Brand Lokal Favorit Presiden Jokowi Rancang Sepatu Khusus untuk Kurir Paket

Oleh Henry pada 08 Sep 2022, 07:02 WIB
Diperbarui 08 Sep 2022, 07:02 WIB
Lebih Mahal Bukan Berarti Lebih Baik
Perbesar
Ilustrasi Sepatu. Credit: pexels.com/Sabrina

Liputan6.com, Jakarta - Brand lokal makin unjuk gigi. Setelah beberapa kali dipesan Presiden Jokowi dan dipakai saat turun lapangan, Nah Project kini digandeng sebuah perusahaan logistik untuk merancang sepatu spesial bagi para kurir.

JDL Express Indonesia (PT Jaya Express Transindo) baru saja berkolaborasi dengan jenama sepatu asal Bandung untuk merayakan ulang tahun ke-7 yang jatuh pada 15 Agustus 2022 lalu. Kolaborasi itu sekaligus sebagai dukungan untuk memajukan brand lokal.

Kenapa sepatu? Barry Lim selaku CEO JDL Express Indonesia, sepatu merupakan salah satu simbol bahwa perusahaan logistik itu memprioritaskan keselamatan kurir saat bekerja, terutama saat mengendarai motor.

Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 12 Tahun 2019 [1], para pengemudi diimbau untuk menggunakan sepatu saat mengendarai sepeda motor. Di sisi lain, sepatu juga bisa menjadi identitas dari brand.

Bersama dengan Nah Project, mereka merancang sepatu yang bisa mendukung performa sekaligus penampilan para kurir pengantar paket. Tidak semua dari mereka akan menerima, tetapi itu menjadi hadiah bagi mitra kurir JDL yang berprestasi di seluruh wilayah tempat mereka beroperasi di Indonesia.

"Kolaborasi dengan NAH Project ini juga diharapkan bisa menginspirasi masyarakat, khususnya seluruh rekan JDL Express Indonesia untuk lebih cinta dan bangga terhadap produk lokal," terang Barry dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Pemberian sepatu ini diwakilkan kepada tujuh kurir pertama JDL Express Indonesia yang saat ini telah menjadi leader di sejumlah drop point di wilayah Jabodetabek dan Pulau Jawa, oleh Eko Pramudito, Chief People & Culture Officer.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


500 Pasang

Ulang Tahun ke-7, JDL Express Indonesia Siapkan Sepatu Khusus untuk Kurir Terpilih
Perbesar
Ulang Tahun ke-7, JDL Express Indonesia Siapkan Sepatu Khusus untuk Kurir Terpilih.  foto: dok. JDL Express

Ia menambahkan, "Kurir-kurir kami juga sosok penting bagi perjalanan JDL Express Indonesia, terutama dalam memberikan layanan terbaik kepada konsumen. Oleh karena itu, apresiasi dan dukungan yang diberikan dalam bentuk pemberian sepatu ini sangat berarti."

Kolaborasi ini pun mendapat apresiasi positif dari San Teresia Penglipurati, selaku Creative Director NAH Project. "Kami senang dapat dipercaya menjadi bagian dari upaya JDL Express Indonesia memberikan perlindungan dan apresiasi kepada sosok paling penting bagi perjalanan JDL Express Indonesia dalam memberikan pelayanan terbaiknya," ucapnya.

Ia menjelaskan desain sepatu itu terinspirasi dari mobil sport. Warna merah mewah dipilih untuk menggambarkan kecepatan, inovasi, dan akselerasi dari perusahaan. Berhubung sepatu ini menjadi item wajib kurir, materialnya diganti dan disesuaikan dengan kebutuhan para kurir.

Sepatu NAH Project yang biasanya menggunakan canvas diganti menjadi faux leather agar mudah dibersihkan, nyaman, dan membawa kesan terbaik untuk para kurir itu sendiri. Ada 500 pasang sepatu yang secara bertahap akan didistribusikan kepada kurir JDL Express Indonesia dan diharapkan dapat mendukung peningkatan keselamatan dan kinerja rekan kurir, sehingga dapat terus memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.


Sepatu Mahal Pengemudi Ojol

Ulang Tahun ke-7, JDL Express Indonesia Siapkan Sepatu Khusus untuk Kurir Terpilih
Perbesar
Ulang Tahun ke-7, JDL Express Indonesia Siapkan Sepatu Khusus untuk Kurir Terpilih. foto: dok. JDL Express

Tak hanya para kurir, sepatu juga tak kalah penting bagi para pengemudi ojek online alias ojol, seperti yang disorot belum lama ini. Publik dibuat melongo usai melihat salah satu video yang diunggah oleh akun Instagram @dodi_setiapriadi.

Awalnya tidak ada yang aneh, seorang driver ojol ikut mengantre untuk mengambil pesanan makanan pelanggan. Namun mendadak, warganet dibuat gagal fokus oleh sepatu yang dikenakan oleh pengemudi ojol berjaket hijau itu. "Ojol bukan sembarang ojol," tulis keterangan video tersebut.

Dalam video yang dibagikan, seorang pengemudi ojol sedang mengambil pesanan dari pelanggan untuk membeli makanan di salah satu warung pinggir jalan. Mata jeli warganet lalu dibuat salah fokus melihat sepatu mahal yang dikenakan oleh driver ojol tersebut.

Menurut penelusuran pemilik akun, driver ojol ini mengenakan sepatu Nike Air Jordan Low Travis Scott x Fragment Basketball yang dijual dengan harga Rp26 jutaan. Banyak yang kaget dan seakan tak percaya melihat video pengemudi ojol yang pakai sepatu mahal seharga puluhan juta rupiah ini.


Harga Sepatu Driver Ojol

Sepatu mahal driver ojol yang bikin kaget warganet
Perbesar
Sepatu mahal driver ojol yang bikin kaget warganet.  foto: Instagram @dodi_setiapriadi

 

Warganet lalu meninggalkan berbagai komentarnya usai video tersebut menjadi viral di Instagram. "Orang berduit yang gabut ya gini min," komentar salah seorang warganet. "Mungkin dia intel yang lagi nyamar," komentar warganet lainnya.  "Ori/KW/baru/second tetap harganya lumayan, salut buat bang ojol, semangat cari cuannya," tulis warganet lainnya.

Harga sepatu itu jelas jauh dari harga sepatu pesanan Jokowi. Pada 2018 lalu, Jokowi sempat memesan tiga pasang sneakers sekaligus dari NAH Project.

Tiga pasang sneakers yang dikenakan Jokowi memiliki model yang sama dengan harga sekitar Rp600 ribuan. Namun, terdapat satu pasang yang memiliki material langka dan belum dikenakan Jokowi hingga kini. Sementara, dua pasang lainnya sudah Jokowi kenakan untuk menghadiri We The Fest 2018 (varian carbon black) dan GIIAS 2018 (varian oreo gray).

Melalui ajudannya, Jokowi pun berkomentar tentang sneakers lokal yang ia pesan dari NAH Project. "Bapak udah coba tiga-tiganya. Katanya bapak suka sama tiga-tiganya. Jadi bakal dipake," ujar Rizky selaku CEO NAH Project yang meniru ucapan ajudan Jokowi ketika dihubungi Liputan6.com melalui sambungan telepon.

Infografis Eksistensi Sepatu Lokal di Tanah Air.
Perbesar
Infografis Eksistensi Sepatu Lokal di Tanah Air. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya