Breakout Lagi? Ini 5 Cara Ampuh Mencegah Jerawat Muncul dan Hilangkan Bekasnya

Oleh Gilar Ramdhani pada 18 Sep 2022, 12:32 WIB
Diperbarui 18 Sep 2022, 12:32 WIB
Ini 5 Cara Ampuh Mencegah Jerawat Muncul dan Hilangkan Bekasnya
Perbesar
(Shutterstock/Pormezz)

Liputan6.com, Jakarta Memiliki wajah bersih, mulus, dan glowing adalah impian banyak orang, terutama wanita. Sayangnya, masalah kulit seperti breakout menjadi salah satu malapetaka di kehidupan. Pasalnya, nggak hanya membuat wajah tidak mulus, jerawat dan kondisi kulit iritasi juga timbul. 

Pada saat mengalami breakout, kondisi kulit kamu akan berjerawat dalam jumlah lumayan banyak, meradang, dan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Penyebab munculnya jerawat salah satunya adalah ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Atau bisa terjadi karena sedang mencoba produk perawatan kulit wajah baru, yang biasanya menandakan ketidakcocokan dengan kulit.

Tidak hanya terkait pemilihan produk perawatan kecantikan saja, namun juga kebiasaan sehari-hari dalam merawat wajah. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan penyebabnya agar dapat mengatasi breakout dengan tepat.

Ini dia 5 cara ampuh untuk mencegah timbulnya jerawat serta menghilangkan bekasnya.

1. Nutrisi Kulit

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Breakout Lagi? Ini 5 Cara Ampuh Mencegah Jerawat Muncul dan Hilangkan Bekasnya
Perbesar
(Shutterstock/Auttapol Tatiyarat)

You are what you eat (kamu adalah apa yang kamu makan)’ adalah peribahasa yang tepat untuk menggambarkan kondisi kulit kita. Salah satu rahasia kulit yang sehat adalah terpenuhinya asupan nutrisi seperti vitamin. Breakout bisa terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi kacang-kacangan, makanan pedas, serta kekurangan vitamin D.

Selain lewat paparan sinar matahari, vitamin D juga bisa didapat lewat makanan seperti ikan salmon, sarden, minyak ikan, tuna kalengan, kuning telur, jamur, atau produk lainnya yang mengandung vitamin D seperti sereal, susu kedelai, oatmeal, dan lain-lain.


2. Perbanyak Minum Air Putih

Perhatikan Sumber Mata Air
Perbesar
Ilustrasi minum air putih. (Credit: Shutterstock)

Cara mencegah breakout seperti jerawat dapat dilakukan dengan memperbanyak minum air putih. Tips ini cukup dipercaya mampu merawat kecantikan kulit wajah dan menghindarkannya dari jerawat. 

Minum air putih adalah salah satu cara paling mudah dan ampuh dalam mengembalikan kekurangan cairan tubuh. Begitu juga pada kulit wajah, hal ini dapat membantu menutrisi dan mengatasi kulit berjerawat akibat breakout. Pastikan kamu selalu mengkonsumsi 8 gelas air putih per hari agar kulit selalu lembab dan sehat.

3. Katakan Tidak pada Stress

Salah satu penyebab wajah breakout yang jarang disadari adalah faktor hormonal atau karena stres. Stres karena pekerjaan yang menumpuk, sering begadang, atau banyaknya kegiatan bisa menyebabkan hormon berfluktuasi.

Hal inilah yang mendukung dalam kemunculan breakout di wajah, sehingga membuatnya jadi jerawatan. Ketika hormon stres sedang naik, ini akan merangsang kelenjar minyak di wajah secara berlebihan. Minyak ini nantinya bisa menimbulkan jerawat dan wajah mengalami breakout. Oleh karena itu, kamu perlu membersihkan wajah dengan teratur dan rutin.


4. Gunakan Masker Alami

Almond dan Susu Perpaduan Sempurna untuk Dapatkan Kulit Cerah
Perbesar
Ilustrasi memakai masker alami.

Cara mengatasi wajah breakout bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk dijadikan masker wajah. Seperti, masker alpukat yang kaya akan vitamin E yang dapat menembus pori-pori kulit. Dan ditambahkan madu yang mengandung hidrogen peroksida dan bersifat anti-bakteri. Kombinasi kedua bahan ini mampu menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Ambil setengah bagian alpukat, tumbuk hingga halus, tambahkan 1 sdm madu. Aplikasikan pada wajah yang telah bersih. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Perawatan dengan Rangkaian Skincare 

Step terakhir dan penting dalam mencegah breakout yaitu dengan melakukan rutinitas perawatan skincare. Penyebab wajah breakout bisa terjadi karena perawatan kulit yang salah. Sering berganti-ganti jenis produk skincare dan kosmetik, kurang teratur membersihkan wajah, terlalu sering mencuci muka atau eksfoliasi, terlalu kasar menggosok kulit wajah dengan handuk merupakan beberapa contoh penyebab wajah breakout yang utama.

Menjaga wajah tetap bersih tetap penting meskipun kamu sedang tidak memakai makeup. Debu dan kotoran lainnya tetap bisa menempel di wajah meskipun kamu beraktivitas di rumah sepanjang waktu, sehingga membersihkan wajah secara rutin dapat membantu menyeimbangkan minyak di kulit. Dengan menggunakan rangkaian skincare seperti facial cleanser, toner, serum, essence, dan moisturizer adalah salah satu cara yang bisa dilakukan dalam  mencegah terjadinya breakout serta bisa menghilangkan bekas jerawat sesuai dengan kandungannya yang dipakai.

Masih khawatir sama situasi wajah breakout? Langsung saja ikuti 5 tips di atas untuk mencegah timbulnya jerawat sekaligus menghilangkan bekasnya. Say Goodbye to Breakout, Welcome beauty.

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya