Sukses

6 Fakta Menarik Venezuela, Negara Penjual BBM Paling Murah

Venezuela juga menjadi rumah bagi air terjun tertinggi di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Venezuela adalah sebuah negara di ujung utara Amerika Selatan. Ibu kotanya berada di Caracas, yang dianggap sebagai pusat kekuatan politik dan ekonomi di Venezuela sejak abad ke-19.

Mengutip britannica.com, Rabu, 7 September 2022, luas negara ini setara dengan wilayah Prancis dan Jerman yang disatukan. Walau terbilang kecil, negara ini menjadi salah satu yang disorot saat terjadi kenaikan harga BBM di Indonesia. Pasalnya, negara Amerika Latin ini menerapkan harga bahan bakar fosil termurah di dunia. Apa lagi fakta menarik dari Venezuela yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber?

 

1. Sistem Pemerintahan

Berdiri pada 23 Januari 1961, Venezuela meresmikan diri sebagai republik federal yang terdiri dari dua puluh negara bagian, dua wilayah federal (Amazonas dan Delta Amacuro), dan Distrik Federal (Caracas). Kekuasaan pemerintah dibagi antara pemerintah nasional dan pemerintah negara bagian, distrik, dan kotamadya. Namun, sepanjang sebagian besar sejarahnya, kekuatan pemerintah nasional di Caracas mendominasi.

Sistem pemerintahan Venezuela yaitu sistem pemerintahan Republik Presidensil Federal. Nama resmi Venezuela yaitu Republik Bolivaria Venezuela. Negara ini berbatasan dengan Guyana di sebelah Timurnya dan berbatasan dengan Kolombia di sebelah Baratnya. Sedangkan di sebelah Selatan berbatasan dengan Brasil dan di sebelah Utaranya adalah Laut Karibia.

2. Harga BBM Paling Murah

Menurut Globalpetrolprices.com, harga rata-rata bensin di seluruh dunia adalah 1,34 dolar AS (Rp20.034) per liter. Namun, ada perbedaan substansial dalam harga ini di antara negara-negara.

Negara-negara kaya biasanya menetapkan harga BBM yang lebih tinggi, sebaliknya negara-negara miskin dan negara-negara yang memproduksi dan mengekspor minyak memiliki harga yang jauh lebih rendah, kecuali Amerika Serikat (AS), yang merupakan negara maju secara ekonomi, tetapi memiliki harga yang jauh lebih rendah.

Venezuela berada di urutan atas negara dengan harga BBM terendah per 5 September 2022. Harga bensin oktan 95 di Venezuela adalah 0,022 dolar AS atau sekitar Rp328 per liter. Tidak heran, Venezuela telah menjadi produsen minyak sejak 1914 dan dengan 300,9 miliar barel. Negara ini memiliki cadangan minyak terbesar dari negara mana pun di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Air Terjun Tertinggi di Dunia

Mengutip Bigseventravel.com, Venezuela adalah rumah bagi Angel Falls, juga disebut Salto Angel. Nama asli dan resminya adalah Kerepakupai mer yang berarti 'air terjun dari tempat terdalam'. Dengan ketinggian 979 meter (3.211 kaki) dan penurunan 807 meter (2.648 kaki), ini adalah air terjun tak terputus tertinggi atau tertinggi di dunia.

Angel Falls terjun di tepi Gunung Auyán-tepui, yang terletak di Taman Nasional Canaima. Situs Warisan Dunia UNESCO seluas 30 ribu km2 (12.000 sq mi) ini adalah taman nasional terbesar keenam di dunia. Luasnya sama dengan ukuran negara Belgia.

4. Bisnis Kontes Kecantikan

The Big Four adalah kontes kecantikan internasional utama untuk wanita – Miss World, Miss Universe, Miss International, dan Miss Earth. Venezuela telah memenangkan tujuh gelar Miss Universe menjadikannya negara kedua dengan mahkota terbanyak.

Di tempat pertama ada AS dengan delapan kemenangan sekaligus peraih gelar Miss Universe terbanyak. Namun, Venezuela juga telah mengambil delapan gelar Miss International, enam gelar Miss World, dan dua gelar Miss Earth menjadikannya negara pertama dan satu-satunya yang memenangkan keempat kontes beberapa kali.

3 dari 4 halaman

5. Destinasi Terbaik di Venezuela

Tempat terbaik untuk dikunjungi tidak selalu mudah dijangkau, tidak terkecuali di Venezuela. Beberepa dari destinasi ini jauh dari jalur yang ramai. Berikut beberapa tempat terbaik di Venezuela menurut Planetware.com.

Canaima National Park and The Gran Sabana

Taman Nasional Canaima mencakup tiga juta hektar dan terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Biasanya diasosiasikan dengan Angel Falls dan area di sekitar kota Canaima, tetapi ini sebenarnya hanya area kecil dari taman yang sangat beragam.

Taman ini juga meliputi dataran tinggi La Gran Sabana dan mencakup lebih dari 100 tepui (table mountain), yang menjulang lebih dari seribu meter di atas sabana. Perjalanan melalui Gran Sabana dan Taman Nasional Canaima adalah pengalaman unik dan bahkan tidak perlu digabungkan dengan perjalanan ke Angel Falls, terutama pada musim kemarau.

Sorotan di daerah ini adalah banyak air terjun yang tersebar di seluruh area, terutama di Gran Sabana dekat perbatasan Brasil. Berenang di dasar air terjun adalah salah satu yang menarik dan dapat memberikan pelarian yang menyegarkan dari panasnya matahari tengah hari selama musim kemarau.

Roraima

The table-top mountain Roraima memiliki daya tarik memikat bagi pecinta alam dan pencari petualangan, dengan keajaiban Jack dan Pohon Kacang yang melekat padanya. Menjulang dari dataran rendah di sekitarnya, Roraima adalah pulau di langit yang telah menarik perhatian orang selama berabad-abad, dengan formasi batuan yang aneh, air terjun, dan tanaman pemakan daging.

Tepui, sebutan bagi gunung berpuncak datar ini bahkan menjadi inspirasi untuk novel terkenal Arthur Conan Doyle The Lost World. Roraima adalah salah satu tepui tertinggi di Taman Nasional Canaima. Ini juga merupakan salah satu tujuan pendakian yang paling mudah diakses dan populer, meskipun merupakan pendakian multi-hari yang menuntut. Suhu turun saat naik semakin tinggi dan Roraima sering berawan, berkabut, atau hujan, jadi pejalan kaki harus bersiap menghadapi cuaca.

Pulau Margarita

Pulau Margarita adalah salah satu tujuan pantai yang lebih berkembang di Venezuela. Terletak sekitar 40 kilometer di utara daratan, ini adalah salah satu tujuan wisata utama Venezuela bagi para pemburu matahari.

Atraksi utama pulau ini adalah pantai pasir lembut yang indah, yang populer di kalangan orang asing dan Venezuela. Banyak penerbangan charter terbang langsung ke Margarita Island (Isla Margarita) dari berbagai tujuan internasional, tetapi juga memungkinkan untuk naik feri ke pulau dari Puerto La Cruz di daratan utama.

4 dari 4 halaman

6. Makanan Venezuela Paling Populer

Setiap negara memiliki makanan khasnya masing-masing, tidak terkecuali Venezuela. Berikut beberapa makanan populer Venezuela menurut Tasteatlas.com.

Arepa

Arepa adalah roti jagung yang sangat serbaguna terbuat dari adonan jagung yang digiling atau tepung jagung yang sudah dimasak sebelumnya. Hal ini umumnya dikonsumsi di Venezuela, Kolombia, Panama, Puerto Rico, dan Republik Dominika. Di Venezuela, arepa dimakan kapan saja sepanjang hari, di seluruh negeri, dan di semua kelompok sosial-ekonomi.

Bentuknya menyerupai piringan emas dengan kulit renyah dan kecokelatan biasanya diisi dengan berbagai bahan, dan kombinasinya tampaknya tak terbatas, dari kacang, keju, dan alpukat hingga daging suwir dan bawang. Untuk sarapan, arepa secara tradisional dipasangkan dengan secangkir kopi kental dan cokelat panas.

Golfeados

Golfeados adalah makanan khas Venezuela dari gulungan kayu manis yang terkenal. Kue yang lengket dan cheesy ini biasanya terdiri dari susu, ragi, gula, tepung, telur, mentega, dan keju parut. Kudapan itu dibumbui dengan kayu manis, vanila, dan adas bintang. Di tengah proses pemanggangan, golfeados dilapisi dengan melado – sirup sederhana berdasarkan panela.

Alhasil, kue ini sedikit renyah di bagian luar, sedangkan bagian dalamnya tetap lembut, cheesy, dan bermentega. Disarankan untuk menyajikan golfeados dengan secangkir kopi yang kuat.

Arequipe (Dulce de Leche)

Dulce de leche adalah sejenis susu kental manis dari Argentina. Secara tradisional, minuman itu dibuat dengan memanaskan susu sapi manis sampai karamel dan mencapai konsistensi yang kental, cukup untuk digunakan sebagai olesan, isian untuk kue dan pai, atau topping es krim.

Dikatakan bahwa dulce de leche berasal dari Buenos Aires, ketika seorang wanita yang melayani sedang menyiapkan la lechada dengan memanaskan gula dan susu. Saat dia meninggalkannya di atas api sedikit lebih lama dari biasanya, dia menyadari bahwa minuman itu berubah menjadi zat berwarna coklat tua, dan begitulah dulce de leche lahir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.