejeng di London Fashion Week 2022

Tenun Garut bakal diboyong oleh brand lokal Klamby ke runway London Fashion Week 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Jenama modest fashion lokal, Klamby bakal memeragakan koleksi mereka di London Fashion Week 2022. Fashion show yang akan memamerkan koleksi tenun Garut ini dapat disaksikan secara langsung eksklusif melalui website harpersbazaar.co.id pada Selasa, 20 September 2022, pukul 21.00 BST atau Rabu, 21 September 2022, pukul 10.00 WIB.

Founder and Creative Director Klamby Nadine Gaus menjelaskan pihaknya ingin membawa kearifan lokal Nusantara ke runway London Fashion Week 2022. Ia pun berharap dengan diboyongnya tenun Garut dapat semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai negara yang kaya budaya.

"Untuk London Fashion Week 2022, koleksi secara timeline Spring/Summer 2023 yang akan menjadi highlight adalah tenun Garut. Itu komposisinya sekitar 50 persen dari koleksi itu tercetak tenun Garut," kata Nadine dalam konferensi pers "Klamby on London Fashion Week 2022" di kawasan Senayan, Jakarta, Senin, 12 September 2022.

Nadine melihat tenun Garut berpotensi besar untuk berkembang di pasar global. Keunikan tenun ini,kata dia, dari segi warna yang berani dan materialnya yang menggunakan serat alam.

Nadine menjelaskan awal ketertarikannya pada tenun Garut. Ia mengaku itu dimulai dari melihat di pameran hingga berbincang dan buat janji bertemu dengan perajin tenun Garut.

Sebelum akhirnya memilih tenun ini, Nadine menyebut ingin melihat dahulu lingkungan kerja perajin hingga apa yang dikerjakan. "Klamby harus menemukan suatu wastra identitas baru yang menjadi pembeda antara kita dengan desainer lain," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dikenal juga Tenun Bulu

Kian mendalami tenun Garut, semakin Nadine tertarik untuk mengangkat tenun ini. "Pas lihat ke pabriknya langsung jatuh cinta banget, mereka berani secara warna, eksplorasi kainnya pun bagus," lanjutnya.

"Semuanya natural fiber. Itu yang buat aku ini kayaknya tepat, karena global market sangat into green fashion. Mereka senang dengan bahan-bahan yang natural, itu akan menjadi touch point selling Klamby yang sangat baik nantinya," kata Nadine.

Tenun Garut juga dikenal dengan nama lain tenun bulu. Proses pengerjaan tenun Garut juga terbilang unik dan tak biasa.

"Dia ditenun, tapi tidak secara sempurna, malah tenunnya agak dirusak. Akhirnya ada finishing yang belum selesai, cuman bentuknya kayak bulu-bulu," jelasnya.

Nadine menerangkan tenun Garut dibuat dari benang sutra yang terlebih dahulu dipintal oleh para perajin yang dibuat per panel. Setelah menjadi lembaran kain, satu-satu kain kembali ditenun.

"Tenun bulu itu enggak pas tenun selesai finishing-nya unfinished, jadi setelah selesai ditenun masih diguntingin satu-satu supaya terjadi si bulu-bulu-nya itu," tutur Nadine.

3 dari 4 halaman

Proses Panjang

Durasi waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan proses finish-unfinished tenun Garut itu sekitar 1--2 bulan. Proses ini bisa lebih lama lagi tergantung dari tingkat kerumitan pembuatan.

"Makanya, koleksi London Fashion Week Spring/Summer 2023 benar-benar akan dijual tahun depan karena proses pembuatan every piece-nya itu lama sekali," terang Nadine.

Selain itu, 50 persen dari koleksi yang membawa tenun Garut akan dipadupadankan untuk menciptakan tampilan modern. Selebihnya, tenun Garut akan dipadu dengan kain yang mereka buat sendiri.

Klamby, dikatakan Nadine kini memiliki DNA baru melalui tekstil, berupa laser cutting yang membentuk monogram-monogram Klamby. "Selebihnya akan ada signature collection berupa digital print Klamby yang selama ini sudah menemani selama ini ada juga di runway London Fashion Week," tambahnya.

Klamby berencana membawa 48 look di runway London Fashion Week 2022 dengan tampilan berhijab ada empat look. Siluet didominasi A-line atau loose karena mengusung konsep modest fashion.

"Yang menjadi problem modelnya ada 24, sedangkan look-nya ada 48, jadi kalau hijab terlalu banyak agak deg-degan di belakang gantinya, sedangkan non-hijab tinggal diganti headpiece-nya. Since ini pertama kali, jadi aku enggak mau risiko tim yang di sana nanti berangkat," kata Nadine.

4 dari 4 halaman

Lolos Kurasi

Untuk dapat memeragakan busana di London Fashion Week, Klamby melalui proses kurasi yang ketat. Ada perjalanan panjang yang pihaknya lalu, termasuk harus mengumpulkan portofolio.

"Saat diterima kita bertanya-tanya, ternyata simpel jawaban mereka karena Klamby DNA-nya kuat, lalu kedua, kita modest fashion brand. Ternyata London Fashion Week juga ingin melakukan diversifikasi, makanya di tahun ini mereka menerima modest fashion brand dan hanya satu yang diterima, yaitu Klamby," katanya.

Nadine menjelaskan portofolio yang dikumpulkan untuk kurasi London Fashion Week terdiri dari apa saja koleksi yang akan ditampilkan, filosofi tenun Garut, identitas Klamby, hingga store yang dimiliki. "Mereka inginnya brand yang sudah established yang ada di runway London Fashion Week," tambahnya.

Klamby turut menggaet tiga public figure Indonesia yang akan menghadiri ke acara London Fashion Week 2022, yakni Raisa, Patricia Gouw, dan Tantri Namirah. "Modest fashion bisa masuk ke berbagai kalangan, lingkupnya tidak kecil, tetapi inclusive and diverse," kata Nadine.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.