Tips Viral Liburan ke Pantai Hanya Bermodal Ongkos Rp14 Ribu

Oleh Henry pada 12 Sep 2022, 07:01 WIB
Diperbarui 12 Sep 2022, 07:01 WIB
[Fimela] Ilustrasi Liburan
Perbesar
Ilustrasi Liburan | unsplash.com/@jasonthomasphotography

Liputan6.com, Jakarta - Liburan menjadi momen yang diciptakan banyak orang untuk melepas penat dari rutinitas dan stres. Destinasinya juga beragam, dari wisata kota hingga wisata alam semacam gunung dan pantai.

Anggapan liburan menghabiskan banyak uang nyatanya bisa ditepis oleh seorang konten kreator. Lewat akun Tiktok @aa_njay, pria bernama Rizal Akbar ingin membuktikan bisa liburan ke pantai hanya bermodalkan uang Rp14 ribu.

"Ke pantai ongkosnya Rp7 ribuan, gaskeun baraya," tulisnya dalam unggahan di akun TikToknya, Kamis, 8 September 2022.

Dalam video tersebut, dia menceritakan perjalanan untuk menikmati liburan tanpa membuat kantong kering. "Healing-healing nggak bikin kantong kering!" ucapnya di awal video itu.

Rizal memilih pergi ke pantai di Selat Sunda, Merak, Banten. Ia bisa menikmati keindahan pantai tersebut dengan bujet yang sangat murah dan transportasi yang mudah.

"Perjalanan menggunakan KRL sampai dengan Stasiun Rangkasbitung dengan tarif sekitar Rp4.000, dilanjutkan dengan KAI lokal menuju Merak dengan tarif Rp3.000 (pesan di KAI Access dan wajib sudah vaksin) dari Stasiun Merak kita bisa naik angkot atau jalan kaki sekitar 10 menit, bisa langsung menikmati keindahan pantai yang sangat luar biasa," terangnya.

Ia menjelaskan, jadwal kereta di stasiun Parung Panjang pukul 12.08 menuju Rangkas Bitung menempuh waktu sekitar 1 jam. Rute kereta itu bisa dari stasiun mana saja dengan berangkat lebih pagi tentunya. "Tarif Rp4.000 dari Rangkasbitung menuju Merak pukul 13.50 WIB, dengan menempuh perjalanan sekitar 2 jam dengan tarif Rp3.000," sambungnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tiket Masuk Gratis

Pria Ungkap Tips Liburan ke Pantai Hanya Bermodal Ongkos Rp14 Ribu
Perbesar
Pria Ungkap Tips Liburan ke Pantai Hanya Bermodal Ongkos Rp14 Ribu.  foto: Instagram @aa_njay

Selanjutnya, Rizal jalan kaki dari Stasiun Merak sekitar 10 menit menuju Pantai Merak tanpa bayar tiket masuk alias gratis. Anda bisa menikmati keindahan Selat Sunda sekitar dua jam setelah itu Anda kembali ke stasiun.

"Kita harus segera ke stasiun karena kereta akan berangkat pukul 18.50 WIB dan tiba di Stasiun Rangkas sekitar pukul 21.00 WIB, dilanjutkan dengan perjalanan KRL menuju pulang. Sungguh indah bukan, liburan seru nggak harus mahal!," ungkapnya.

Rizal pun memberi tips ketika akan melakukan perjalanan seperti dirinya, harus memakai baju yang nyaman dan membawa baju ganti bila ingin bermain di pantai. "Bawa bekal secukupnya dan siapkan headset atau buku bacaan favorit agar perjalanan tidak begitu terasa. Pergi dan pulang cukup Rp14.000 saja. Lets try and enjoy," tutupnya.

Unggahan itu mengundang banyak komentar dari warganet lainnya. Tidak sedikit yang tertarik untuk mencoba cara liburan seru sekaligus hemat tersebut.

"Bisa dicoba nih liburan murah tapi tetep asik," komentar seorang warganet.  "Alhamdulillah jadi rame satu-satunya pantai di kota Cilegon," komentar warganet lainnya  "Wah beneran pengin nyoba tipsnya, kayaknya enak bisa healing dengan bujet minim," timpal warganet lainnya.


Healing ke Bali

Pria Ungkap Tips Liburan ke Pantai Hanya Bermodal Ongkos Rp14 Ribu
Perbesar
Pria Ungkap Tips Liburan ke Pantai Hanya Bermodal Ongkos Rp14 Ribu. foto: Instagram @aa_njay

 

Belakangan ini makin banyak influencer maupun Youtuber membagikan tips liburan ke berbagai tempat termasuk yang hemat biaya. Salah satunya ke Bali.

Banyak orang yang mengurungkan niatnya berlibur ke Bali karena khawatir biaya yang dibutuhkan akan sangat besar.  Mereka beranggapan biaya liburan ke Bali termasuk mahal. Padahal, ada cara tersendiri untuk bisa liburan hemat ke Bali ala backpacker.

Tips itu dibagikan oleh akun TikTok @septyarani. Pemilik akun bernama Devi Nikola ini mengungkapkan cara liburan ke Bali selama seminggu meski uang yang dimiliki terbatas dan dilakukan di masa pandemi Covid-19.  Dalam unggahan pada 27 Agustus 2021, Devi merangkum tips liburan murah ke Bali selama seminggu. 

1. Naik Bus

Untuk menuju Bali, Anda bisa menggunakan moda transportasi selain pesawat. Dalam video tersebut, wanita ini memilih untuk naik bus dari Kediri dengan harga tiket Rp285 ribu. Ia juga membayar Rp100 ribu untuk tes antigen sehingga uang yang dikeluarkan totalnya adalah Rp385 ribu.


2. Sewa Homestay

4 Tips Liburan Murah Selama Seminggu di Bali
Perbesar
4 Tips Liburan Murah Selama Seminggu di Bali. foto: TikTok @ septyarani

 

Sampai di Bali, Devi menyewa homestay seharga Rp500 ribu untuk satu minggu. Di homestay tersebut tersedia dapur dan kulkas sehingga ia bisa masak untuk menekan biaya makan.

3. Sewa Motor

Untuk transportasi selama di Bali, Devi memilih untuk menyewa motor selama satu minggu. Biaya yang dikeluarkan untuk sewa motor adalah Rp400 ribu.Bepergian dengan motor dianggap lebih murah dan menghemat waktu. Tentunya jangan lupa untuk mengenakan helm dan memakai masker.

4. Berkunjung ke sejumlah wisata murah dan gratis

Devi memilih destinasi wisata yang tak perlu membayar tiket masuk. Ia datang ke Pantai Jimbaran serta Pantai Kuta dan hanya perlu membayar Rp2.000 untuk parkir motor.  Ia juga berkunjung ke Pantai Melasti dengan membayar Rp10 ribu per orang. Devi juga pergi ke Bedugul dan masuk lewat kafe dengan membeli minuman.

Sampai berita ini ditulis, video tentang cara liburan murah di Bali ini sudah ditonton lebih dari 1.6 juta kali dan mendapatkan lebih dari 1.900 komentar dari warganet. "Thanks kak infonya...bisa nabung dulu lah buat honeymoon ala backpacker...murah tapi berkesan," komentar seorang warganet.

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya