Sukses

Mengenal Brand Skincare Lokal dengan Klaim Vegan

Apa yang dimaksud dengan produk skincare vegan?

Liputan6.com, Jakarta - Bisnis skincare lokal masih terus membuka peluang bagi para pemain baru. Salah satu yang baru saja meluncur adalah AYOM, brand lokal yang mengklaim sebagai produk vegan.

"Vegan itu tidak mengandung bahan hewani, semuanya dari tumbuh-tumbuhan," ujar dr. Olivia Ong, Founder AYOM sekaligus Founder Jakarta Aesthetic Clinic, dalam peluncuran perdana di Jakarta, Kamis, 8 September 2022. Nama AYOM diambil dari kata mengayomi yang menyimbolkan harapan bahwa produk bisa dijangkau masyarakat luas.

Brand itu dirintis dari pengalaman Olivia selama 16 tahun berfokus di kedokteran estetika dan anti-aging. Founder AYOM ini sudah merawat lebih dari 10 ribu wajah dan selalu memperhatikan fenomena pergeseran masalah kulit modern orang Indonesia.

Berangkat dari itu, ia menciptakan produk dengan formulasi yang hypo-allergenic, water-based, non-comedogenic, non-acnegenic, pH-balanced, dan microbiome friendly. Tujuannya adalah agar produk skincare buatannya bisa cocok untuk segala jenis dan warna kulit, sahabat kulit sensitif, aman untuk remaja, ibu hamil atau menyusui.

Di sisi lain, ia ingin menghadirkan produk perawatan kulit yang sederhana. Menurut dr. Olivia, perawatan kulit yang berlebihan juga tidak baik karena bisa menimbulkan berbagai masalah kulit yang kompleks. 

 

Ada empat produk yang jadi andalan. Pertama adalah sabun muka dengan kandungan pH 5,5. Menurut dia, pH itu sudah disesuaikan dengan pH kulit manusia agar lebih aman dan nyaman untuk kulit. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perawatan Dasar

Ia menyarankan produk digunakan setiap pagi dan sesudah beraktivitas. Fungsinya untuk mengangkat kotoran dan minyak berlebih di wajah, tanpa membuat kulit kering, dan tanpa meninggalkan residu.

"Facial cleanser ini kaya akan natural actives (Centella asiatica, Milk protein, dll.), bebas SLS & SLES, serta mengandung postbiotics yang mampu memperbaiki kerusakan skin barrier akibat sabun dan berbagai bahan kimia sintetik seperti detergen, parfum, dan pengawet (termasuk paraben)," ia menjelaskan.

Selanjutnya adalah AYOM Pore Treatment. Produk serum ramah mikrobiom itu berfungsi untuk mengurangi jerawat, komedo, minyak berlebih, dan memperbaiki kerusakan skin barrier, serta mengurangi kemerahan dan mengecilkan tampilan pori-pori. Di dalamnya terkandung myristoyl hexapeptide-5, encapsulated salicylic acid, dan centella asiatica extract postbiotics.

AYOM juga menawarkan Essential Serum. Serum ini mengandung SH-Oligopeptide-1, SH-Oligopeptide-2, SH-Polypeptide-1, SH-Polypeptide-9, SH-Polypeptide-11. Fungsinya untuk merawat aging dan mencegah penuaan dini dengan kandungan similar human. Serum juga mengandung vegan growth factors, yang efektif memperbaiki kerusakan kulit, menyehatkan dan merangsang pertumbuhan kolagen baru.

 

3 dari 4 halaman

All Purpose Sunscreen

Polusi terbukti membuat kulit lebih sensitif, mudah meradang, lebih berminyak, dan menurunkan keanekaragaman skin microbiome. Perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, dan komputer mengeluarkan blue light yang melemahkan skin barrier pada kulit yang berdampak pada percepatan penuaan kulit.

Matahari memancarkan sinar UV-A, UV-B, VIS (Visible Light) dan IR (Infrared). Sementara, perangkat elektronik mengeluarkan blue light.

AYOM All Purpose Sunscreen melindungi kulit wajah dari blue light dan sinar infrared yang bisa menyentuh kulit terdalam. Tak hanya sebagai tameng semata, sunscreen ini dikategorikan sebagai sunscreen aktif yang mengandung Centella asiatica, bunga matahari, dan beras untuk memerangi radikal bebas, mempertahankan kekenyalan, dan menjaga kesehatan kulit untuk jangka panjang.

"I can say AYOM is a breakthrough! Bisa digunakan segala usia karena formulanya mild enough to deliver a great result. Skin problem aku adalah dark spots, they visibly fades away dengan AYOM C-Serum & AYOM Bright Complexion combined," ujar Astrid Satwika, Beauty and Lifestyle Enthusiast.

 

4 dari 4 halaman

Masalah Kulit Julie Estelle

Astrid mengaku telah menggunakan AYOM selama tiga bulan. "Kulit anakku mudah iritasi sampai hampir lecet, nggak pernah kambuh lagi sekali pakai AYOM Facial Cleanser & AYOM Essential Serum. My mom and husband are using AYOM as well and their skin have improved so much!”

Beda lagi masalah kulit yang dialami Julie Estelle. Bintang The Raid 2 itu mengaku kulitnya cukup sensitif. "Biasanya, saat sering pakai makeup, wajahku suka timbul jerawat, sejak dua bulan lalu aku menggunakan AYOM Pore Treatment, kemerahan di wajahku sangat berkurang dan jerawat juga semakin jarang," kata Julie yang kini menetap di Amerika Serikat.

"So, pengalaman aku sih, aku happy banget! Dan salah satu produk favorit aku juga itu sunscreen-nya! Aduh, AYOM All Purpose Sunscreen itu enak banget, langsung nyerap di kulit, tidak berwarna dan nggak lengket gitu,” sambungnya.

Produk ini dipasarkan via toko daring dan di Jakarta Aesthetic Clinic secara offline. Kamu juga dapat mengecek media sosial mereka di Instagram @ayomskin.id dan website resmi www.ayom.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.