Sukses

Kiat Berbisnis Parfum agar Napasnya Bertahan Lama

Industri parfum lokal terus berkembang dengan memanfaatkan jalur e-commerce dan keinginan memahami kebutuhan konsumen.

Liputan6.com, Jakarta - Industri parfum lokal terus bergeliat dan bersaing menyuguhkan produk berkualitas. Salah satu pemainnya adalah Carl & Claire yang dirintis sejak 2019. Nouva Puspita, founder sekaligus CEO brand parfum tersebut melirik ladang itu di tengah menjamurnya brand skincare dan makeup lokal.

Nouva menuturkan, ia sengaja merintis usaha itu dilatarbelakangi kebutuhan orang Indonesia akan produk wewangian berkualitas tinggi tetapi harga yang lebih bersahabat. Ia menilai saat itu jarang menemukan produk yang memenuhi kriteria tersebut.

Sempat ragu di awal, Nouva berhasil mengatasi tantangan itu berkat rasa ingin tahu. Ia mengulik seluk beluk bisnis parfum lebih dalam hingga akhirnya memasarkannya secara luring.

Ia berpartisipasi di bazaar dengan membawa stok ribuan botol parfum. Ia optimistis bisa menjual habis, walau kenyataannya hanya bisa menjual lima botol saja dalam dua hari penjualan. Hingga tujuh hari mengikuti pameran, Carl & Claire hanya mampu menjual puluhan botol saja.

Dari sana, Nouva banyak belajar dan mengumpulkan informasi selama berinteraksi langsung dengan pembeli. Ia belajar memahami lebih dalam serba-serbi parfum dari kacamata konsumen, seperti kekhawatiran, minat, faktor yang menjadi daya tarik, dan perilaku belanja konsumen.

Informasi dari lapangan itu jadi bekal untuk menyusun strategi bisnis yang lebih mumpuni. Tapi, kegagalan tetap saja terjadi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

30 Varian

 

Pada tahun pertama berbisnis, Carl & Claire menawarkan 30 varian parfum. Saat itu, ia beranggapan dengan semakin banyak pilihan, konsumen akan mudah mendapatkan produk yang diinginkan.

Nyatanya, angka penjualan tidak sesuai yang diharapkan. Setelah dievaluasi, hal itu rupanya terjadi karena Carl & Claire dijual tanpa meriset kebutuhan konsumen terlebih dulu. Banyak pilihan parfum justru membuat pembeli kebingungan.

"Belajar dari kegagalan tersebut, kini ragam koleksi Carl & Claire selalu hadir berdasarkan pemetaan konsep yang diklasifikasikan berlandaskan kebutuhan, tren, dan karakter masyarakat," tutur Nouva dalam acara daring Media Seller Story Shopee 9.9 Super Shopping Day pada Selasa, 5 September 2022. 

Setelah bisnisnya mulai terarah, Nouva harus menghadapi kenyataan lain, yakni pandemi Covid-19. Situasi serba terbatas dan tak biasa itu memaksanya kembali menyusun strategi penjualan dan beradaptasi dengan cara baru.

Keterbatasan ruang gerak serta perubahan perilaku konsumen, Carl & Claire mulai fokus memanfaatkan ranah digital. Ia menggunakan beragam cara, mulai dari pembuatan konten menarik hingga memanfaatkan platform e-commerce yang dapat memperluas jangkauan serta kemudahan akses bagi konsumen.

3 dari 4 halaman

Memanfaatkan Marketplace

Nouva melihat kemajuan teknologi tidak hanya menawarkan cara baru dalam pembuatan produk parfum yang inovatif. Perkembangan bisnis belanja online akhirnya membawa Nouva memulai berjualan dan bergabung bersama Shopee. 

"Kami merasa sangat terbantu dan ingin mengucapkan terima kasih untuk Shopee, khususnya di tengah situasi pandemi, di mana kami pelaku usaha dihadapkan oleh keterbatasan ruang gerak serta perubahan gaya hidup masyarakat. Namun, Shopee tetap terus memberikan wadah dan semangat bagi para pelaku usaha melalui inovasi dan program demi menjaga keberlangsungan bisnis kami," kata Nouva.

Carl & Claire telah bergabung di ShopeeMall sejak 2021, guna semakin memperkuat kehadiran mereka dalam ranah digital. Nouva berupaya untuk semakin memperkuat kredibilitasnya sebagai brand terhadap konsumen.

Dengan memanfaatkan fitur dan program yang disesuaikan dengan kebutuhan market baik pembeli maupun penjual butuhkan, Carl & Claire merasakan pengaruh positif dalam perluasan jangkauan produk, mengembangkan toko dan pertumbuhan penjualan. Terbukti hingga saat ini salah satu produk favorit dari Carl & Claire, Black Orchid Perfume, terjual habis setiap mengikuti kampanye.

4 dari 4 halaman

Manfaatkan Insight

Seiring waktu, bisnis wewangian yang dijalani Nouva mulai menemukan arah. Antusiasme pengguna juga terlihat pada beberapa produk terfavorit di aplikasi Shopee antara lain Rosie Collection, Delicate, Lady dan Travel Size 12 ml. Produk-produk ini sering ditanyakan melalui fitur chat dan menjadi wishlist product dari pengguna Shopee. 

Salah satu program yang sedang berlangsung adalah keikutsertaan berbagai kampanye di marketplace. Program ini menjadi momentum bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan eksposur melalui fitur-fitur yang ditawarkan. Carl & Claire memiliki strategi dan persiapan khusus saat berpartisipasi dalam kampanye ini, apalagi melihat animo tinggi khususnya dalam menyambut festival belanja akhir tahun.

Berbagai persiapan dilakukan, mulai dari menjaga ketersediaan stok, promo-promo yang hadirkan hingga optimasi iklan. Selain itu, memanfaatkan halaman analisa untuk mencari insight mengenai perilaku atau preferensi konsumen.

"Dengan mengetahui performa penjualan serta produk-produk favorit, Carl & Claire dapat menyusun strategi yang tak hanya menarik kunjungan ke tokonya tetapi juga efisien dan efektif dalam menjalankan kampanye ini," lanjut Nouva. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.