Sukses

Detail Jadwal 10 Hari Rangkaian Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Operasi London Bridge, nama kode untuk rencana aksi yang rumit setelah kematian Ratu Elizabeth II, telah dijalankan.

Liputan6.com, Jakarta - Operasi London Bridge, nama kode untuk rencana aksi yang rumit setelah kematian Ratu Elizabeth II, telah dijalankan. Hari wafatnya Yang Mulia seharusnya adalah D-Day atau H+0, tapi karena pengumuman datang terlambat kemarin, jadwalnya digeser. Artinya H+0 adalah hari ini, Jumat (9/9/2022).

Ini akan diikuti masa 10 hari berkabung yang berpuncak pada pemakaman Ratu, melansir The Sun, Jumat (9/9/2022). Rencana tersebut telah ada sejak 1960-an dan diperbarui setiap tahun, melibatkan cabang-cabang pemerintahan, polisi, Gereja Inggris, bahkan sektor transportasi di Kota London, Inggris.

Rencana lengkap akan dikonfirmasi Istana Buckingham, tapi gambarannya kurang lebih adalah sebagai berikut:

Hari Ini

Raja Charles III dan permaisuri menginap di Balmoral tadi malam, tapi akan kembali ke London hari ini. Terlepas dari kesedihannya, tugas panggilan untuk Charles dan audiensi pertamanya sebagai raja dengan Perdana Menteri Liz Truss diharapkan terjadi sesegera mungkin.

Raja juga akan membuat pidato televisi pertamanya. Ia akan bertemu dengan Earl Marshal, Duke of Norfolk, yang bertanggung jawab atas aksesi dan pemakaman Ratu, untuk menyetujui jadwal beberapa hari mendatang.

Raja akan memutuskan lamanya pengadilan atau berkabung kerajaan untuk anggota keluarga Kerajaan Inggris dan rumah tangga kerajaan. Ini akan berlaku setidaknya selama sebulan.

Pemerintah Inggris kemudian akan mengonfirmasi lama berkabung nasional, kemungkinan sekitar 12 hingga 13 hari, mulai sekarang hingga sehari setelah pemakaman Ratu Elizabeth II. Ini juga mengumumkan hari pemakaman akan jadi hari libur umum dalam bentuk Hari Berkabung Nasional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih Agenda Hari Ini

Perdana Menteri dan menteri senior akan menghadiri layanan peringatan publik di St Paul di pusat kota London. The Commons diharapkan duduk untuk mendengarkan penghormatan.

Bendera persatuan di gedung-gedung kerajaan akan dikibarkan setengah tiang, sementara lonceng akan dibunyikan di Westminster Abbey, Katedral St Paul, dan Kastil Windsor. Juga, tembakan meriam kehormatan, satu putaran untuk setiap tahun kehidupan Ratu, akan dilepaskan di Hyde Park dan di tempat lain. Lampu sorot di kediaman Kerajaan Inggris akan dimatikan dan masyarakat akan mulai meninggalkan bunga.

10 September 2022

Dewan Aksesi Inggris kemungkinan akan bertemu di Istana St James di London untuk secara resmi menyatakan Charles sebagai penguasa baru. Pertama, Dewan Penasihat berkumpul tanpa Raja untuk mengumumkan raja baru dan mengatur bisnis yang berkaitan dengan penobatan.

Kemudian, Charles memimpin Dewan Penasihat pertamanya, didampingi permaisuri baru Camilla, dan William, yang juga penasihat pribadi, untuk membuat pernyataan dan sumpah pribadi. Proklamasi publik pertama dari penguasa baru akan dibacakan di ruang terbuka dari balkon Friary Court di Istana St James oleh Garter King of Arms.

Bendera serikat kembali ke tiang penuh pada pukul 1 siang dan tetap di sana selama 24 jam bertepatan dengan penobatan penguasa baru sebelum kembali ke setengah tiang. Proklamasi dilakukan di seluruh kota dan di seluruh negeri. Charles juga akan bertemu dengan Perdana Menteri dan Kabinet.

 

3 dari 4 halaman

Minggu, 11 September 2022

Peti mati Ratu diperkirakan akan dibawa melalui jalan darat ke Istana Holyroodhouse di Edinburgh. Proklamasi akan dibacakan di parlemen devolusi Skotlandia, Welsh, dan Irlandia Utara di Edinburgh, Cardiff, dan Belfast.

Senin, 12 September 2022

Prosesi di sepanjang Royal Mile Edinburgh ke Katedral St Giles akan diikuti dengan kebaktian dan Vigil of the Princes yang dihadiri anggota keluarga kerajaan. Publik mungkin mendapatkan kesempatan untuk melihat peti mati Ratu di St Giles'.

House of Commons dan House of Lords diharapkan berkumpul di Westminster untuk Mosi Belasungkawa, yang dapat dihadiri Raja. Setelah meninggalkan Inggris dan mengunjungi Skotlandia, Charles akan melakukan perjalanan ke negara-negara lain di Inggris: Wales dan Irlandia Utara, yang dikenal sebagai Operation Spring Tide.

Selasa, 13 September 2022

Peti mati Yang Mulia akan diterbangkan ke London. Kemudian akan beristirahat di Istana Buckingham. Latihan untuk prosesi peti mati dari Istana Buckingham ke Istana Westminster akan diadakan.

 

4 dari 4 halaman

Rabu, 14 September 2022

Pembaringan kenegaraan akan dimulai di Westminster Hall setelah prosesi dan kebaktian yang dipimpin Uskup Agung Canterbury. Masyarakat akan memberi penghormatan selama empat hari dan bangsawan senior dapat berada di Vigil of the Princes.

Kamis, 15 September 2022

Peti mati Yang Mulia akan terus disemayamkan di Westminster Hall di bawah Operation Marquee. Latihan kemungkinan akan dilakukan menjelang prosesi pemakaman kenegaraannya di Westminster Abbey.

Jumat, 16 September 2022

Para kepala negara mulai berdatangan untuk menghadiri pemakaman. Raja memiliki audiensi lain dengan Perdana Menteri. Di malam hari digelar pertemuan untuk kepala negara, gubernur jenderal, perdana menteri kerajaan, dan tamu resmi kunjungan lain.

Senin, 19 September 2022

Pemakaman kenegaraan diharapkan berlangsung di Westminster Abbey. Peti mati Ratu akan dibawa oleh para pelaut dengan kereta meriam. Anggota senior kerajaan akan mengikuti. Setelah kebaktian, akan ada prosesi lain di Kapel St George di Kastil Windsor. Hening dua menit secara nasional direncanakan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.