Hei Para Pekerja! Ternyata Hal-Hal Kecil Ini Bisa Buat Kamu Jadi Stres di Tempat Kerja

Oleh Fachri pada 08 Sep 2022, 14:30 WIB
Diperbarui 08 Sep 2022, 14:30 WIB
Kerja.
Perbesar
Ilustrasi perempuan sedang stress bekerja. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Pekerjaan yang dilakukan setiap hari, tak menutup kemungkinan bisa membuat kamu jadi stres. Apalagi jika rutinitas yang dijalankan hanya itu-itu saja, tidak ada variasi dan monoton. Ditambah, jika kamu sedang berhadapan dengan beban kerja yang banyak dan juga deadline, makin stres kan?

Eits, tapi, selain beban kerja dan juga deadline yang kamu punya, sebetulnya ada lho hal lain yang bisa buat kamu makin stres saat bekerja. Itu tidak selalu hal-hal yang besar, tapi yang kecil pun berpengaruh.

Banyak hal-hal kecil yang jadi penyebab kamu semakin stres di tempat kerja. Untuk itu, kamu harus tahu ya hal-hal yang menyebabkannya. Simak selengkapnya di bawah ini!

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Meja Kerja Tak Rapi

Meja kerja yang tak rapi alias berantakan menjadi salah satu hal yang bisa memengaruhi produktivitas kamu dalam bekerja ya. Selain tak enak dipandang, meja kerja yang berantakan bisa membuat kamu makin stres. Alasan lainnya, ketika kamu bekerja di lingkungan yang berantakan, kamu bisa banyak menghabiskan waktu untuk hal-hal yang kurang penting, seperti mencari berkas di tumpukan kertas atau mencari catatan penting yang terselip.

2. Jam Kerja Berlebih

Selain karena manajemen waktu yang buruk, pekerjaan yang menumpuk juga sering membuat seseorang harus bekerja hingga lembur. Dengan jam kerja yang berlebih tersebut, kesehatan fisik bahkan mental kamu bakal terganggu lho!

Jam kerja yang berlebih juga tak menjamin seseorang untuk dapat bekerja secara efektif. Apalagi jika itu dirasakan saat tubuh dan pikiran kamu berada pada kondisi lelah. Pada intinya, kurangnya waktu istirahat dan work-life balance kamu akan terganggu jika jam kerja berlebih.


3. Manajemen Waktu yang Buruk

Nah, ini juga menjadi salah satu penyebab utama stres di tempat kerja. Permasalahan dasarnya adalah manajemen waktu kamu yang kurang matang atau bahkan buruk. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus disiplin membuat perencaan yang tepat setiap harinya. Kamu bisa memulainya dengan membuat to-do-list dengan menaruh pekerjaan yang paling penting sebagai prioritas.

4. Selalu Berkata Ya

Ini hal yang paling vital, tapi terkadang lupa kita anggap sebagai hal yang penting. Menjadi seorang yang selalu berkata ya adalah sesuatu yang naif. Yup, dalam kehidupan, kamu tak bisa menyenangi semua orang, tapi yang paling penting adalah bagaimana kamu bahagia dengan diri sendiri.

Apalagi di tempat kerja, ketika atasan atau senior kamu menyuruh melakukan sesuatu di waktu yang berbeda dengan job desc yang berbeda, pasti pusing kan? Untuk itu, kamu harus berani untuk berkata tidak, tak selalu berkata ya.

Itulah 4 hal yang bisa menjadikan stres di tempat kerja yang mungkin kamu tidak sadar. Untuk itu, kamu harus cepat mencegah hal tersebut semakin menjadi-jadi ya, jangan sampai produktivitas kamu terganggu! Jaga selalu kesehatan kamu, terutama mental di tempat kerja.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya