Sukses

Perubahan Gaya Rambut Ratu Elizabeth II dari Masa ke Masa

Kepergian Ratu Elizabeth II, membuat publik tertarik melihat kembali 96 tahun perjalanan hidupnya. Termasuk momen kecantikan dan mode sang ratu yang paling ikonik selama tujuh dekade.

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian Ratu Elizabeth II, membuat publik tertarik melihat kembali 96 tahun perjalanan hidupnya. Termasuk momen kecantikan dan mode sang ratu yang paling ikonik selama tujuh dekade.

Dari momen pernikahannya dengan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh pada 1947 dan penobatannya pada 1953 hingga kehadirannya di pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada tahun 2011. Serta beberapa tahun kemudian, saat Ratu Elizabeth hadir di pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada 2018.

Ratu Elizabeth II memiliki tampilan khas. Dia dikenal dengan potongan rambut bobnya yang dipoles dan dikeriting rapat. Ia juga setia dengan rambut warna cokelatnya sampai transisi ke menjadi putih seiring bertambahnya usia.

Perempuan yang akrab disapa Lilibet ini juga kerap memakai lipstik merah muda atau merah cerah untuk mencocokkan ansambelnya yang sama cerahnya. Ketika sang ratu tidak mengenakan mahkota, dia suka memakai topi dan kadang sangat menyukai aksesori.

Apa yang mungkin tidak diketahui banyak orang adalah bahwa Ratu Elizabeth II juga manikur. Dia selalu mengenakan warna pink-netral yang sama dari brand Essie yang disebut Ballet Slippers seharga 10 dolar atau setara Rp148.000.

Putri pertama Raja George VI ini sangat menyukai warna itu, bahkan dia lebih suka perempuan lain di keluarga kerajaan memakainya juga, itulah sebabnya Middleton dan Markle biasanya juga memakainya. Berikut beberapa momen perubahan gaya rambut mendiang Ratu Elizabeth II dari masa ke masa yang dirangkum Liputan6.com Jumat (9/9/2022).  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rambut Bob Ikal 1940 dan 1950-an

Putri Elizabeth muda sebelum naik takhta sebagai Ratu Inggris, tampil dengan gaya rambut bob ikalnya pada 1944. Dalam beberapa potret hitam putih, mengutip dari Pop Sugar, Jumat (9/9/2022) ia juga sempat berpose dalam seragam Sea Rangers-nya pertengahan 1940-an. 

Kala itu ia memulas riasan yang tampak alami dengan lipstik merah dan bob ikal khasnya. Untuk pernikahannya dengan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, pada 1947, sang putri memilih gaya tradisional. Dia mengenakan kerudung di atas rambut bobnya yang ikal, alis yang mengembang alami, dan bibir yang cerah untuk menyempurnakan tampilan pengantinnya. 

Pada 1952, saat tugas kenegaraan, Ratu Elizabeth II mengenakan riasan yang mirip dengan yang ia miliki di hari pernikahannya dengan bibir merah dan riasan mata yang minimal. Pada 1953 saat penobatan dirinya sebagai Ratu Inggris, ia tampak anggun dengan pulasan bibir merah tebal dengan rambut cokelat tua melengkung dan mencuat dari bawah mahkotanya. 

Selama turnya di Australia pada 1954, Ratu Elizabeth II melengkapi potongan rambut keritingnya dengan topi putih, yang serasi dengan sarung tangan dan tasnya. Kemudian selama turnya di Nigeria pada 1956, ibu empat orang anak ini memilih bibir merah yang lebih gelap, menonjol di antara gaun krem pucatnya. 

3 dari 4 halaman

Era 1960 hingga 1980-an

Selanjutnya, gaya rambut Ratu Elizabeth II cukup berubah banyak, ia membiarkan gaya bob panjang ikal sejak 1960-an. Bahkan gaya itu terekam saat ia berfoto dengan Presiden John F. Kennedy dan First Lady Jacqueline Kennedy pada 1961.

Rambutnya yang sedikit lebih panjang dari biasanya dengan lebih banyak volume di bagian akar dan samping ia jepit dengan gaya khasnya. Riasan Ratu saat itu tetap netral dan sesekali memakai lipstik warna merah maupun lebih gelap.

Sementara ketika memasuki kepala empat, sang Ratu sempat terlihat berfoto dengan Pangeran Philips mengenakan scarf bermotif untuk menutupi rambul ikalnya. Ia mengenakannya sesekali saat tak menggunakan aksesori topi, gaya tersebut mulai terlihat saat era 1980-an. Rambutnya saat itu juga masih nampak kecokelatan, dengan sedikit uban yang mulai tumbuh saat keempat anak-anaknya mulai besar dan Raja Charles kala itu sudah menikah dengan Putri Diana. 

Dengan alis lebat Ratu Elizabeth II cukup terkenal pada 1987, ia muncul di ruang hijau di Kastil Windsor dengan gaun polkadot putih. Ikat pinggang biru dan lipstik merahnya adalah satu-satunya warna yang mencolok dalam ansambelnya.

4 dari 4 halaman

Rambut Abu-Abu 1990-an

Seiring bertambahnya usia Ratu Elizabeth II, ia mulai sering tampil dengan warna rambut abu-abunya, tetapi mempertahankan gaya yang sama ia miliki hampir sepanjang hidupnya. Perubahan terbesar yang ia lakukan adalah menambahkan lebih banyak volume ke bagian atas kepalanya.

Selanjutnya riasan monokromatik Ratu Elizabeth II pada 2005 cukup ikonik, saat itu seluruh rambutnya sudah memutih. Media setempat menyebut penampilan Ratu Elizabeth II pada pertandingan polo Final Piala Ratu 2005 ini merupakan tampilan sempurna dari banyak penampilan kecantikan monokromatiknya.

Hampir dari keseluruhan tampilan hingga akhir hayatnya, Ratu Elizabeth II tetap setia dengan gaya rambut bob keritingnya. Hanya saja jika di masa muda lebih pendek, kemudian ia sempat memanjangkannya dan ada perubahan warna karena usianya yang makin bertambah. Selain itu Ratu Elizabeth sering kali mengenakan topi khas nya di berbagai kesempatan acara kerajaan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.