Sukses

Bebek Karet Raksasa Bakal Kembali Mengapung di Danau Seokchon Seoul

Bebek karet kuning raksasa yang menghebohkan Seoul delapan tahun lalu bakal kembali hadir di Danau Seokchon Seoul pada 30 September hingga 31 Oktober 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Bebek karet kuning raksasa yang menghebohkan Seoul delapan tahun lalu dengan bakal kembali ke kota tersebut pada musim gugur ini. Dikutip dari The Korean Times, Jumat, 9 September 2022, penyelenggara acara, Lotte Property & Development dan Kantor Distrik Songpa menyebut bebek karet berukuran super itu akan kembali berenang di Danau Seokchon, Distrik Songpa, Seoul Tenggara.

Kehadirannya tak lain sebagai bagian dari Proyek Bebek Karet Seoul 2022, yang dijadwalkan berlangsung dari 30 September hingga 31 Oktober 2022. Selama 32 hari proyek berjalan musim gugur ini, sisi timur Danau Seokchon akan terlihat bebek karet yang lebih besar dari aslinya, berdiri setinggi 18 meter dan berat beberapa ton, melayang dan meluncur di air.

Menandai kembalinya bebek karet, toko pop-up yang menjual barang dagangan edisi terbatas akan memenuhi lingkungan sekitar. Untuk musim Halloween mendatang, zona foto khusus akan disiapkan, dihiasi dengan berbagai versi bebek tiup asli, termasuk Bebek Kerangka, Bebek Dracula, Bebek Hantu, dan Bebek Pelangi.

"Acara ini diselenggarakan untuk menghangatkan hati semua orang di tengah masa-masa sulit ini dengan 'Rubber Duck,'" yang menjadi simbol penyembuhan dan harapan," kata Lee Jae-won, kepala tim pemasaran Lotte Property & Development.

Seri "Bebek Karet" ini dirancang oleh seniman visual Belanda bernama Florentijn Hofman, yang terkenal dengan instalasi perkotaan monumental namun sering kali memiliki gaya berkesenian dengan mainan. Gelaran ini memulai debutnya pada 2007 di Saint-Nazaire Prancis. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bebek Raksasa Lainnya

Bebek tersebut telah bepergian ke 16 kota besar di seluruh dunia. Beberapa kota yang disambangi meliputi Sydney, Osaka, Sao Paulo, Hong Kong, Pittsburgh dan Los Angeles, memenangkan hati jutaan orang di setiap perhentian. Instalasi tersebut juga menarik sekitar lima juta pengunjung selama pameran selama sebulan di Seoul dari 14 Oktober--14 November 2014 untuk merayakan pembukaan Menara Lotte World 123 lantai di dekatnya.

Itu bukan bebek raksasa satu-satunya yang berenang di perairan. Pada 2021 lalu, Bebek Tiup Raksasa juga mampir di Maine, sebuah negara bagian di Amerika Serikat. Tingginya sekitar 25 kaki dan mengapung di pelabuhan di lepas Belfast, sebuah kota kecil di tengah pantai Maine dan selatan Bangor, muncul terombang-ambing di air di bawah kegelapan.

Seolah-olah untuk menekankan pesan kegembiraan dari bermain yang ingin disampaikan penciptanya, kata "JOY" dituliskan di dada kuning bebek dengan huruf besar. Tali yang diikatkan pada pemberat tampaknya menahannya untuk tetap di tempatnya, sementara orang-orang yang melihat di perahu dan di sepanjang pantai menatapnya dengan heran.

Mengutip dari Boston Magazine, tidak ada yang tahu siapa yang meletakkannya di sana. Misteri seputar kedatangannya yang tiba-tiba tanpa pemberitahuan dengan cepat telah diketahui di seluruh negeri. 

 

3 dari 4 halaman

Ide Seniman Belanda

Namun, itu bukan bebek karet raksasa pertama yang mengapung di sepanjang pantai di kota-kota di seluruh Bumi, bukan yang terakhir juga. Bebek karet raksasa terlihat setidaknya sejak pertengahan tahun, ketika seorang seniman bernama Florentijn Hofman mulai memasangnya di saluran air dalam tur keliling dunia. Dia banyak menciptakan versi besar atau raksasa dari benda sehari-hari.

Karyanya yang paling terkenal, Rubber Duck, memulai debutnya pada 2007 di Saint-Nazaire, Prancis, dan sejak itu muncul di banyak kota di seluruh dunia. Pada 2011, Museum Seni Prefektur Hyōgo di Kobe, Jepang, menugaskannya untuk membuat karya lain, yang menjadi Kobe Frog.

Dalam sebuah wawancara pada 2013, yang dikutip dari South China Morning Post, ia menyatakan, "Saya tidak terlalu percaya pada 'seni selamanya'. Banyak seni dibeli oleh orang-orang yang punya uang. Tapi saya adalah pendukung seni publik di ruang publik." Dia juga sangat menentang komersialisasi seninya, dan hanya menjual replika miniatur yang keuntungannya diberikan kepada organisasi nirlaba lokal.

4 dari 4 halaman

Ditiru

Setelah populer, Bebek Hofman tak terhindarkan menjadi sumber inspirasi seniman lain. Berkali-kali selama bertahun-tahun, versi tiruannya muncul di pelabuhan di seluruh dunia. Hal itu membuat Hofman frustasi hingga berselisih dengan entitas seperti Pemerintah Ontario dan Festival Kapal Tinggi Philadelphia karena menipunya.

Dia marah  ketika aktivis Brasil mengerahkan bebek karet raksasa sebagai bagian dari gerakan protes, pada 2016. Ia geram karena bebek raksasa yang terinspirasi dari ciptaannya digunakan untuk tujuan politik. Bebek itu dituliskan dengan frasa Portugis yang diterjemahkan menjadi "Kami tidak akan membayar untuk apa yang bukan salah kami lagi."

Beberapa orang datang untuk membenci bebek ini. Kritikus seni mencibir daya tarik pasar massal mereka dan koneksi ke kota-kota yang tak terhitung jumlahnya. Seniman lainnya melihatnya sebagai pelanggaran terhadap tugas seniman publik.

Bebek raksasa itu juga pernah jadi buah bibir di Hong Kong karena mengempis secara mencurigakan. Di Taiwan, salah satu bebek meledak saat gempa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.